MONITORING DAN EVALUASI
PELAKSANAAN PROGRAM
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Baca tentang
deskripsi laporan hasil kegiatan monitoring dan evaluasi ekstrakurikuler
Pramuka di Sekolah Menengah Pertama Indonesia Jaya berikut!
Deskripsi Hasil Laporan
Monitoring dan Evaluasi
Program Ekstrakurikuler
Pramuka
di SMP Indonesia Jaya
A.
Program Tahunan.
Program
tahunan untuk program ekstrakurikuler pramuka telah disusun bersama oleh tim
yang terdiri atas Kepala Sekolah, pelatih ekstrakurikuler, dan komisi sekolah
dengan bimbingan pengawas sekolah.
Pelaksanaan
Standar Kecakapan Kepramukaan (SKK)
untuk bidang Seni Budaya tidak dilakukan dengan alasan masih dipertimbangkan
bentuk kegiatan dan jenisnya, padahal peserta didik di satuan pendidikan
tersebut memiliki potensi yang bersar mengacu pada beberapa prestasi yang
diraih pada bidang tersebut.
Keterampilan pasang dan bongkar tenda telah
dilaksanakan sesuai jadwal yaitu dilakukan pada akhir bulan Agustus 2013,
tetapi kegiatan pelatihan keterampilan tersebut dikeluhkan orang tua peserta
didik karena menggunakan dana dari iuran peserta didik. Iuran tersebut
digunakan untuk menyewa tenda-tenda sebagai peralatan yang digunakan dalam
melatih keterampilan tersebut.
SMP
Indoonesia Jaya berada di lingkungan masyarakat yang berlatar belakang sosial,
ekonomi, dan budaya yang bervariasi, namun tidak ada interaksi satuan
pendidikan tersebut dengan masyarakat sekitar misalnya dalam bentuk kegiatan Bakti Masyarakat di lingkungan dimana
Gugus Depan berada sebagai salah satu kegiatan bersama dalam satuan gugus.
Kegiatan tersebut perlu dilakukan untuk memberikan pengalaman bermasyarakat
dengan menumbuhkan nilai karakter peduli sosial.
Gerakan Pramuka di SMP Indonesia Jaya dapat
dikenal berbagai kalangan karena memiliki papan nama Gugus depan dan stempel
surat. Kelengkapan identitas secara
fisik yang dimiliki satuan pendidikan tersebut perlu ditingkatkan pada bidang
adminisatrasi karena belum memiliki perangkat buku-buku administrasi sesauai
aturan tata kelola sehingga kegiatan administrasi tidak terdokumentasikan.
B.
Program Semesteran.
Upaya penanaman nilai karakter disiplin dan cinta
tanah air melalui pelaksanaan keterampilan baris berbaris belum menggunakan
peraturan baris-berbaris yang terbaru/terakhir sehingga berdampak pada kegiatan
upacara di sekolah.
Jadwal kegiatan program tahunan ekstrakurikuler
pramuka dikeluhkan orang tua peserta
didik karena penjadwalan perkemahan dekat (PERSAMI) bertepatan pada menjelang
ujian semester namun perkemahan jauh tidak ada kendala karena orang tua peserta
didik setuju untuk membentuk karakter kemandirian peserta didik.
C.
Silabus Materi Kegiatan
Dokumen
silabus kegiatan ekstrakurikuler pramuka sudah tersedia dengan format memuat
komponen-komponen silabus yang mendukung pembelajaran pramuka, namun pada
komponen penilaian belum diisi jenis penilaian yang akan dilakukan.
D. Rencana
Pelaksanaan Kegiatan (RPK).
Dokumen RPK disusun sudah sesuai
dengan Standar Proses tetapi perumusan
indikator masih belum sesuai acuan karena indikator yang dicantumkan merupakan
indikator yang tidak dapat diukur. Pada komponen sumber belajar dalam RPK belum
dituliskan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang dirancang.
E.
Pelaksanaan proses kegiatan
Pemantauan kehadiran peserta didik selama kegiatan terpantau
dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya daftar hadir dan keterangan bagi yang tidak dapat hadir.
