| 
   
Hari, Tanggal 
 | 
  
   
Jam ke 
 | 
  
   
Meng ajar di kelas 
 | 
  
   
No. KD RPP 
 | 
  
   
Kompetensi Dasar/ Indikator 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
Y 
 | 
  
   
Selesai/Belum selesai alasan belum
  selesai 
 | 
  
   
Absensi Siswa 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
1.1 
 | 
  
   
1.1 Menyimpul-kan isi dialog interaktif beberapa narasumber
  pada tayangan televisi/siaran radio 
  
·      
  Menentukan tema
  dialog interaktif 
·      
  Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
1.2 
 | 
  
   
1.2 Mengomentari pendapat
  narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio 
  
·      
  Mendata
  pendapat tiap-tiap narasumber 
·        Mengomentari pendapat narasumber dengan
  alasan yang menyakinkan 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
2.1 
 | 
  
   
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk)
  dengan bahasa yang lugas dan santun 
  
·  
  Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya 
·  
  Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
  dan santun 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
2.2 
 | 
  
   
2.2 Melaporkan  secara lisan berbagai peristiwa dengan
  mengguna-kan kalimat yang jelas 
  
·  
  Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci 
·  
  Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang
  jelas 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
3.1 
 | 
  
   
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat
  kabar melalui kegiatan membaca intensif 
  
·       Mampu mendata fakta
  yang ada dalam teks 
·       Mampu mendata opini
  yang ada dalam teks 
·        Mampu membedakan fakta dan opini 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
3.2 
 | 
  
   
3.2 Menemukan informasi
  yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan
  membaca memindai 
  
·     
  Mampu menemukan kata 
  dalam buku yang dirujuk dalam 
  indeks 
·     
  Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks  
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
4.1 
 | 
  
   
4.1 Menulis iklan baris dengan
  bahasa yang sigkat, padat dan jelas 
  
·     
  Mampu menentukan objek yang akan diiklankan 
·     
  Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan  iklan baris 
·     
  Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat
  dan jelas 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
4.2 
 | 
  
   
4.2 Meresensi buku
  pengetahuan 
  
·     
  Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta
  menunjukkan kelebihan serta kekurangannya 
·     
  Mampu merangkum isi buku  
·     
  Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan
  atas isi buku  
·     
  Mampu meresensi buku pengetahuan 
·     
  Mampu menyunting resensi 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
4.2 
 | 
  
   
4.3 Menyunting karangan
  dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, 
  pilihan kata, keefektifan kalimat, 
  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana 
  
·     
  Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata,
  keefektifan kalimat,  keterpaduan
  paragraf, dan kebulatan wacana 
·     
  Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata,
  keefektifan kalimat,  keterpaduan
  paragraf, dan kebulatan wacana 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
5.1 
 | 
  
   
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan 
  
·      
  Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti
  pengungkapan syair 
·      
  Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang
  meyakinkan 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
5.2 
 | 
  
   
5.2 Menganalisis
  unsur-unsur syair yang diperdengarkan 
  
·      
  Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair 
Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur
  syair 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
6.1 
 | 
  
   
6.1 Menceritakan
  kembali secara lisan isi cerpen  
  
·       Menentukan
  bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur 
·       Menceritakan kembali
  secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
6.2 
 | 
  
   
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
  suasana/irima yang dibangun 
  
·       Mampu menentukan
  suasana puisi 
  
·       Mampu menghubungkan
  suasana puisi  dengan irama
  musikalisasi puisi 
·     
  Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
  dengan  berpedoman pada kesesuaian isi
  puisi dan suasana/irama yang dibangun 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
7.1 
 | 
  
   
7.1 Menemukan tema,
  latar,  dan penokohan, pada
  cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen 
  
·  
  Mampu menyimpulkan tema cerpen  
·  
  Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual 
·  
  Mampu menemukan karakter tokoh cerpen  dengan bukti yang meyakinkan 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
7.2 
 | 
  
   
7.2 Menganalisis
  nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen 
  
·       Mampu menemukan
  nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen 
·       Mampu membandingkan
  nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa 
·     
  Mampu menyimpulkan 
  nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan  siswa 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
8.1 
 | 
  
   
8.1 Menulis kembali dengan
  kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca 
  
·  
  Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur
  dalam cerpen 
·  
  Mampu mengembangkan 
  ide-ide pokok menjadi cerpen 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
8.2 
 | 
  
   
8.2 Menulis cerita
  pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami 
  
·       Mampu mendata
  peristiwa-peristiwa yang pernah dialami 
·       Mampu menentukan
  konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih 
·       Menentukan alur cerita 
·      
  Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa
  yang pernah dialami 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
9.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar 
  
