SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                                   :  ..................................
Mata Pelajaran                    :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 2 
Standar Kompetensi : 5.
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
  
 
  | 
   
  
Kompetensi
   
Dasar 
 | 
  
   
Materi 
Pokok 
 | 
  
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
  
   
Sumber 
Belajar 
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
 Teknik 
 | 
  
   
Bentuk 
Instrumen 
 | 
  
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  
  
 | 
  
 
  | 
   
5.1 Melaksanakan
  pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
  gejala alam biotik dan a-biotik 
  
 | 
  
   
Gejala Alam Biotik dan Abiotik 
 | 
  
   
o  Melakukan pengamatan
  gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar 
o  Melakukan pengamatan
  gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar 
o  Melakukan pengamatan
  gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar 
o  Melakukan pengamatan gejala
  kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar 
 | 
  
   
-      
  Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
  objek  abiotik melalui pengamatan 
-      
  Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
  objek  biotik melalui pengamatan 
  
  
 | 
  
   
Observasi 
  
  
  
Tes Tulis 
 | 
  
   
Lembar observasi 
  
  
PG 
  
  
  
  
 | 
  
   
Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik? 
a. bau 
b. tumbuh 
c. warna  
d. ukuran 
  
 | 
  
   
2 x 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, lingkungan, LKS 
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus
  berubah beraturan  serta penerapannya
  dalam kehidupan sehari-hari 
  
 | 
  
   
Gerak 
 | 
  
   
o  Melakukan percobaan
  gerak lurus beraturan  
o  Melakukan percobaan
  tentang gerak lurus berubah beraturan 
o  Mengapllikasikan GLB
  dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari 
o  Mencari informasi
  melalui referensi tentang konsep percepatan 
 | 
  
   
-      
  Menemukan persamaan laju yang ditempuh 
  
-      
  Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan  sehari-hari 
-      
  Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan
  setiap satuan waktu 
  
-      
  Menyelidiki  GLBB
  dipercepat beraturan 
  
-      
  Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari 
  
 | 
  
   
Tes tulis 
  
  
Testulis 
  
  
Tes tulis 
  
  
  
  
Tes tulis 
  
  
Tes tulis 
 | 
  
   
PG 
  
  
isian 
  
  
Uraian 
  
  
  
  
Isian 
  
  
Isian 
 | 
  
   
Ciri GLB memiliki kecepatan .... 
a. dipercepat 
b. tetap 
 c. diperlambat 
d. beraturan 
Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB ..... 
Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan
  waktu 
Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah .....  
Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep .... 
  
 | 
  
   
3 x 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, LKS, referensi 
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
  gejala-gejala kehidupan 
  
 | 
  
   
Mikroskop 
 | 
  
   
o Mengidentifikasi
  bagian-bagian mikroskop 
o Mengamati preparat jadi
  dengan menggunakan mikroskop 
o Membuat  preparat basah  
  
  
 | 
  
   
-      
  Mengenal bagian-bagian mikroskop 
-      
  Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus,
  pencahayaan, menemukan objec Mikropis) 
 | 
  
   
Tes unjuk kerja 
Tes unjuk kerja 
 | 
  
   
Tes identifi-kasi 
  
Uji petik kerja prosedur 
 | 
  
   
Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop! 
  
Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga
  ditemukan objek yang dimaksud! 
 | 
  
   
3 x 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, mikroskop, preparat 
 | 
  
  
 | 
 
  | 
   
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala
  alam 
  
 | 
  
   
Keselamatan Kerja 
 | 
  
   
o Mencari informasi
  melalui referensi tentang keselamatan kerja 
o Studi pustaka tentang
  alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam 
 | 
  
   
-      
  Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara
  ama 
  
-      
  Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang
  dapat menimbulkan penyakit 
  
-      
  Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium 
  
 | 
  
   
Tes unjuk kerja 
  
  
Tes tulis 
  
  
  
  
Tes tulis 
 | 
  
   
uji petik kerja produk  
  
PG 
  
  
  
  
PG 
 | 
  
   
Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan
  mikroskop! 
Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang
  dapat diitemukan di laboratirium? 
a. air 
b. asam sulfat  
c.  alkohol 
d. 
  larutan   glukose 
  
Apakah arti simbol di bawah ini? 
  