Aktivitas religius (berdo’a dan
menjalankan ibadah sesuai agama yang dianutnya) dalam kegiatan sudah dilakukan tetapi
keefektifan pelaksanaannya belum maksimal karena dari 3 agama yang
terdapat pada satuan pendidikan tersebut
dilakukan dengan menggunakan jadwal, tidak bersamaan waktunya. Penjadwalan tersebut menjadikan pengembangan karkter
religious kurang intensif.
Aktivitas sosial dan emosional
dalam berbagai kegiatan terlaksana dengan
baik. Pembiasaan
dan keteladanan karakter peserta didik sudah
diimplementasikan tetapi untuk nilai karakter menghargai prestasi tidak tampak.
Pemahaman terhadap hal-hal yang bersifat konseptual teoritis terkait
dengan materi
pelatihan pramuka dikuasai dengan baik
oleh peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tes dan keterampilan peserta
didik yang memperoleh nilai mencapai KKM 2,66 atau katagori Baik. Keterampilan peserta didik terhadap
kompetensi pramuka yang ditetapkan terpenuhi dengan baik yang dapat ditunjukkan melalui
dokumentasi gambar kegiatan pelatihan keterampilan.
Performansi/kinerja
pelatih/pembina baik dengan kemampuan
penguasaan materi didukung
pengembang oleh kegiatan pelatihan/pembinaan. Menggunakan metode pelatihan yang variiatif sesuai karakteristik kompetensi
yang akan dicapai. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang komunikatif dan
berbahasa Indonesia yang baik. Perlu
peningkatan dalam memberikan contoh-contoh kegiatan kepramukaan dalam kehidupan
sehari-hari peserta didik sehingga dapat dipahami manfaat dari keterampilan
yang dipelajari.
Pelatih pramuka telah
melaporkan hasil penilaian sesuai format pelaporan yang mencakup aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan lengkap dengan deskripsinya. Perlu pembimbingan
dalam kemampuan penilaian karena pelatih tidak memiliki dokumen penilaian
proses sebagai bagian dari penilaian otentik. Perlu pembimbingan dalam
menentukan jenis penilaian dan penyusunan rubrik penilaian sikap, kinerja, dan
produk.
Tugas:
1. Berdasarkan
deskripsi hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program ekstrakurikuler
pramuka tersebut di atas, identifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki SMP
Indonesia Jaya.
2. Rancang
rencana tindak lanjut yang akan dilakukan untuk perbaikan, kontinuitas, peningkatan, atau pengembangan program
berikutnya pada satuan pendidikan tersebut! Gunakan format berikut untuk mengerjakan!
Format Analisis Kekuatan, Kelemahan,
dan Tindak Lanjut Hasil Monitoring dan Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka
di Sekolah Menengah Pertama Indonesia Jaya
Program
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
Rencana Tindak Lanjut
|
A. Program Tahunan
|
|
|
|
1. Kegiatan Pramuka
|
1.
Kegiatan Pramuka sudah memiliki program kegiatan yang disusun oleh warga
sekolah dan dibawah bimbingan Pengawas sekolah
2.
Kegiatan Bongkar Pasang tenda sudah tersusun dengan baik
|
1.
Belum terakomodirnya kegiatan seni budaya didalam program kegiatan
2. Belum memiliki
tenda sendiri dalam jumlah yang mencukupi.
|
1.