·      
  Mampu menemukan hal-hal pokok dalam
  pidato/ceramah/khotbah 
·      
  Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah  
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
9.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
9.2 Memberi komentar
  tentang isi pidato/ceramah/ 
khotbah 
  
·      
  Mampu menentukan isi pidato/ceramah/khotbah 
·      
  Mempu memberi komentar 
  dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi
  pidato/ceramah/khotbah 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
10.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
10.1 Berpidato/ 
berceramah/ber-khotbah
  dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas 
  
·      
  Mampu menyusun garis besar kerangka
  pidato/ceramah/khotbah 
·      
  Mampu berpidato/  
  berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta
  volume suara yang jelas 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
10.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
10.2 Menerapkan
  prinsip-prinsip diskusi 
·      
  Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi 
·      
  Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi 
·      
  Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
11.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
11.1 Menemukan gagasan
  dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif 
  
·      
  Menemukan gagasan dari artikel 
·      
  Menemukan gagasan dari buku 
·      
  Mengutip pernyataan dari arikel atau buku sebagai
  referensi  dalam penulisan karya tulis 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
11.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
11.2 Mengubah sajian
  grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif 
  
·      
  Mengidentifikasi isi grafik, tabel, atau bagan 
·      
  Memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam
  beberapa kalimat. 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
11.3 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
11.3 Menyimpulkan
  gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 300 kata per menit 
  
·     
  Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan
  teman 
·     
  Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75% 
·     
  Mampu 
  menyimpulkan gagasan utama suatu teks 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
12.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
12.1 menulis karya
  tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber 
  
·       Mampu menentukan
  sistematika karya tulis 
·       Mampu menuliskan
  catatan pustaka dan daftar pustaka 
  sebagai rujukan. 
·        Mampu menulis karya tulis sederhana dengan
  menggunakan berbagai sumber 
·       Mampu menyunting karya
  tulis 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
12.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
12.2 Menulis teks
  pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif 
  
·      
  Mampu menentukan tema pidato/ceramah/khotbah 
·      
  Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah 
·      
  Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks
  pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
12.3 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
12.3 Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah 
  
·      
  Mampu menentukan hal-hal pokok   dalam surat pembaca 
  
·      
  Mampu menentukan permasalahan/usulan/saran yang akan
  disampaikan dalam surat pembaca 
·      
  Mampu menulis surat pembaca  
·      
  Mampu menyunting surat pembaca 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
13.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
13.1 Menerangkan
  sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan 
  
·       Mampu menentukan
  tokoh-tokoh 
·       Mampu menentukan sifat
  tokoh dengan alasan yang menyakinkan 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
13.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
13.2 Menjelaskan alur
  peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan 
  
·       Mampu menentukan
  tahap-tahap alur   
·      
  Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang
  didengar berdasarkan alurnya  
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
14.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
14.1 Membahas
  pementasan drama yang  naskahnya
  ditulis oleh siswa 
  
·       Mampu menentukan
  unsur-unsur drama 
·       Mampu membahas pementasan
  drama melalui kegiatan diskusi 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
14.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
14.2 Menilai pementasan
  drama yang dilakukan oleh siswa 
  
·  
  Mampu menentukan unsur-unsur yang akan dinilai 
·  
  Mampu menilai pementasan drama teman (karya siswa)  melalui kegiatan diskusi 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
15.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
15.1 Mengiidentifikasi
  kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20-30 an 
  
·      
  Mampu mendata kebiahasaan, adat, etika yang terdapat
  dalam novel 
·      
  Mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
15.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
15.2 Membandingkan
  karakteristik novel angkatan 20-30 an 
  
§  Mampu mengadentifikasi
  karakteristik (kebiasaan, adat,  etika,
  dll)  novel 20-30 an 
·      
  Mampu membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30
  an dengan novel masa kini. 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
16.1 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
16.1 Menulis naskah
  drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca 
  
·       Mampu mengidentifikasi
  pokok-pokok cerita dalam cerpen  
·       Mampu menulis naskah
  drama berdasarkan cerpen yang dibaca 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
Senin,
  .......................... 
Selasa,
  .......................... 
Kamis, 
.......................... 
Sabtu,
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
16.2 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
16.2 Menulis naskah
  drama berasarkan peristiwa nyata 
  
·      
  Mampu memilih 
  peristiwa nyata yang akan didramakan 
·      
  Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak 
·      
  Mampu mengembangkan urutan adegan  menjadi naskah drama satu babak 
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
 
  | 
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
 |