 
  
  
a. bahan yang mudah terbakar 
b. bahan yang beracun 
c. alat mudah pecah 
d. alat mudah mengalami korosi 
 | 
  
   
2 x 40 ’ 
 | 
  
   
Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum 
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
  
  | 
 
 
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                                   :  ..................................
Mata Pelajaran                    :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 2 
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup
 
  | 
   
  
Kompetensi
   
Dasar 
 | 
  
   
Materi 
Pokok 
 | 
  
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
  
   
Sumber 
Belajar 
 | 
 
  | 
   
 Teknik 
 | 
  
   
Bentuk 
Instrumen 
 | 
  
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
 
  | 
   
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri
  makhluk hidup 
  
 | 
  
   
Ciri-ciri makhluk hidup 
 | 
  
   
o  
  Mengamati ciri-ciri makhluk hidup 
o  
  Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup 
o  
  Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia 
 | 
  
   
·  Mengidentifikasi
  ciri-ciri mahluk hidup 
  
·  Membuat laporan
  ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi  
  
·  Membedakan ciri
  tumbuhan dan hewan 
 | 
  
   
Tes tertulis 
  
  
Tes kinerja 
  
  
  
Tes tertulis 
 | 
  
   
PG 
  
  
Ter unjuk kerja produk 
  
  
Uraian 
  
  
 | 
  
   
Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ... 
a. tumbuh membesar 
b. memerlukan sumber energi 
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran  
d. beradaptasi terhadap lingkungan* 
Pilihlah tiga  mahluk hidup yang
  ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah
  laporannya! 
Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk
  membedakan hewan dan tumbuhan?  
 | 
  
   
2 x 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, lingkungan, LKS 
  
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
  | 
   
6.2 Mengklasifikasikan makhluk
  hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki 
  
 | 
  
   
Klasifikasi Makhluk hidup 
 | 
  
   
o  
  Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki
  organisme  
o   Mengelompokkan
  organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu 
o   Mencari informasi
  melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup 
o   Melakukan
  klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki 
 | 
  
   
·  Membedakan
  makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan
  yang dimilikinya 
  
·  Mendeskripsikan
  pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup 
  
·  Membuat perbandingan
  ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom 
  
·  Mengklasifikasi
  beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati 
  
 | 
  
   
Ter tertulis 
  
  
  
  
  
Tes tertulis 
  
  
  
Tes tertulis 
  
  
  
  
Tes unjuk kerja 
 | 
  
   
PG 
  
  
  
  
  
Uraian 
  
  
  
Uraian 
  
  
  
  
Uji petik  kerja produk 
 | 
  
   
Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu  
a. kepala 
b. kulit 
c. alat gerak* 
d. ekor 
Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian
  makhluk hidup? 
  
Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap
  kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya! 
  
Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang
  dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya! 
 | 
  
   
4 X 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, lingkungan, LKS 
  
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
  | 
   
6.3 Mendeskripsikan keragaman
  pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme 
 | 
  
   
Organisasi Kehidupan 
 | 
  
   
o  
  Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan
  menggunakan mikroskop 
o  
  Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan
  tumbuhan 
o  
  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel,
  jaringan, organ dan sistem organ 
  
 | 
  
   
·  Mendeskripsikan
  keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop 
·  Mendeskripsikan
  keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya 
·  Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ
  berdasarkan hasil pengamatan 
·  Mengkaitkan hubungan
  antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh 
 | 
  
   
Tes unjuk kerja produk 
  
  
Tes tertulis 
  
  
  
Tes tertulis 
  
  
  
  
Tes tertulis 
 | 
  
   
Uji petik kerja produk 
  
  
  
Uraian 
  
  
  
Uraian 
  
  
  
  
Uraian 
  
 | 
  
   
Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat
  awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop! 
  
Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun! 
  
Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ
  penyusunnya! 
  
Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung
  klorofil! 
  
 | 
  
   
4 X 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, preparat, LKS 
  
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
 
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                                   :  ..................................
Mata Pelajaran                    :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 2 
Standar Kompetensi : 7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekositem
 
   | 
    
  
Kompetensi
    
Dasar 
 | 
   
    
Materi 
Pokok/ 
Pembelajaran 
 | 
   
    
Kegiatan
   pembelajaran 
 | 
   
    
Indikator
   Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
    
Penilaian 
 | 
   
    
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
    
Sumber  
Belajar 
 | 
  
   | 
    
 Teknik 
 | 
   
    
Bentuk 
Instrumen 
 | 
   
    
Contoh  
Instrumen 
 | 
  
 
  | 
   
7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen
  ekosistem 
  
 | 
  
   
Ekosistem 
 | 
  
   
o   Melakukan pengamatan
  terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem 
o   Menggali informasi dari
  nara sumber/melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem
  yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau) 
o   Membuat beberapa model
  diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan 
 | 
  
