PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/ GURU MATAPELAJARAN
______________________________________________________________
A. Pedagogik
Penilaian untuk Kompetensi 1: Memahami karakteristik peserta didik
______________________________________________________________
1. Guru dapat mengidentifikasi karakteristikbelajar setiap peserta didik di kelasnya.
2. Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama
untukberpartisipasi aktif dalam kegiatanpembelajaran.
3. Guru dapat mengatur kelas untuk memberikankesempatan belajar yang sama pada
semuapeserta didik dengan kelainan fisik dankemampuan belajar yang berbeda.
4. Guru mencoba mengetahui penyebabpenyimpangan perilaku peserta didik untuk
mencegah agar perilaku tersebut tidakmerugikan peserta didik lainnya.
5. Guru membantu mengembangkan potensi danmengatasi kekurangan peserta didik.
6. Guru memperhatikan peserta didik dengankelemahan fisik tertentu agar dapat
mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didiktersebut tidak
termarginalkan (tersisihkan,diolok-olok, minder, dsb.).
_____________________________________________________________
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
Persentase = (total skor/12) × 100%
Nilai untuk kompetensi 1
1(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
______________________________________________________________