TRISNO MARSA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun
Indikator : 1.1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
1.1.2 Mengulang-ulang membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar
Materi Pembelajaran : Surah Al Lahab dan Al Kafirun (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jil.5 NTR-Esis Bab 1)
Metode Pembelajaran: 1. Siswa berlatih membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3. Siswa berlatih membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
. Memperkenalkan pengantar tentang asbabun nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Beberapa siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dan siswa yang lain mendengarkan
. Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
. Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
. Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
. Siswa diminta menulis Surah Al Lahab dan Al Kafirun di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Alquran (Juz Amma)
2. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis
3. Kaset dan CD Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR Esis hal
5. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar!
2. Carilah contoh bacaan idgam bigunnah, mad jaiz munfasil, dan qalqalah dalam Alquran masing- masing 5 contoh dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun
Indikator : 1.2.1 Mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun
1.2.2 Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan benar
2. Siswa dapat memahami isi pokok dari Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3. Siswa dapat menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun
Materi Pembelajaran : Surah Al Lahab dan Al Kafirun (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jil. 5 NTR-Esis bab 1 hal )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas isi pokok Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3. Siswa berlatih menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah- surah yang telah dihafal siswa
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan(melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siwa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara bersama-sama
. Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per ayat Surah Al Lahab dan Al Kafirun
. Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang isi pokok Surah Al Lahab dan Al Kafirun
. Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada pada halaman
. Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Alquran (Juz Amma)
2. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun beserta artinya di karton atau papan tulis
3. Kaset dan CD Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR Esis hal
5. Buku tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Apa isi pokok kandungan dari Surah Al Lahab dan Al Kafirun?
2. Artikan ayat-ayat di bawah ini :
a. ayat ke-2 Surah Al Lahab
b. ayat ke-3 Surah Al Lahab
c. ayat ke-1 Surah Al Kafirun
3. Hafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
Indikator : 2.1.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT dengan benar
Materi Pembelajaran : Beriman kepada kitab Allah SWT (lihat buku pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 2 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
2. Siswa berlatih menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar penegetahuan siswa tentang nama-nama kitab Allah SWT
. Memberi pendahuluan menggunakan fitur Mutiara Islam tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
. Siswa diperkenalkan tentang materi nama-nama kitab Allah SWT
. Siswa menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok, dan individu
. Siswa menghafal nama-nama kitab Allah SWT
3. Kegiatan Penutup
. Guru mendengarkan siswa mengulang penyebutan nama-nama kitab Allah SWT secara berkelompok
. Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan nama-nama kitab Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR Esis hal
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (juz amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT yang telah kamu pelajari!
2. Sebutkan nama-nama kitab Allah SWT!
3. Buatlah kesimpulan ringkas dari isi pokok tiap-tiap kitab Allah SWT yang telah kamu pelajari !
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar : 2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
Indikator : 2.2.1 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2. Siswa dapat mengetahui usaha para Rasul dalam menyampaikan ajaran dari kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 2 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas tentang usaha para Rasul dalam menyampaikan ajararan dari kitab-kitab Allah SWT
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Meberikan uraian singkat dari materi sebelumnya
. Mengkorelasikan materi sebelumya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan penjelasan uraian guru berkaitan dengan bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menghafal nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
. Siswa mencocokkan nama-nama Rasul dengan kitab-kitab Allah SWT yang diterima mereka
. Siswa mengemukakan pendapat tentang usaha para Rasul dalam menyampaikan ajaran dari kitab-kitab Allah SWT
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar materi yang disampaikan
. Guru membacakan kesimpulan singkat dari materi yang disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan nama-nama kitab Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain nama para Rasul yang menerima kitab-kitab tersebut pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR Esis hal
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (juz amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Sebutkan nama-nama para Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT!
2. Bagaimana usaha para Rasul dalam menyampaikan ajaran dari kitab-kitab Allah SWT?
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir
Indikator : 2.3.1 Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran
2.3.2 Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kitab suci Alquran
2. Siswa dapat menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam
Materi Pembelajaran : Beriman kepada kita-kitab Allah SWT (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 2 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar kitab suci Alquran
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya membahas tentang kedudukan Alquran bagi umat Islam
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Menyampaikan materi sebelumnya dengan ringkas
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
. Meberikan pertanyaan kepada siswa tentang manfaat dari membaca Alquran
. Menyampaikan pengantar tentang bahan ajr yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang materi bahan ajar yang disampaikan
. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian kitab suci Alquran
. Siswa menyebutkan kelebihan kitab suci Alquran dari kitab-kitab suci sebelumnya
. Siswa mengemukakan pendapat tentang kedudukan Alquran bagi umat Islam
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang kedudukan Alquran bagi umat Islam secara berkelompok dan individu
. Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa menyimak dam memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan nama-nama kitab Allah SWT beserta nama para Rasul yang menerimanya
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid 5 Esis hal
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (juz amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan pengertian beriman kitab suci Alquran yang kamu ketahui!
