RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok :
1. Perbedaan teks eksposisi
2. Penyusunan teks eksposisi
Waktu :
2 x pertemuan ( 8 jam )
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
( toleransi,gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan(faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. Mencoba,mengolah
dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dalam ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
mengarang)sesuai dengan yang dipelajarai di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menghargai
dan mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan Yang
Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
2. Memiliki
perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas
karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
3. Membedakan
teks eksposisi baik tulisan maupun lisan
Indikator
:
1) Membedakan
teks eksposisi baik lisan maupun tulisan
2) Mengidentifikasi
teks eksposisi baik lisan maupun tulisan
dari struktur isi.
3) Mengemukakan
teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dari fitur kebahasaan.
4. Menyusun
teks eksposisi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan.
Indikator :
1) Menentukan
langkah-langkah teks eksposisi
2) Menyusun
teks eksposisi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Melalui
membaca teks/struktur teks eksposisi, peserta didik dapat membedakan teks
eksposisi dilihat dari struktur isi dengan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli( toleransi,gotong royong), santun, dan menggunakan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
2. Melalui
membaca peserta didik dapat membedakan teks eksposisi dari fitur bahasa dengan
jujur dan percaya diri, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
Pertemuan 2
1. Setelah
mengamati teks eksposisi siswa dapat menentukan langkah-langkah dalam menyusun teks
eksposisi dengan mengumpulkan data/informasi berdasarkan objek yang diamati
dan ditulis dengan jujur, percaya diri,menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Setelah
menyusun teks eksposisi, peserta didik dapat mempresentasikan teks eksposisi
tulisannya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
D.
Meteri
Pokok
Pertemuan 1
Perbedaan teks
eksposisi
Pengidentifikasian
teks eksposisi berdasarkan struktur dan isi
Pengungkapan teks eksposisi berdasarkan fitur bahasa.
Pertemuan 2
Langkah-langkah
penyusunan teks eksposisi
Menyusun teks
eksposisi
E.
Metode
Pembelajaran
Pembelajaran terintegrasi
Pendekatan Saintific
F.
Media,
Alat dan Sumber
1. Media
Pembelajaran
Power
Point tentang langkah-langkah menyusun teks eksposisi.
2. Alat
dan bahan
Gambar/objek
berupa puzzle
Teks
pidato dan puisi
3. Sumber
·
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.2003a. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan kelas VII. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan kebudyaan.
·
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.2003a. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Buku Guru. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan kebudyaan.
·
Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
·
Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.2010. Ejaan Bahasa Yang Disempurnakan.Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan kebudyaan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan (10
menit)
1. Peserta
didik merespon salam dari guru dengan situasi dan kondisi siswa dan kelas.
2. Siswa
berdoa bersama dengan religius.
3. Peserta
didik dengan semangat bertanya jawab tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang dipelajarinya
4. Untuk
memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran materi mengenai teks eksposisi , guru menampilkan gambar/objek.
5. Menjelaskan Kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai serta strategi pembelajaran yang
akan digunakan dalam membahas materi teks
eksposisi.
6. Guru menyampaikan apersepsi mengenai materi pra syarat
yang harus dikuasai oleh siswa di SMP,
yaitu berkaitan dengan materi perbedaan teks eksposisi
dari struktur dan isi, perbedaan teks eksposisi dari fitur kebahasaan, serta
penyusunan teks eksposisi melalui
tanya jawab dan penyajian masalah untuk mendorong rasa ingin tahu serta
berpikir kritis siswa.
Kegiatan Inti
(60 menit)
Mengamati :
1. Peserta
didik dengan rasa ingin tahu mengamati contoh teks eksposisi pidato dan puisi.
2. Peserta
didik penuh tanggungjawab menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa untuk
membangun pemahaman tentang teks eksposisi.
Menanya
:
1.
Dengan santun peserta
didik dengan jujur dan percaya diri bertanya
jawab tentang teks eksposisi dari struktur dan isi menggunakan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Mengumpulkan
Informasi :
1.
Peserta didik diarahkan
guru untuk membentuk kelompok dengan anggota 4—6 orang. Untuk
menarik perhatian mereka ,guru menyediakan nama kelompok berdasarkan nama-nama
bunga/hewan.