Perlu dilengkapi dengan Program Kegiatan Seni Budaya
2.
perlu digali sumber dana baik dari BOS maupun sumbangan untuk menambah
perlengkapan kegiatan
|
2. Kegiatan Bersama dalam Satuan Gugus Depan
|
Masyarakat
lingkungan sekolah yang beragam
|
Belum
ada kerjasama dengan masyarakat lingkungan sekolah
|
Perlu
adannya kerjasama dengan masyarakat sekitar untuk lebih kontekstual dan
peduli social
|
3. Bidang Pendidikan Pembina/Pelatih
|
Pembina memiliki semangat yang
cukup baik
|
Sertifikat
dan kualifikasi Pembiina tidak diketahui
|
Mengikutsertakan
Pembina dalam KMD atau yang sejenis
|
4. Bidang Adminstrasi
|
Administrasi
Fisik, Papan nama, Stempel, Kop Surat sudah ada
|
Dokumen
Administrasi, Pembukuan kepramukan Belum ada
|
Melengkapi
semua pembukuan dan dokumentasi gugus depan
|
5. Bidang Sarana
|
Sarana
Pramuka administrasi fisik
|
Belum
ada sarana / peralatan/ media untuk
pelatihan/pembelajaran
|
Perlu
dilengkapi berbagai peratan/media yang dibutuhkan dalam latiahan
|
B. Program Semester
|
|
|
|
1.
Materi
|
1.
Materi Berbaris sudah dilakukan
2.
Perkemahan Pembentukan karakter sudah dilaksanakan
|
Pedoman
berbaris belum memakai yang terbaru
|
Melengkapi
petunjuk/melakukakn pembinaan dengan pedoman baris-berbaris yang baru
|
2.
Alokasi Waktu
|
Sudah
dilaksanakan
|
Jadwal
kegiatan menjelang Ujian
|
Menyesuaikan
jadwal agar tidak mengganggu kegiatan yang lain
|
C. Program Silabus
|
|
|
|
1. Kelengkapan komponen silabus
|
Komponen
silabus sudah dibuat sesuai dengan aturan penyusunan silabus
|
Pengisian
kolom penilaian belum lengkap
|
Melengkapi
pengisisan silabus
|
2. Ketepatan isi komponen
|
Isi
komponen sudah dapat mendukung kagiatan pramuka
|
Pengisian
kolom penilaian belum lengkap
|
Melengkapi
pengisisan silabus
|
D. Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)
|
|
|
|
1. Kelengkapan komponen RPK
|
Kelengkapan
sudah sesuai dengan standar penyusunan RPK
|
Komponen
langkah-langkah pembelajaran belum runtut dan sistematis
|
Pembinaan
untuk dapat menyusun kelengkapan penyusunsn RPK
|
2. Ketepatan isi komponen
|
Kelengkapan
sudah sesuai dengan standar penyusunan RPK
|
Indikator
belum sesuai dengan rumusan penyusunan indicator.(indicator yang tidak
terukur)
|
Pembinaan
untuk dapat menyusun kelengkapan penyusunsn RPK
|
E. Penilaian Kegiatan
|
|
|
|
1. Jenis penilaian
|
Penilaian
sikap, pengetahuan, dan
keterampilan lengkap dengan deskripsinya
|
Belum
ada dokumen penilaian proses sebagai bagian dari penilaian otentik
|
Pembinaan
untuk kedepan agar dokumen sebagai bukti penilaiain otentik dipersiapkan
dalam bentuk Portofolio
|
2. Instrumen atau Rubrik penilaian
|
Lengkap
sesuai dengan format yang telah ada
|
Belum
ada dokumen penilaian proses sebagai bagian dari penilaian otentik
|
Pembinaan
untuk kedepan agar dokumen sebagai bukti penilaiain otentik dipersiapkan
dalam bentuk Portofolio
|
KELOMPOK
IV :
NO
|
NAMA
|
TEMPAT TUGAS
|
1
|
SUTRISNO
|
SMP
RAWA PITU GEDUNGJAYA
|
2
|
SITI
ROKHANA BUDIYANTI
|
SMP
PEMBINA MENGGALA
|
3
|
NIRMALA
SARI
|
SMPN
3 BANJAR AGUNG
|
4
|
ZAITUN
AKIP
|
SMPN
2 MENGGALA
|
5
|
RUDIYANTO
|
SMPN
3 BANJAR BARU
|
6
|
MADE
|
SMPN
1 BANJAR MARGO
|
7
|
SANTOSO
|
SMPN
1 DENTE TELADAS
|
TRISNO MARSA