PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1.
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
|
|
·
Melukiskan
penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun
berlawanan.
·
Membedakan
besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu
pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
·
Menunjukkan
beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang
merugikan
·
Membandingkan
berat dan massa suatu benda
|
|
|
|
5.2.
Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Mendemonstrasikan hukum I Newton secara sederhana dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan
hukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mendemonstrasikan
hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
5.3.
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya,
prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan
konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Membedakan
konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
·
Mengenalkan
hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan
kaitan antara energi dan usaha
·
Menunjukkan
penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
5.4.
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit),
katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda
gigi (gear)
·
Menyelesaikan
masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat
sederhana
|
|
|
|
5.5.
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Menemukan
hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui
percobaan
·
Mengaplikasikan
prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan
hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan
beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan
konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·
Mengaplikasikan
konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan
(dalam penyelesaian masalah sehari- hari)
|
|
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang
dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsi-kan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
|
|
· Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari
·
Mengukur
perioda dan frekuensi suatu getaran
·
Membedakan
karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
·
Mendeskripsikan
hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
|
|
|
|
6.2 Mendeskripsi-kan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Membedakan
infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·
Memaparkan
karakteristik gelombang bunyi
·
Menunjukkan
gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merencanakan
percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
·
Memberikan
contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
|
|
|
|
6.3 Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
|
·
Merancang
dan melakukan percobaan untuk menunjukikan
sifat-sifat perambatan cahaya
·
Menjelaskan
hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
· Menjelaskan hukum pembiasan yang
diperoleh berdasarkan percobaan
· Mendeskripsikan proses pembentukan dan
sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
·
Mendeskripsikan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa
cembung
|
|
|
|
6.4 Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Menjelaskan
fungsi mata sebagai alat optik
·
Menggambarkan
pembentukan bayangan benda pada retina
·
Menjelaskan
beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
·
Menyelidiki
ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·
Menjelaskan
konsep lup sebagai alat optik
·
Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi
yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan
sebagainya *)
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|