   
·   
  Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan
  menyatakan matahari merupakan sumber energi utama 
·   
  Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan
  jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem 
  
 | 
  
   
Observasi 
  
  
  
  
Tugas 
 | 
  
   
Lembar observasi 
  
  
  
Tugas proyek 
 | 
  
   
Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar
  hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja
  kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!  
  
 | 
  
   
4 x 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, lingkungan, LKS 
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
  | 
   
7.2 Mengindentifi-kasikan
  pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem 
  
 | 
  
   
Keanekaragaman makhluk hidup
  dalam pelestarian ekosistem 
 | 
  
   
o   Mencari informasi
  melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan
  hewan langka 
o   Mengumpulkan
  tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan,
  hewan langka yang dilindungi 
 | 
  
   
·   
  Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka 
  
·   
  Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk
  hidup langka di suatu lokasi 
·   
  Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan
  hewan langka 
  
·   
  Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan
  manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi 
  
 | 
  
   
Tes tulis 
  
  
Tes lesan 
  
  
  
Tes tulis 
  
  
  
  
Penugasan 
 | 
  
   
Isian 
  
  
Daftar pertanyaan 
  
  
PG 
  
  
  
  
  
Tugas rumah 
  
  
  
 | 
  
   
Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila .... 
  
Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa! 
  
Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
  supaya .... 
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah 
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang 
c. menambah keindahan alam 
d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam   
  
Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan
  langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan
  manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi 
 | 
  
   
4 X 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, buku acuan, LKS 
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
  | 
   
7.3 Memprediksi pengaruh
  kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan 
  
 | 
  
   
Kepadatan populasi hubungannya
  dengan lingkungan 
 | 
  
   
o   Studi pustaka untuk
  merumuskan konsep kepadatan populasi 
o   Mengkaji hubungan
  kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau
  gambar. 
  
 | 
  
   
·   
  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
  kebutuhan air bersih dan udara bersih 
  
·   
  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
  kebutuhan pangan 
  
·   
  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
  ketersediaan lahan 
  
·   
  Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk
  terhadap kerusakan lingkungan 
  
 | 
  
   
Tes tulis 
  
  
  
  
Tes tulis 
  
  
  
  
Tes tulis 
  
  
Tes tulis 
 | 
  
   
Isian 
  
  
  
  
Isian 
  
  
  
  
isian 
  
  
uraian 
 | 
  
   
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih
  akan ...................... 
  
. Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan
  akan ...................... 
  
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat  maka ketersediaan lahan akan
  ..................... 
  
Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika
  populasi penduduk terus meningkat 
 | 
  
   
2 X 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, buku acuan, video,
  film, gambar,  LKS 
 | 
 
  | 
   
7.4 Mengaplikasikan peran
  manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
  lingkungan 
  
 | 
  
   
Pencemaran dan Kerusakan
  Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia 
 | 
  
   
o   Studi pustaka untuk
  merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran. 
o   Melihat gambar dan/atau
  tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran
  lingkungan  
  
o   Merumuskan tingkat
  pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas
  manusia  
 | 
  
   
·   
  Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan
  pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya 
·   
  Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah
  kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya. 
  
·   
  Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan
  kerusakan lingkungan 
 | 
  
   
Tes tulis 
  
  
  
  
  
  
Tes tulis 
  
  
  
  
  
  
Penugasan 
 | 
  
   
PG 
  
  
  
  
  
  
Uraian 
  
  
  
  
  
  
Tugas rumah 
 | 
  
   
Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan
  adalah .... 
a. menurunnya ketersediaan kayu 
b. meningkatkan suhu udara secara global 
c. menurunnya ketersediaan air tanah 
d. meningkatknya kandungan oksigen di udara 
Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur
  dapat ditekan serendah-rendahnya 
Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan
  memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah,
  atau pencemaran air!   
  
 | 
  
   
4 X 40’ 
 | 
  
   
Buku siswa, buku acuan, video,
  film, gambar,  LKS 
 | 
 
  | 
   
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence )  
Tanggung jawab ( responsibility ) 
Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 
 
  | 
   
Mengetahui, 
Kepala Sekolah .................. 
  
  
  
( …………………………………. ) 
NIP/NIK :
  ..................................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
……………, ………………  20 …. 
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam 
  
  
  
( …………………………………. ) 
NIP/NIK :
  ..................................... 
 |