2.
Peserta didik
mendiskusikan perbedaan teks eksposisi berdasarkan strukturnya yaitu bagian
tesis yang merupakan pendapat atau opini, bagian argumentasi atau alasan yang
merupakan isi, dan bagian penegasan ulang yang merupakan bagian penutup dengan
jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.
Peserta didik
mendiskusikan perbedaan teks eksposisi 1 dan 2 berdasarkan fitur kebahasaannya
dengan mengidentifikasi kalimat, penulisan kata baku, pembentukan kata
berimbuhan,proses pembentukan kata, kelas kata, unsur kebahasaan, dengan jujur
dan percaya diri menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengasosiasi :
1. Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang perbedaan teks eksposisi 1 dan 2 berdasarkan
struktur dan isi serta dengan fitur bahasanya antar teman dalam kelompok dengan
jujur, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengomunikasikan
:
1. Masing-masing
kelompok mempresentasikan perbedaan teks eksposisi 1 dan 2 berdasarkan
struktur, isi, dan fitur bahasa dengan jujur, santun dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar, kemudian kelompok lain memberikan tanggapan dalam diskusi
kelas.
Penutup (10 menit)
- Siswa melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran
yang baru berlangsung.
- Peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi tentang perbedaan teks eksposisi berdasarkan
struktur, isi, dan fitur kebahasaan.
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan dari guru.
4. Peserta
didik mendengarkan umpan bailk dan penguatan dari guru mengenai perbedaa teks
eksposisi.
5. Peserta
didik menyimak informasi meneganai rencana tindak lanjut pembelajaran.
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
1. Peserta
didik merespon salam dari guru dengan situasi dan kondisi siswa dan kelas
2. Siswa
berdoa bersama dengan religius
3. Peserta
didik dengan semangat bertanya jawab tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang dipelajarinya
4. Peserta
didik dipersiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang menyusun teks eksposisi
dengan menanyakan hasil pengamatan dan jawaban pertanyaan dari pertemuan
pertama.
5. Menjelaskan Kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai serta strategi pembelajaran yang
akan digunakan dalam membahas materi teks
eksposisi.
Kegiatan Inti
(60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik mengamati dan merangkai gambar/objek yang berbentuk puzzle yang disajikan
guru dengan rasa ingin tahu.
Menanya
1. Peserta
didik menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan tentang objek yang diamati dengan
santun dan percaya diri.
2. Siswa
menjawab pertanyaan dari guru sebagai acuan dalam penyusunan teks eksposisi.
Mengumpulkan
Informasi
1. Peserta
didik diarahkan untuk membentuk kelompok kembali dengan anggota 4-6 orang
seperti pada pertemuan pertama.
2. Peserta
didik menyusun teks eksposisi berdasarkan gambar/obyek yang telah diamati dengan
langkah-langkah yang telah diketahui mengacu pada pertanyaan dan jawaban dari
buku siswa dengan jujur, disiplin, tanggungjawab dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
Mengasosiasi
1. Peserta
didik berdiskusi dalam kelompok tentang penyusunan tek eksposisi berdasarkan
langkah-langkah penyusunan teks eksposisi dan mengacu pada struktur,isi, dan
fitur bahasa yang baik dan benar dengan jujur,penuh tanggungjawab, disiplin.
Mengomunikasikan
1. Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun, kemudian kelompok
lain memberikan tanggapan dengan jujur, disiplin, penuh tanggungjawab dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesalahan dari teks eksposisi
yang ditampilkan diperbaiki oleh kelompok.
2. Peserta
didik memberikan penilaian dengan menggunakan rubrik yang telah disusun
berdasarkan struktur, isi, dan fitur bahasa dari teks eksposisi yang
ditampilkan, kemudian peserta didik dan guru menentukan teks eksposisi terbaik
dengan jujur menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Teks
eksposisi yang telah diperbaiki isa dipajang di mading kelas atau dikliping.
Penutup (10
menit)
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang penyusunan teks
eksposisi berdasarkan struktur, isi, dan fitur bahasa yang baik dan benar.
2. Guru
mengadakan refleksi dengan menanyakan hambatan-hambatan yang dialami dalam
penyusunan teks eksposisi.
3. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah yaitu menyusun teks eksposisi secara
individu.
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a. Teknik
: Pengamatan sikap
b. Bentuk : Lembar pengamatan
c.
Instrumen :
No
|
Nama
peserta
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Percaya
diri
|
Santun
|
Skor
|
Nilai
|
Konv..
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan pengamatan, berdiskusi, dan mnyusun teks eksposisi
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan tapi masih sedikit dan belum ajeg dan konsisten
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sunggh dalam melakukan
kegiatan secara terus menerus dan ajeg /konsisten
|
4
|
Pedoman
Penilaian Sikap :
Skor = jumlah perolehan
angka seluruh aspek
Nilai = skor yang diperoleh ͯ
100
Skor maksimal
Konversi nilai = (nilai/100) ͯ 4
Katagori nilai dapat dilihat pada tabel
konversi nilai sikap (K,C,B,SB)
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik :
Tes tertulis
b.
Bentuk :
Uraian
c.
Instrumen :
1.
Jelaskan perbedaan teks eksposisi berdasarkan
struktur isinya!
2.
Jelaskan perbedaan teks eksposisi berdasarkan fitur
kebahasaan!
Lembar
Kerja
Nama :.................
Kelas :..................
Sekolah :.................
Jenis
Teks
|
Unsur
pembeda
|
Skor
|
Nilai
|
Konv.
|
Struktur
|
Fitur
bahasa
|
Teks Eksposisi
pidato
|
|
|
|
|
|
Teks Eksposisi puisi
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Rubrik
|
Skor
|
Menuliskan struktur dan
fitur bahasa dengan kurang tepat
|
1
|
Menuliskan struktur dan
fitur bahasa dengan cukup tepat
|
2
|
Menuliskan struktur dan
fitur bahasa dengan tepat
|
3
|
Menuliskan struktur dan
fitur bahasa dengan sangat tepat
|
4
|
Pedoman
Penilaian
Skor
= Jumlah perolehan angka seluruh
aspek
Nilai =
skor yang diperoleh ͯ
100
Skor
maksimal
Konversi nilai = (nilai/100) ͯ 4
Katagori nilai dapat dilihat pada tabel
konversi nilai sikap (K,C,B,SB)
Penilaian
Ketrampilan
a.
teknik : Tes Unjuk Kerja
b.
Bentuk : Tes Uji Petik kerja
dan Rubrik
c.
Instrumen
Susunlah
sebuah teks eksposisi berdasarkan objek yang kalian lihat!.
a. Kebersihan
lingkungan kelas
b. Pemanfaatan
ruang multimedia
c. Penggunaan
teknologi komputer
d. Pemanfaatan
ruang laboratorium bahasa
e. Remaja
dan pramuka
Lakukan pengamatan dan
catatlah hal-hal yang berkaitan dengan fakta yang ada, kemudian berikan
argumentasi dan susunlah dalam bentuk teks eksposisi sesuai dengan
langkah-langkah penyusunan teks eksposisi yang baik dan benar.
Rubrik
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Isi
a.
Lengkap
dan terinci
b.
Lengkap
tetapi kurang terinci
c.
Kurang
lengkap dan terinci
d.
Kurang
lengkap dan kurang terinci
|
4
3
2
1
|
2.
|
Organisasi
a.
Teratur
dan logis
b.
Teratur
tetapi tidak logis
c.
Kurang
teratur dan logis
d.
Kurang
teratur dan kurang logis
|
4
3
2
1
|
3.
|
Pilihan
kata
a.
Tepat
dan sesuai
b.
Kurang
tepat dan sesuai
c.
Tidak
tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
4
|
Kalimat
a.
Mudah
dipahami
b.
Sedikit
sulit dipahami
c.
Sulit dipahami
|
3
2
1
|
5.
|
Ejaan dan
tanda baca
a.
Tidak
ada yang salah
b.
Sedikit
ada yang salah
c.
Banyak
yang salah
|
3
2
1
|
MENGETAHUI
:
KEPALA
SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA,
SUTRISNO, S.Pd.
|
|
Rawa
Pitu, 14 Juli 2014
GURU
BIDANG STUDY
BAHASA
INDONESIA,
SUTRISNO, S.Pd.
|