SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
..................................
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk
mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembela-jaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
Besaran dan satuan
|
o Mencari informasi
tentang besaran dan satuannya
o Merumuskan pengertian
besaran dan satuan
o Melakukan percobaan
dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
o Melakukan percobaan
untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga
konversi
o Memecahkan masalah
tentang besaran pokok dan besaran turunan
|
-
Mengindentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian
megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
-
Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
-
Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
|
Tes tertulis
Tes tulis
Tes tertulis
|
PG
Isian
isian
|
Pasangan besaran fisika yang benar ....
a. berat dan kilogram
b. kecepatan dan kg/jam
c. usaha dan joule sekon
d. massa dan newton
Satuan panjang dalam SI adalah
....
Panjang meja 100 cm seta dengan
..... m dan massa 100 gram setara dengan ....... kg
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
1.2.
Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
|
Suhu dan pengukuran
|
- Mencari informasi
caramenggunakan termometer
- Melakukan eksperimen
cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum
- Melakukan percobaan
untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.
|
- Menggunakan termometer
untuk mengukur suhu zat
- Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan
sifat perubahan volume
- Membandingkan skala
termometer Celcsius dengan termometer yang lain
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Isian
Uji petik kerja produk
PG
|
Untuk mengukur suhu zat adalah ....
Buatlah termometer dengan menggunakan termometer tak berskala, air dan es
Termometer C menunjuk angka 45 0,
ttermometer Fahrenheit menunjuk angka
a. 25 c. 81
b. 57 d. 113
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS, termometer
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pengukuran
|
·
Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
- Mengukur dengan satuan
baku dan tak baku secara baik dan benar
- Memperhatikan dan
menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
Uji petik kerja prosedur dan
produk
|
Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan
Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur meja yang ada di hadapanmu
|
2 x 40’
|
Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
..................................
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
2.1
Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui
alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat
|
Asam, Basa, Garam
|
o Melalui pengamatan
untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam
o Mengelompokkan zat-zat
yang bersifat asam, basa, garam
o Melakukan percobaan
dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH
stik
|
-
Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan
menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai
-
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar
berdasarkan konsep asam, basa dan garam
-
Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala
keasaman dan kebasaan
|
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes Unjuk kerja
|
PG
Tes identifikasi
Uji petik kerja prosedur
|
Berikut ini yangmerupakan
Sifat asam adalah ....
a. bersifat korosif
b. berasa pahit
c. kertas lakmus menjadi
biru
d. kertas lakmus tidak
berubah
Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan
garan dari bahan-bahan yang tersedia
Tentukan besar, kecilnya keasaman suatu zat dengan
menggunakan alat!
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
2.2 Melakukan percobaan
sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat asam, basa pada bahan makanan
|
-
Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan
|
-
Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa
di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu
|
2 x 40’
|
Buku siswa, LKS, alam sekitar
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
Unsur kimia
|
-
Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya
-
Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus
kimianya
|
-
Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
-
Menuliskan nama dan lambang unsur
-
-
Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
-
Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
PG
Tes isian
Tes uraian
PG
|
Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium
c. Karbon
b. Kalor
d. Kalsium
Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4 c.
H4SO2
b. HS2O4 d.
H4S2O
|
3 x 40’
|
Buku siswa, dan
referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
2.4 membanding-kan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
Unsur, senyawa dan
campuran
|
-
Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran
-
Mengklasifikasikan materi secara sederhana
-
Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran
heterogen
|
-
Membandingkan
sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
-
Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
-
Mengelompokkan zat-zat
kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Tes uraian
Tes identifikasi
|
Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang
disediakan
Buatlah bagan materi secara sederhan
Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat
tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
|
3 x 40’
|
Buku siswa, contoh zat
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
..................................
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan
perubahannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
3.1
Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Wujud Zat
|
o
Melakukan percobaan perubahan wujud zat
o
Mendiskusikan materi susunan partikel
o
Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan
o
Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas
|
-
Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
-
Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud
zat melalui penalaran
-
Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
-
Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa
kehidupan sehari-hari
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes tulis
|
PG
PG
Uji petik kerja produk
Tes uraian
|
Hujan merupakan peristiwa ....
a. menguap, mengembun
b. menguap, melebur
c. melebur, mengembun
d. mengembun, melebur
Gaya tarik antar partikel pada zat padat adalah ....
a. sangat kuat
b. kurang kuat
c. tidak tentu
d. selalu berubah
Lakukan percobaan adhesi dan kohesi dengan menggunakan alat dan bahan
yang disediakan
JelaskanMengapa pada musim hujan tembok menjadi lembab ?
