Hari, Tanggal
|
Jam ke
|
Meng ajar di kelas
|
No. KD RPP
|
Kompetensi Dasar/ Indikator
|
X
|
Y
|
Selesai/Belum selesai alasan belum
selesai
|
Absensi Siswa
|
Keterangan
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
1.1
|
1.1 Menyimpul-kan isi dialog interaktif beberapa narasumber
pada tayangan televisi/siaran radio
·
Menentukan tema
dialog interaktif
·
Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
1.2
|
1.2 Mengomentari pendapat
narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
·
Mendata
pendapat tiap-tiap narasumber
· Mengomentari pendapat narasumber dengan
alasan yang menyakinkan
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
2.1
|
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk)
dengan bahasa yang lugas dan santun
·
Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
2.2
|
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan
mengguna-kan kalimat yang jelas
·
Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·
Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang
jelas
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
3.1
|
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat
kabar melalui kegiatan membaca intensif
· Mampu mendata fakta
yang ada dalam teks
· Mampu mendata opini
yang ada dalam teks
· Mampu membedakan fakta dan opini
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
3.2
|
3.2 Menemukan informasi
yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan
membaca memindai
·
Mampu menemukan kata
dalam buku yang dirujuk dalam
indeks
·
Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
4.1
|
4.1 Menulis iklan baris dengan
bahasa yang sigkat, padat dan jelas
·
Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·
Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris
·
Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat
dan jelas
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
4.2
|
4.2 Meresensi buku
pengetahuan
·
Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta
menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·
Mampu merangkum isi buku
·
Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan
atas isi buku
·
Mampu meresensi buku pengetahuan
·
Mampu menyunting resensi
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
4.2
|
4.3 Menyunting karangan
dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
·
Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
·
Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
5.1
|
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
·
Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti
pengungkapan syair
·
Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang
meyakinkan
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
5.2
|
5.2 Menganalisis
unsur-unsur syair yang diperdengarkan
·
Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur
syair
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
6.1
|
6.1 Menceritakan
kembali secara lisan isi cerpen
· Menentukan
bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur
· Menceritakan kembali
secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
6.2
|
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
· Mampu menentukan
suasana puisi
· Mampu menghubungkan
suasana puisi dengan irama
musikalisasi puisi
·
Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi
puisi dan suasana/irama yang dibangun
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
7.1
|
7.1 Menemukan tema,
latar, dan penokohan, pada
cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
·
Mampu menyimpulkan tema cerpen
·
Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
·
Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
7.2
|
7.2 Menganalisis
nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
· Mampu menemukan
nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen
· Mampu membandingkan
nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
·
Mampu menyimpulkan
nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
8.1
|
8.1 Menulis kembali dengan
kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
·
Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur
dalam cerpen
·
Mampu mengembangkan
ide-ide pokok menjadi cerpen
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
|
8.2
|
8.2 Menulis cerita
pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
· Mampu mendata
peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
· Mampu menentukan
konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
· Menentukan alur cerita
·
Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa
yang pernah dialami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
9.1
|
|
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar
·
Mampu menemukan hal-hal pokok dalam
pidato/ceramah/khotbah
·
Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
9.2
|
|
9.2 Memberi komentar
tentang isi pidato/ceramah/
khotbah
·
Mampu menentukan isi pidato/ceramah/khotbah
·
Mempu memberi komentar
dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi
pidato/ceramah/khotbah
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
10.1
|
|
10.1 Berpidato/
berceramah/ber-khotbah
dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
·
Mampu menyusun garis besar kerangka
pidato/ceramah/khotbah
·
Mampu berpidato/
berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta
volume suara yang jelas
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
10.2
|
|
10.2 Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
·
Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi
·
Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
·
Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
11.1
|
|
11.1 Menemukan gagasan
dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
·
Menemukan gagasan dari artikel
·
Menemukan gagasan dari buku
·
Mengutip pernyataan dari arikel atau buku sebagai
referensi dalam penulisan karya tulis
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
11.2
|
|
11.2 Mengubah sajian
grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
·
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, atau bagan
·
Memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam
beberapa kalimat.
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
11.3
|
|
11.3 Menyimpulkan
gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 300 kata per menit
·
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan
teman
·
Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
·
Mampu
menyimpulkan gagasan utama suatu teks
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
12.1
|
|
12.1 menulis karya
tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
· Mampu menentukan
sistematika karya tulis
· Mampu menuliskan
catatan pustaka dan daftar pustaka
sebagai rujukan.
· Mampu menulis karya tulis sederhana dengan
menggunakan berbagai sumber
· Mampu menyunting karya
tulis
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
12.2
|
|
12.2 Menulis teks
pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
·
Mampu menentukan tema pidato/ceramah/khotbah
·
Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah
·
Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks
pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
12.3
|
|
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
·
Mampu menentukan hal-hal pokok dalam surat pembaca
·
Mampu menentukan permasalahan/usulan/saran yang akan
disampaikan dalam surat pembaca
·
Mampu menulis surat pembaca
·
Mampu menyunting surat pembaca
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
13.1
|
|
13.1 Menerangkan
sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
· Mampu menentukan
tokoh-tokoh
· Mampu menentukan sifat
tokoh dengan alasan yang menyakinkan
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
13.2
|
|
13.2 Menjelaskan alur
peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan
· Mampu menentukan
tahap-tahap alur
·
Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang
didengar berdasarkan alurnya
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
14.1
|
|
14.1 Membahas
pementasan drama yang naskahnya
ditulis oleh siswa
· Mampu menentukan
unsur-unsur drama
· Mampu membahas pementasan
drama melalui kegiatan diskusi
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
14.2
|
|
14.2 Menilai pementasan
drama yang dilakukan oleh siswa
·
Mampu menentukan unsur-unsur yang akan dinilai
·
Mampu menilai pementasan drama teman (karya siswa) melalui kegiatan diskusi
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
15.1
|
|
15.1 Mengiidentifikasi
kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20-30 an
·
Mampu mendata kebiahasaan, adat, etika yang terdapat
dalam novel
·
Mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
15.2
|
|
15.2 Membandingkan
karakteristik novel angkatan 20-30 an
§ Mampu mengadentifikasi
karakteristik (kebiasaan, adat, etika,
dll) novel 20-30 an
·
Mampu membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30
an dengan novel masa kini.
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
16.1
|
|
16.1 Menulis naskah
drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
· Mampu mengidentifikasi
pokok-pokok cerita dalam cerpen
· Mampu menulis naskah
drama berdasarkan cerpen yang dibaca
|
|
|
|
|
|
Senin,
..........................
Selasa,
..........................
Kamis,
..........................
Sabtu,
..........................
|
|
16.2
|
|
16.2 Menulis naskah
drama berasarkan peristiwa nyata
·
Mampu memilih
peristiwa nyata yang akan didramakan
·
Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak
·
Mampu mengembangkan urutan adegan menjadi naskah drama satu babak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|