2. Alquran merupakan pedoman umat Islam, apa maksudnya?
3. Tulislah perbedaan antara Alquran dan kitab-kitab suci Alquran sebelumnya dalam sebuah tabel!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : ________________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi : 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar : 3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
Indikator : 3.1.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
2. Siswa dapat menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
Materi Pembelajaran : Kisah Nabi Ayyub AS (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 3 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub
2. Siswa berlatih menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Nabi Ayyub AS
. Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang cobaan yang pernah dialami mereka
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ayyub AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS secara individu dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
. Siswa menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
. Siswa membandingkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS dengan cobaan yang pernah mereka alami
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang materi kisah Nabi Ayyub AS yang telah dipelajari
. Siswa diminta menyimpulkan materi yang telah disampaikan dengan ringkas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ayyub AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid 5 Esis hal
3. Buku-buku kisah Nabi
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset/CD tentang kisah Nabi
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Ceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS menggunakan bahasamu sendiri dengan ringkas!
2. Sebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS!
3. Carilah 5 bentuk cobaan yang dialami para Nabi-nabi lain dan tulislah dalam sebuah tabel (dikiumpulkan pada pertemuan berikutnya)!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar : 3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS
Indikator : 3.2.1 Menceritakan kisah Nabi Musa AS
3.2.2 Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menceritakan kisah Nabi Musa AS
2. Siswa dapat menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Musa AS
Materi Pembelajaran : Kisah Nabi Musa AS (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 3 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah-kisah Nabi Musa AS
2. Siswa berlatih menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Musa AS
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Nabi Musa AS
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Beberapa siswa membaca kisah Nabi Musa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Musa AS secara individu dan menampilkan kemampuannnya di depan kelas
. Siswa menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menyebutkan pertolongan-pertolongan Allah yang mereka dapatkan ketika menemui kesulitan
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Musa AS
. Siswa diminta menyimpulkan materi yang telah disampaikan denga ringkas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Musa AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid 5 Esis hal
3. Buku-buku kisah Nabi
4. Alquran (juz Amma)
5. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Ceritakan kembali kisah Nabi Musa AS menggunakan bahasamu sendiri dengan ringkas dan jelas!
2. Sebutkan mukjizat-mikjizat Nabi Musa AS!
3. Carilah mukjizat-mukjizat yang dimiliki para Nabi lain, dan tulislah dalam buku tugas!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar : 3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS
Indikator : 3.3.1 Menceritakan kisah Nabi Isa AS
3.3.2 Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menceritakan kisah Nabi Isa AS
2. Siswa dapat menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS
Materi Pembelajaran : Kisah Nabi Isa AS (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 3 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kisah Nabi Isa AS
2. Siswa berlatih menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah nabi Isa AS
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Isa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
. Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS scara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menyebutkan mikjizat-mukjizat Nabi Isa As secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah dengan menggunakan bahasa sendiri
. Siswa mendengarkan dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa diminta untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Isa AS
2. Buku kisah-kisah Nabi
3. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR Esis hal 52-68
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Ceritakan kembali kisah Nabi Isa AS menggunakan bahasamu sendiri dengan ringkas!
2. Sebutkan mukjizat-mukjizat yang dimiliki Nabi Isa AS!
3. Tulislah bacaan rukuk beserta artinya!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
Indikator : 4.1.1 Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa mampu menunjukkan ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT
2. Siswa mampu menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT
Materi Pembelajaran : Keteladanan Nabi Ayyub AS (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 4 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketabahan Nabi Ayyub AS
2. Siswa menunjukkan sikap ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT dari kisah yang dipelajari.
3. Siswa meneladani perilaku ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru menyampaikan kisah Nabi Ayyub AS secara singkat
. Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa membacakan kisah Nabi Ayyub AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
. Siswa menyebutkan sikap ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT
. Siswa menyampaikan pendapat tentang sikap mereka ketika menghadapi masalah atau cobaan
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menyampaikan pendapatnya dari kisah Nabi Ayyub AS tentang ketabahan beliau dalam menghadapi cobaan Allah SWT secara berkelompok dan individu
. Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang telah disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ayyub AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis hal
3. Buku-buku kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Berikan pendapatmu tentang sikap ketabahan Nabi Ayyub AS dalam menghadapi cobaan allah SWT !
