Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya
berbagai tantangan yang dihadapi baik internal maupun eksternal
1. Tantangan internal
a.
Pemenuhan 8 standar nasional
pendidikan yang meliputi standar pengelolaan, standar biaya, i standar sarna
prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi, standar
proses, standar penilaian dan standar kopetensi kelulusan
b.
Perkembanganpenduduk Indonesia
dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif. SDM usia produktif yang
melimpah apabila memiliki kopetensi dan ketrampilan akan menjadi modal
pembangunan yang luar biasa dan apa bila sebaliknya maka akan menjadi bebab
pembangunan
2. Tantangan eksternal
Tantangan yang
dihapapi dunia pendidikan antara lain berkaitan dengan tantangan masa depan,
kopetnesi yang di perlukan di masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan
pengetahuan dan pedagogig serta penomena negatif yang mengemuka
a.
Tantangan masa depan antara lain
globalisasi, kemajuan teknologi informasi.
b.
Kopetensi masa depan antara lain
kemampuan komunikasi, kemampuan berikir jernih dan kritis, kemampuan menjadi
warga negara yang bertanggung jawab, kemampuan mencoba untuk mengerti dan
toleran terhadap pandangan yang berbeda dan memiliki kesiapan untuk bekerja.
c.
Persepsi masyarakat antara lain
terlalu menitik beratkan pada aspek kognitif, beban siswa terlalu berat,
kurang bermuatan karakter.
d.
Pengembangan pengetahuan dan
pegagogig antara lain neurologi, fisikologi,0bservation
based[discovery]learning dan colaborative learning.
e.
fenomene negatif,antara lain
perkelahian pelajar, narkoba,korupsi,plagiarisme,dan kecurangan dalam
ujiandll.
|