ASPEK YANG DINIALI DAN CARA PENILAIAN
|
BOBOT
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
|
|
S1
|
S2
|
|
A. Perangkat Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
a. Memiliki Kalender Pendidikan
|
2
|
20
|
|
|
|
|
b. Menyusun Program Tahunan
|
4
|
|
|
|
|
c. Menyusun Program Semester
|
4
|
|
|
|
|
d. Membuat Silabus
|
4
|
|
|
|
|
e. Membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
a. Identitas Lengkap
|
2
|
10
|
|
|
|
|
b. Tercantum/ Memuat SK,
KD,Indikator dan Materi Pokok
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Berisi Pengalaman Bekerja/
Langkah Mengajar,
|
2
|
|
|
|
|
|
Sumber/bahan/ Media Belajar
|
2
|
|
|
|
|
|
d. Ada Penilaian yang Terdiri Dari
Jenis Tagihan,
|
2
|
|
|
|
|
|
Bentuk, instrumen, dan Contoh Instrumen
|
2
|
|
|
|
|
|
e. Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
|
2
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan Guru Memberikan
Motivasi Kepada
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Siswa Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/ RPP
|
|
|
|
|
b. Motifasi Berupa Contoh atau
Pertanyaan Untuk i
|
2
|
|
|
|
|
Menggali Informasi Sesuai Dengan Kopetens
|
|
|
|
|
c. Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi
Yang
|
2
|
|
|
|
|
Akan Dicapai Dalam Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
d. Dalam Memotifasi Ditemukan Life
Skill yang Perlu
|
4
|
|
|
|
|
Dimiliki dan Manfaatnya Dalam Kehidupan.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
II.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru Memasuki Kegiatan Ini
Berkesinambungan
|
2
|
20
|
|
|
|
|
Dengan Motifasi yang Telah Disampaikan
|
|
|
|
|
b. Kegiatan Inti Berpusat Pada
Guru
|
2
|
|
|
|
|
c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa
Untuk Menemukan
|
5
|
|
|
|
|
Konsep Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan
|
|
|
|
|
d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK,
KD, Indikator
|
5
|
|
|
|
|
yang ingin dicapai dan Materi Pelajaran
|
|
|
|
|
e. Guru Memberikan Tugas
Lantujutan Kepada Siswa
|
6
|
|
|
|
|
Sesuaai Dengan SK, KD dan
Indikator
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru Mengatur Pembagian
Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
|
b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok
Mendapat
|
2
|
|
|
|
|
Respon Positif Dari Siswa
|
|
|
|
|
c. Anggota Tiap Kelompok
Berpartisipasi Aktif Dalam
|
5
|
10
|
|
|
|
|
Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok
Dilanjutkan
|
5
|
|
|
|
|
Dengan Diskusi Kelas
|
|
|
|
|
e. Guru Mengunakan Lembar
Penilaian Diskusi/Kerja
|
6
|
|
|
|
|
Kelompok
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
III. Sumber / Bahan / Media
|
|
|
|
|
|
|
a. Sumber/Bahan/Media yang
Digunakan Sesuai
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Dengan SK, KD, dan Indikator
|
|
|
|
|
|
b. Bahan/Media yang Disediakan
Sesuai Dengan
|
2
|
|
|
|
|
Kebutuhan Materi Pokok Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
c. Menggunakan bahan yang Otentik
Dan yang ada
|
2
|
|
|
|
|
di Sekeliling Siswa
|
|
|
|
|
|
d. Bahan Yang Digunakan Mendorong
Siswa Dan
|
4
|
|
|
|
|
Melakukan Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan
|
|
|
|
|
|
|
Data Menarik Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
IV. Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
a. Penilaian Dilakukan Sesuai
Dengan Jenis Tagihan
|
2
|
10
|
|
|
|
|
b. Penilaian Relevan Dengan
Kopetensi Dan Indikatornya
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Hanya Mengarah Pada
Ranah Kognitif
|
2
|
|
|
|
|
|
d.
Penilaian Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
|
4
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V. Penutup
|
|
|
|
|
|
|
A. Dalam Bentuk Klasikal :
|
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang direncanakan
|
2
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
|
2
|
|
|
|
|
|
c. Inti / Kesimpulan KBM
Disimpulkan Oleh Siswa
|
2
|
|
|
|
|
|
d . KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
|
4
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|
B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
a. Setiap Kelompok Menyampaikan
Hasil Diskusi /
|
2
|
10
|
|
|
|
|
Kerja Kelompok Di Depan Kelas
|
|
|
|
|
|
|
b. Hasil Diskusi Kelompok Mendapat
Respon Positif/
|
2
|
|
|
|
|
|
Negatif Dari Kelompok Lain
|
|
|
|
|
|
|
c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok
|
2
|
|
|
|
|
|
Dilakukan Oleh Guru
|
|
|
|
|
|
|
d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja
Kelompok
|
4
|
|
|
|
|
|
dilakukan Oleh Siswa Dengan
Bimbingan Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah=
|
|
|
|
|