2. Tuliskan 3 contoh sikap yang harus kita miliki ketika kita menghadapi cobaan dari Allah SWT!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________) ................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS
Indikator : 4.2.1 Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
4.2.2 Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir’aun
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
2. Siswa dapat meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir’aun
Materi Pembelajaran : Keteladanan Nabi Musa As (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 4 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT dan keberanian beliau melawan Raja Fir’aun
2. Siswa menyebutkan sikap keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT dan keberanian beliau tehadap Raja Fir’aun dari kisah yang dipelajari
3. Siswa meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT dan keberanian beliau dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah Nabi Musa AS yang telah dipelajari
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa membacakan kisah Nabi Musa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menyebutkan keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
. Siswa mengemukakan pendapat tentang keberanian Nabi Musa As melawan Raja Fir’aun
. Siswa diminta menyebutkan contoh-contoh sikap keteguhan iman dan keberanian dalam kebenaran melalui pengalaman mereka sehari-hari
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta pendapatnya dari kisah Nabi Musa AS tentang keteguhan iman Nabi Musa As terhadap Allah SWT dan keberanian beliau melawan Raja Fir’aun secara berkelompok dan individu
. Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Musa AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 Ntr-Esis hal
3. Buku kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Berikan pendapatmu tentang sikap keteguhan Nabi Musa AS terhadap Allah SWT!
2. Bagaimana sikapmu ketika diajak untuk melakukan perbuatan yang tidak baik oleh teman?
3. Tuliskan 3 contoh sikap yang mencerminkan sikap berani dalam kebenaran!
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS
Indikator : 4.3.1 Meneladani keteguhan iman Nabi Isa As terhadap Allah SWT
4.3.2 Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat meneladani keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT
2. Siswa dapat meneladani sifat penolong Nabi Isa AS terhadap kaumnya
Materi Pembelajaran : Keteladanan Nabi Isa As (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. NTR-ESIS bab 4 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas sikap keteguhan iman Nabi Isa As terhadap Allah SWT dan sifat penolonganya terhadap kaumnya
2. Siswa menyebutkan sikap keteguhan Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya
3. Siswa meneladani sikap keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah nabi Isa AS yang telah disampaikan
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa membacakan kisah Nabi Isa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa menyebutkan sikap keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya
. Siswa memberikan pendapat tentang sikap keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya
. Siswa memberikan contoh sikap penolong melalui pengalaman mereka sehari-hari
. Siswa menyebutkan manfaat dari memiliki sifat penolong
.
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepengaal kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman, ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Isa AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis hal
3. Buku-buku kisah Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah Nabi
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Ceritakan dengan singkat sikap keteguhan iman Nabi Isa AS dan sifat penolongnya terhadap kaumnya!
2. Manfaat apa saja yang didapat dari sikap penolong?
3. Apa usahamu agar mampu meneladani sikap penolong Nabi Isa AS?
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengumandangkan azan dan iqamah
Kompetensi Dasar : 5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat
Indikator : 5.1.1 Melafalkan azan dan iqamah
5.1.2 Menunujukkan hafal azan dan iqamah
5.1.3 Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan azan dan iqamah
2. Siswa dapat menunjukkan hafal azan dan iqamah
3. Siswa dapat mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat
Materi Pembelajaran : Lafal azan dan iqamah (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 5 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih melafalkan azan dan iqamah
2. Siswa berlatih menghafalkan azan dan iqamah
3. Siswa mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan mereka tentang azan dan iqamah
. Memberi pendahuluan menggunakan fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah tentang bahan ajar yang disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa diperkenalkan lafal azan dan iqamah
. Siswa melafalkan azan dan iqamah secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa mengulang-ulang melafalkan azan dan iqamah
. Siswa menghafal azan dan iqamah secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa diperkenalkan cara menjawab azan dan tatacara azan dan iqamah
. Siswa diperkenalkan doa setelah azan
. Siswa mempraktikkan azan dan iqamah secara berkelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman , ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lafal azan dan jawabannya di karton atau papan tulis
2. Teks doa setelah azan di karton
3. Teks lafal iqamah di karton atau papan tulis
4. Buku Pendidikan agama islam Jilid 5 NTR-Esis halaman
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Lafalkan azan dan iqamah dengan benar!
2. Sebutkan 3 syarat sebelum melakukan azan dan iqamah?
3. Tulislah dengan huruf hijaiah lafal azan :
a. asyhadu allā ilā haillallāh
b. hayya ‘alal falāh
c.allāhu akbar
Mengetahui
Kepala SD ..........................................
(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam
(_______________________)