PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IX (3) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1.Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
membuat magnet
|
|
·
Menunjukkan sifat kutub magnet
·
Mendemonstrasikan
cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
·
Memaparkan teori kemagnetan bumi
·
Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar
kawat bermuatan arus listrik
|
|
|
|
4.2.Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan
dalam produk teknologi
|
|
·
Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan
penerapannya dalam beberapa produk teknologi
·
Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada
beberapa alat listrik sehari-hari
·
Menyadari
pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
|
|
|
|
4.3.Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
|
·
Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis
medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
·
Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator
secara sederhana
·
Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana
cara kerja transformator
·
Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis
medan magnetik dan terjadinya gaya
gerak listrik induksi melalui
percobaan
|
|
|
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang
terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
|
|
·
Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi
mengelilingi matahari
·
Menjelaskan
gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan
jarak.
·
Mendeskripsikan orbit planet mengitari
matahari berdasarkan model tata surya
·
Mendeskripsikan
perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke
matahari, dan sebagainya dengan
menggunakan tabel
|
|
|
|
5.2 Mendeskripsikan matahari
sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
|
|
·
Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang
·
Mendeskripsikan
sumber pembentukan energi matahari
·
Mendeskripsikan
susunan lapisan matahari
·
Mendeskripsikan
karakteristik dan perilaku bumi.
|
|
|
|
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
|
|
·
Menjelaskan
periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi
·
Mendiskripsikan
terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan menghubungkannya dengan
peristiwa pasang surut air laut
·
Menjelaskan
fungsi satelit buatan.
|
|
|
|
5.4
Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer
dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
|
|
·
Menjelaskan
pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat
dan kalor
·
Menjelaskan
pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat
dan kalor
|
|
|
|
5.5
Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer
dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
|
·Menjelaskan proses pelapukan dilapisan
bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
·Menjelaskan proses pemenasan global dan
pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·Menjelaskan pengaruh proses-proses
dilingkungan terhadap kesehatan manusia
·Menyadari bahayanya pengaruh
negatif proses-proses lingkungan
karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|