PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) 
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan        :
SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            :
IX (3) / 2
Tahun Pelajaran           :
20... -20...
 
   | 
    
Standar Kompetensi 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar 
 | 
   
    
KKM 
 | 
   
    
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
    
Alokasi Waktu 
 | 
   
  
 | 
  
 
  | 
   
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya
  dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
   
4.1.Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
  membuat magnet 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
   Menunjukkan sifat kutub magnet 
·  
  Mendemonstrasikan
  cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan 
·  
   Memaparkan teori kemagnetan bumi 
·  
   Menjelaskan sifat  medan magnet secara kualitatif di sekitar
  kawat bermuatan arus listrik 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
4.2.Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan
  dalam produk teknologi 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
   Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan
  penerapannya dalam beberapa produk teknologi 
·  
   Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada
  beberapa alat listrik sehari-hari 
·  
  Menyadari
  pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
4.3.Menerapkan konsep induksi
  elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
  memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
   Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis
  medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan 
·  
   Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator
  secara sederhana 
·  
   Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana
  cara kerja transformator 
·  
   Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis
  medan magnetik  dan terjadinya gaya
  gerak listrik induksi  melalui
  percobaan 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang
  terjadi di dalamnya 
 | 
  
   
5.1  Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
  Mendeskripsikan  peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi
  mengelilingi matahari 
·  
  Menjelaskan
  gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan
  jarak. 
·  
   Mendeskripsikan orbit planet mengitari
  matahari berdasarkan model tata surya 
·  
  Mendeskripsikan
  perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke
  matahari, dan sebagainya dengan 
  menggunakan tabel 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
5.2 Mendeskripsikan matahari
  sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
  Mendeskripsikan  matahari sebagai salah satu bintang 
·  
  Mendeskripsikan
  sumber pembentukan energi matahari 
·  
  Mendeskripsikan
  susunan lapisan matahari  
·  
  Mendeskripsikan
  karakteristik dan perilaku bumi. 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
  satelit buatan serta pengaruh interaksinya 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
  Menjelaskan
  periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi 
·  
  Mendiskripsikan
  terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan menghubungkannya dengan
  peristiwa pasang surut air laut 
·  
  Menjelaskan
  fungsi   satelit buatan. 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
5.4 
  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer
  dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·  
  Menjelaskan
  pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat
  dan kalor 
·  
  Menjelaskan
  pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat
  dan kalor 
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
5.5  
  Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer
  dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
·Menjelaskan proses pelapukan dilapisan
  bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan 
·Menjelaskan proses pemenasan global dan
  pengaruhnya pada lingkungan di bumi 
·Menjelaskan pengaruh proses-proses
  dilingkungan terhadap kesehatan manusia 
·Menyadari bahayanya pengaruh
  negatif  proses-proses lingkungan
  karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia  
 | 
  
   
  
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
Jumlah 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
 
 
 
  | 
   
Mengetahui, 
Kepala SMP/Mts ………………… 
  
  
  
(__________________________) 
NIP/NIK : 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
…….……..,…………………… 
  20 ……. 
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam 
  
  
  
(_______________________) 
NIP/NIK : 
 |