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS dan alat-alat
praktikum
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari
|
Pemuaian zat
|
-
Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas
-
Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair
-
Menganalisis muai volum bebagai jenis zat cair
|
-
Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
-
Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan
pemuaian zat cair dan zat padat
-
Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya
Bimetal
|
Observasi
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
|
Lembar observas
Uji petik kerja prosedur dan produk
uraian
|
Menggunakan alat Muschenbroek
untuk mengamati pemuaian zat
Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat
Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis....
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS dan alat-alat
praktikum
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu
benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kalor
|
-
Melakukan percobaan kalor
-
Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat
mempercepat penguapan
-
Mencari informati tentang peristiwa mendidih dan
melebur
-
Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor
jenis dan suhu
|
-
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu
benda, perubahan wujud zat
- Menyelidiki
faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
- Menyelidiki
banyaknya kalor yang diperlukan untuk
menaikkan suhu zat
- Menyelidiki
kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur
-
Menerapkan hubungan
Q = m.C. ∆t
Q = m.U dan Q = m.L untuk meyelesaikan
masalah sederhana
|
Tes observasi
Tes tertulis
Observasi
observasi
Tes tertulis
|
Lembar observasi
isian
lembar observasi
Lembar observasi
Uraian
|
Pengamatan perubahan suhu dan perubahan wujud zat
Salah satu cara mempercepat penguapan yaitu dengan .........
Pengamatan kenaikan suhu,
diperlukan kalor
Pengamatan pada saat mendidih dan melebur diperlukan kalor!
Hitung kalor yang diperlukan bila massa zat, kalor jenis dan kenaikan suhu
diketahui
|
6x40’
|
Buku siswa, LKS, alat-alat
praktikum
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
..................................
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam
perubahan fisika dan kimia
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
4.1 Membanding-kan
sifat fisika dan sifat kimia zat
|
Sifat fisika dan sifat kimia
|
- Melakukan percobaan
tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
- Mengidentifikasi
peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan
perubahan kimia
-
Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia
dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
|
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Tes identifikasi
PG
|
Buatlah data dari hasil pengamatanmu tentang benda-benda yang mengalami
perubahan fisika dan kimia
Perubahan fisika terjadi pada peristiwa ....
a. air menjadi es
b. kertas dibakar
c. nasi menjadi bubur
d. besi berkarat
|
2x40’
|
Buku siswa, LKS, alat dan bahan
praktikum
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat
fisika dan sifat kimia
|
Pemisahan Campuran
|
- Mencari informasi tentang pemisahan
campuran
- Mengamati percobaan
tentang penjernihan air
- Mengidentifikasi dari
hasil percobaan tentang pemisahan campuran
|
-
Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran
partikel dan titik didih
-
Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik
sederhana
-
Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang
sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan
sublimasi )
|
Tes tertulis
Penugasan
Observasi
|
Isian
Tugas proyek
Lembar observasi
|
Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran partikelnya
....
Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana
Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air
|
2x40’
|
Buku siswa, LKS, alat praktikum
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
4.3 Menyimpulkan
perubahan fisika dan kimia berdasarkan
hasil percobaan sederhana
|
Perubahan fisika dan perubahan
kimia
|
-
Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia
-
Mrumuskan kesimpulan hasil percobaan fisika dan kimia
|
-
Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika
dan kimia
-
Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika
berdasarkan percobaan
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
PG
Uji petik kerja
|
Gula larut dalam air merupakan perubahan fisika karena ....
a. terjadi zat baru
b. tidak terjadi zat baru
c. gula mencair
d.gula bereaksi
Tunjukkan melalui percobaan perbedaan antara perubahan kimia dan
perubahan fisika!
|
2x40’
|
Buku siswa, LKS dan alat praktikum
|
4.4 Mengindentif-ikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
|
Reaksi kimia
|
-
Melakukan latihan tentang reaksi kimia
-
Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia
|
-
Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan
atau suhu
-
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia
berdasarkan perubahan warna dan atau suhu
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Isian
Uaian
|
Bila Asam sulfat dicampur dengan Natrium Hidroksida akan berubah warna
menjadi ....
Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna
|
2x40’
|
Buku siswa
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|