PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IX (3) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
1. Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem
ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
|
· Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada
sistem ekskresi yang biasa dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
· Menyadari pentingnya menjaga
kesehatan organ sistem reproduksi
|
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan sistem
reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
|
|
·
Menyebutkan macam organ penyusun sistem
reproduksi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
·
Menulis artikel tentang cara
penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem
reproduksi
· Menyadari pentingnya menjaga
kesehatan organ sistem reproduksi
|
|
|
|
1.3 Mendeskripsikan sistem
koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
|
· Membandingkan bentuk/bangun bagian organ
dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
· Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi
sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
· Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan
fungsinya
· Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada alat indera yang biasa dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
|
|
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi,
seleski alam, dan perkembangbiakan
|
|
·
Mengaitkan
perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
· Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
· Mendeskripsikan hubungan
interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
· Menjelaskan peran
perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
· Mendiskripsikan cara perkembangbiakan
pada tumbuhan dan hewan
|
|
|
|
2.2 Mendeskripsikan konsep
pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
|
·
Mendiskripsikan
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
· Membedakan pengertian sifat
resesif dominan dan intermediat
|
|
|
|
2.3 Mendeskripsikan proses
pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
|
|
·
Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·
menentukan rasio hasil persilangan persilangan
monohibrida dan dihibrida melalui bagan
|
|
|
|
2.4 Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan
|
|
·
Membedakan
infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·
Memaparkan
karakteristik gelombang bunyi
·
Menunjukkan
gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merencanakan
percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
·
Memberikan
contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
|
|
|
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsi-kan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
· Menjelaskan benda dapat bermuatan
listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
· Memberi contoh peristiwa yang
menghasilkan benda yang bermuatan listrik
· Melakukan percobaan sederhana untuk
menunjukkan sifat muatan listrik
· Menjelaskan secara kualitatif hubungan
antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda
bermuatan listrik
|
|
|
|
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
· Menjelaskan konsep arus listrik dan beda
potensial listrik
· Membuat rangkaian komponen listrik
dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
· Menggambarkan arus listrik dan beda
potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
· Menyelidiki hubungan
antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum
Ohm) #
· Menemukan perbedaan hambatan beberapa
jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
· Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk
menghitung V dan I dalam rangkaian
·
Menghitung
hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
|
|
|
|
3.3 Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
· Menjelaskan konsep gaya gerak listrik
(GGL) sumber arus listrik
· Menjelaskan susunan dan cara kerja
elemen listrik primer dan sekunder
· Mengukur tegangan antara kutub-kutub
sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
|
|
|
|
3.4 Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
· Menjelaskan hubungan antara V, I
dengan energi listrik yang digunakan.
· Menjelaskan hubungan antara daya
listrik energi listrik, dan satuannya
(kWh dan Joule)
· Menerapkan konsep energi dan
daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan
angka yang tertera pada kWh meter
· Menunjukkan perubahan energi
listrik menjadi energi bentuk lain
· Mempraktikkan penghematan energi dalam
kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|