TRISNO MARSA
II.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru Memasuki Kegiatan Ini
Berkesinambungan
|
2
|
20
|
|
|
|
|
Dengan Motifasi yang Telah Disampaikan
|
|
|
|
|
b. Kegiatan Inti Berpusat Pada
Guru
|
2
|
|
|
|
|
c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa
Untuk Menemukan
|
5
|
|
|
|
|
Konsep Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan
|
|
|
|
|
d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK,
KD, Indikator
|
5
|
|
|
|
|
yang ingin dicapai dan Materi Pelajaran
|
|
|
|
|
e. Guru Memberikan Tugas
Lantujutan Kepada Siswa
|
6
|
|
|
|
|
Sesuaai Dengan SK, KD dan
Indikator
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru Mengatur Pembagian
Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
|
b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok
Mendapat
|
2
|
|
|
|
|
Respon Positif Dari Siswa
|
|
|
|
|
c. Anggota Tiap Kelompok
Berpartisipasi Aktif Dalam
|
5
|
10
|
|
|
|
|
Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok
Dilanjutkan
|
5
|
|
|
|
|
Dengan Diskusi Kelas
|
|
|
|
|
e. Guru Mengunakan Lembar
Penilaian Diskusi/Kerja
|
6
|
|
|
|
|
Kelompok
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
III. Sumber / Bahan / Media
|
|
|
|
|
|
|
a. Sumber/Bahan/Media yang
Digunakan Sesuai
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Dengan SK, KD, dan Indikator
|
|
|
|
|
|
b. Bahan/Media yang Disediakan
Sesuai Dengan
|
2
|
|
|
|
|
Kebutuhan Materi Pokok Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
c. Menggunakan bahan yang Otentik
Dan yang ada
|
2
|
|
|
|
|
di Sekeliling Siswa
|
|
|
|
|
|
d. Bahan Yang Digunakan Mendorong
Siswa Dan
|
4
|
|
|
|
|
Melakukan Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan
|
|
|
|
|
|
|
Data Menarik Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
IV. Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
a. Penilaian Dilakukan Sesuai
Dengan Jenis Tagihan
|
2
|
10
|
|
|
|
|
b. Penilaian Relevan Dengan
Kopetensi Dan Indikatornya
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Hanya Mengarah Pada
Ranah Kognitif
|
2
|
|
|
|
|
|
d.
Penilaian Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
|
4
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V. Penutup
|
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal :
|
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang direncanakan
|
2
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
|
2
|
|
|
|
|
|
c. Inti / Kesimpulan KBM
Disimpulkan Oleh Siswa
|
2
|
|
|
|
|
|
d . KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
|
4
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
a. Setiap Kelompok Menyampaikan
Hasil Diskusi /
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Kerja Kelompok Di Depan Kelas
|
|
|
|
|
|
|
b. Hasil Diskusi Kelompok Mendapat
Respon Positif/
|
2
|
|
|
|
|
|
Negatif Dari Kelompok Lain
|
|
|
|
|
|
|
c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
|
Dilakukan Oleh Guru
|
|
|
|
|
|
|
d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja
Kelompok
|
4
|
|
|
|
|
|
dilakukan Oleh Siswa Dengan
Bimbingan Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
Keterangan:
S1 = semester 1
S2 = semester 2
Hasil Penilaian = .......................... x 100 = ...............
Jumlah Nilai Ideal = 90
Pada II dan V bentuk klasikal atau
diskusi / kerja kelompok,
Gunakan hanya salah satu saja, kalau
klasikal tidak menggunakan
Penilaian diskusi/ kerja kelompok,
begitupun sebaliknya
Katagori Penilaian
90 s/d 100 = Sangat Baik Sekali
80 s/d 89 = Baik Sekali
60 s/d 79 = Baik
50 s/d 69 = Cukup
40 s/d 49 = Kurang
< 40 = Kurang Sekali
Komentar / Saran .................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..........,
......................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru, Pengawas
Sekolah
........................................
.......................................
....................................... NIP.................................. NIP
.................................
NIP .................................
Catatan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................