1. Memahami prosedur
ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsi-kan besaran
pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
|
§ Mengindentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan
sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
§ Menggunakan
satuan Internasional dalam pengukuran
§ Mengkonversi
satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
|
|
|
1.2. Mendeskripsi-kan
pengertian suhu dan pengukurannya
|
|
§
Menggunakan
termometer untuk mengukur suhu zat
§
Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan
sifat perubahan volume
§ Membandingkan skala termometer Celcsius
dengan termometer yang lain
|
|
|
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
§
Mengukur
dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
§
Memperhatikan
dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
|
2. Memahami kalsifikasi zat
|
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan
asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian
Kompetensi yang tepat
|
|
§
Mengindentifikasikan
sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi
yang sesuai
§
Mengelompokkan
bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
§
Menggunakan
alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
|
|
|
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
|
§
Melakukan
percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya
dengan menggunakan kembang sepatu
|
|
|
2.3
Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
|
§
Menjelaskan
aturan penulisan lambang unsur
§
Menuliskan
nama dan lambang unsur
§
Menuliskan
nama dan rumus kimia sederhana
§
Menentukan
nama senyawa dan rumus kimia sederhana
|
|
|
2.4 membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan
campuran
|
|
§
Membandingkan
sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
§
Membuat
bagan klasifikasi materi secara sederhana
§
Mengelompokkan
zat-zat kedalam campuran homogen dan
heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3. Memahami wujud zat dan
perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat
zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
§
Menyelidiki
perubahan wujud suatu zat
§
Menafsirkan
susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
§
Membedakan
kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
§
Mengkaitkan
peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
|
|
|
3.2 Melakukan percobaan yang
berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
§
Menyelidiki
proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
§
Merencanakan
percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
§
Menunjukkan
prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
|
|
|
3.3 Mendeskripsikan peran
kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
§
Menyelidiki
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
§
Menyelidiki
faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
§
Menyelidiki
banyaknya kalor yang diperlukan untuk
menaikkan suhu zat
§
Menyelidiki
kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur
§
Menerapkan
hubungan
Q = m.C. ∆t
Q = m.U dan
Q = m.L untuk meyelesaikan masalah sederhana
|
|
4. Memahami berbagai sifat
dalam perubahan fisika dan kimia
|
4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat
|
|
§
Membandingkan
hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia
§
Mengklasifikasi
perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
mengkomunikasikannya
|
|
|
4.2
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan
sifat kimia
|
|
§
Menjelaskan
dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
§
Melakukan
percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
§
Melakukan
percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih (
penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )
|
|
|
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil
percobaan sederhana
|
|
§
Membuat
kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia
§
Membandingkan
karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan
|
|
|
4.4
Mengindentifi-kasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
|
|
§
Mereaksi
dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu
§
Menyimpulkan
ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu
|
|
Jumlah
|
|