KONSEP DASAR DAN JENIS KEGIATAN PEMBENTUK KARAKTER
1.
Cermati
tayangan video tentang kepramukaan di sekolah!
2.
Hubungkan
pengetahuan yang diperoleh dari tayangan video di atas dengan pengalaman
Ibu/Bapak ketika mengikuti atau
membimbing sekolah binaan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka!
3.
Berdasarkan
pengetahuan dan pengalaman tersebut:
a.
Deskripsikan
secara singkat tujuan dan manfaat kegiatan pramuka di sekolah!
Tujuan Pramuka:
1. Miningkatkan
kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik Peserta didik
2. Mengembangkan
bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan
manusia seutuhnya.
Manfaat Pramuka:
1. Membentuk
karakter peserta didik, yang meliputi :
1.2
Relegius
1.3
Jujur
1.4
Santun
1.5
Peduli
1.6
Percaya
diri
1.7
Tanggung
jawab
1.8
Mandiri
1.9
Toleransi
1.10 Kerjasama
1.11 Gotong
royong
1.12 Cinta
damai
1.13 Responsif dan proaktif
1.14 Ramah
Lingkungan
1.15 Cinta
tanah Air
2. Membentuk
Peserta didik yang kreatif dan inovatif
b. Berdasarkan hasil pengamatan tayangan
video di atas dan pengalaman Ibu/Bapak ketika mengikuti atau membimbing sekolah
binaan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, identifikasi jenis kegiatan
pramuka pembentuk karakter peserta didik dengan memberi tanda check (Ѵ) pada
karakter yang sesuai berdasarkan jenis kegiatan Pramuka!
No
|
Jenis Kegiatan
|
Karakter
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
1.
|
Tali
temali
|
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
PPGD
|
|
|
|
√
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
3.
|
Ketangkasan/Pionering
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Sandi
Pramuka
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
5.
|
Out
Bond
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
6.
|
Mendirikan
tenda
|
√
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
|
√
|
|
√
|
√
|
7.
|
Kegiatan
Rekruitmen
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
√
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
8.
|
KBB
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
9.
|
Upacara
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
Keterangan:
1
=
Religius
2
=
Jujur
3
=
Santun
4
=
Peduli
5
=
Percaya diri
6
=
Tanggung jawab
|
7
=
Toleransi
8
=
Kerjasama
9
=
Gotong royong
10
=
Cinta damai
11
=
Responsif dan proaktif
12
=
Ramah lingkungan
|
13. Disiplin
14. Kreatif
15. Cinta Tanah Air
|
c.
Berdasarkan
hasil identifikasi di atas, jelaskan rasional mengapa pramuka merupakan
ekstrakurikuler wajib di satuan pendidikan!
KELOMPOK IV :
NO
|
NAMA
|
TEMPAT TUGAS
|
1
|
SUTRISNO
|
SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA
|
2
|
SITI ROKHANA BUDIYANTI
|
SMP PEMBINA MENGGALA
|
3
|
NIRMALA SARI
|
SMPN 3 BANJAR AGUNG
|
4
|
ZAITUN AKIP
|
SMPN 2 MENGGALA
|
5
|
RUDIYANTO
|
SMPN 3 BANJAR BARU
|
6
|
MADE
|
SMPN 1 BANJAR MARGO
|
7
|
SANTOSO
|
SMPN 1 DENTE TELADAS
|