PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP RAWA PITU GEDUNG JAYA
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VII (1) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
5. Memahami gejala-gejala
alam melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana
dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
|
|
§
Membandingkan
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek
abiotik melalui pengamatan
§
Membandingkan
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek
biotik melalui pengamatan
|
|
|
5.2
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
§
Menemukan
persamaan laju yang ditempuh
§
Menunjukkan
Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
§
Mendefinisikan
percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu
§
Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan
§
Menunjukkan
konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
5.3
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
|
|
§
Mengenal
bagian-bagian mikroskop
§
Menggunakan
mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec
Mikropis)
|
|
|
5.4
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
|
§
Memegang,
membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara ama
§
Mendeskripsikan
bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
§
Mengindentifikasi
simbol-simbol dalam Laboratorium
|
|
6. Memahami keanekaragaman
makhluk hidup
|
6.1 Mengindentifi-kasi ciri-ciri makhluk hidup
|
|
§
Mengidentifikasi
ciri-ciri mahluk hidup
§
Membuat
laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi
§
Membedakan
ciri tumbuhan dan hewan
|
|
|
6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan
ciri-ciri yang dimiliki
|
|
§
Membedakan
makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan
yang dimilikinya
§
Mendeskripsikan
pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
§
Membuat
perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom
§
Mengklasifikasi
beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati
|
|
|
6.3 Mendeskripsi-kan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
|
§
Mendeskripsikan
keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
§
Mendeskripsikan
keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
§
Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ
berdasarkan hasil pengamatan
§
Mengkaitkan
hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
|
|
7. Memahami saling
ketergantungan dalam ekositem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen
ekosistem
|
|
§
Mengindentifikasikan
satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi
utama
§
Menggambarkan
dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil
pengamatan suatu ekosistem
|
|
|
7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya
keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
|
|
§
Mendefinisikan
makhluk hidup yang tergolong langka
§
Menyebutkan
contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
§
Mengemukakan
pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
§
Membuat
tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka
yang dilindungi
|
|
|
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
|
|
§
Memperkirakan
hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
§
Memperkirakan
hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
§
Memperkirakan
hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
§
Mejelaskan
pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
|
|
|
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
|
§
Menjelaskan
konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan
serta upaya mengatasinya
§
Menjelaskan
pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia
dan upaya mengatasinya.
§
Mengusulkan
cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|