TRISNO MARSA
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
PEMBUATAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN
SDN 04 SIDOMULYO
TP 2010/2011
PEMERINTAH KABUPATEN TULANG BAWANG
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 04 SIDOMULYO
KECAMATAN PENAWARTAMA
2010
HALAMAN PENGESAHAN
JUDUL : KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
PEMBUATAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN
SD NEGERI 04 SIDOMULYO TP 2010/2011
Koordinator : SUTRISNO, S.Pd.
Anggota 1. IDA FITRIANA, A.Ma.Pd.
2. ENI SUKMARASUCI, A.Ma.Pd.
3. I MADE DANA PUTRA
4. INSAF SETIA, S.Pd.
5. PURNININGSIH
6. AGATHA VERA ANGELA
7. RIRIN QUROTU AINI
Dwimulyo, September 2010
Koordinator,
SUTRISNO, S.Pd.
NIP 19740621 199703 1 003
MENGESAHKAN :
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Tulang Bawang,
Drs. REKSI EDWARD
Pembina Utama Muda
NIP 19551224 198103 1 004
i
HALAMAN PENGESAHAN
JUDUL : KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
PEMBUATAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN
SD NEGERI 04 SIDOMULYO TP 2010/2011
Koordinator : SUTRISNO, S.Pd.
Anggota 1. IDA FITRIANA, A.Ma.Pd.
2. ENI SUKMARASUCI, A.Ma.Pd.
3. I MADE DANA PUTRA
4. INSAF SETIA, S.Pd.
5. PURNININGSIH
6. AGATHA VERA ANGELA
7. RIRIN QUROTU AINI
Dwimulyo, September 2010
Koordinator,
SUTRISNO, S.Pd.
NIP 19740621 199703 1 003
MENGESAHKAN :
Pembimbing I :
Pengawas TK/SD,
SUSALIP, S.Pd.SD.
NIP 19620802 198603 1 009 Pembimbing II:
Pengawas TK/SD,
ISTINAWATI, S.Pd., M.M..
NIP 19691215 199203 2 004
ii
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami seluruh guru SD Negeri 04 Sidomulyo panjatkan kehadirat Allah Yang mahakuasa. Berkat hidayah dan ridho-Nya, seluruh pekerjaan yang memerlukan waktu cukup lama, dengan penuh rintangan akhirnya dapat selesai dan membuahkan hasil yang cukup menggembirakan. Pembuatan Alat Bantu Pembelajaran adalah langkah awal yang cukup memberikan inspiratif untuk menambah berbagai kegiatan lagi dimasa yang akan datang.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semuanya yang telah banyak meluangkan waktu demi pendidikan, khususnya pendidikan anak-anak di SD Negeri 04 Sidomulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang, baik yang secara langsung maupun yang tidak secara langsung.
Jika memang kesempurnaan yang diharapkan, maka kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami tunggu. Sebagaimana sifat manusia yang merupakan tempat kelemahan dan kesalahan, akan sangat berarti sekali walau hanya sedikit jika itu merupakan langkah perbaikan.
iii
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN PENGESAHAN ....................................................................................... i
KATA PENGANTAR ................................................................................................... iii
DAFTAR ISI ................................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL ......................................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG .................................................................... 1
1.2 WAKTU PELAKSANAAN ...........................................................
1
1.3 TUJUAN GURU MENGIKUTI KEGIATAN
PENGEMBANGAN .........................................................................
3
1.4 PENYELENGGARAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN ………………………………………………
4
1.5 STRATEGI PEMECAHAN MASALAH ...................................... 5
BAB II KEGIATAN PENEGEMBANGAN DIRI
PEMBUATAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN
2.1 TUJUAN............................................................................................ 6
2.2 MATERI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN .......................................................................
7
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN .................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................................... 11
v
DAFTAR TABEL
TABEL I : RINCIAN MATERI ...................................................... 8
vi
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Mengartikan pendidikan sebagai usaha sadar dan terncana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi pesera didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa, terhadap masyarakat Indonesia seutuhnya dan seluruhnya. Menurut satu diantara Prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah dengan memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran.
Pada hakikatnya pembelajaran sangat penting dalam menentukan keberhasilan dibidang pendidikan. Pendidikan merupakan pilar pokok kemajuan bagi sebuah bangsa dan negara, karena dengan pendidikan yang berkualitas akan dapat menyiapkan generasi penerus yang madani. Kemajuan teknologi dan perkembangan jaman menuntut kita semua untuk dapat hidup dalam persaingan yang semakin beragam dan semakin sulit. Hal ini kalau tidak ada sebuah generasi yang mempunyai mental baik maka akan cenderung kalah dalam sebuah persaingan.
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan menciptakan suasana yang dapat merangsang siswa untuk lebih banyak melibatkan inderanya sangat penting, hal ini sejalan dengan pendapat Vernon dalam Quantum teaching, prosentase kita belajar adalah sebagai berikut. ( Gordon dan Jeannette, 2000:100)
10% dari apa yang kita baca
20% dari apa yang kita dengar
30% dari apa yang kita lihat
50% dari yang kita lihat dan dengar
70% dari apa yang kita katakan
90% dari yang kita katakan dan lakukan.
Untuk mencapai hal tersebut satu diantara yang dapat dilaksanakan adalah dengan membuat alat bantu pembelajaran agar siswa lebih dapat cepat memahami dan mengerti serta pada akhirnya dapat memperoleh ilmu sesuai dengan diharapkan.
Suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan sangat berpengaruh bagi peserta didik apabila kegiatan pembelajaran tersebut sangat mengutamakan hubungan yang baik antara peserta didik dan guru. Hubungan atau interaksi yang baik akan sangat membantu peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi diri anak. Pengelolaan kelas dan menciptakan situasi belajar yang nyaman dan merangsang peserta didik untuk belajar adalah sebuah keharusan bagi seorang guru. Sementara ini menurut analisis guru telah terjadi paradigma pada diri anak bahwa sebagian besar anak tidak tertarik untuk belajar secara konvensional. Ketidaksenangan ini timbul karena monotonnya sebuah pembelajaran berlangsung dari awal hingga akhir.
Pembelajaran yang bervariasi dengan model alat belajar yang beragam dan selalu ada yang baru merupakan yang harus diprioritaskan oleh guru, agar siswa senantiasa tertarik dan selalu menunggu untuk mengetahui dan mendapatkan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Alat Bantu Pembelajaran sangatlah beragam jenis dan bentuknya serta cara memperolehnya. Pembuatan alat bantu pembelajaran sangat mungkin untuk dilakukan oleh guru karena beberapa alasan; banyak bahan tersedia dilingkungan sekitar; sangat banyak jenisnya; dapat dibuat secara sederhana; dapat meningkatkan kreatifitas guru.
Dari latar belakang tersebut maka perlu digalakkan pembuatan alat bantu pembelajaran oleh guru baik secara sendiri maupun secara kelompok.
1.2 WAKTU PELAKSANAANNYA
Kegiatan Pengembangan Guru melalui Pembuatan Alat Bantu pembelajaran dilaksanakan setiap hari Sabtu sore selama dimulai dari Hari Sabtu pertama Bulan Oktober 2010 sampai dengan Hari Sabtu Bulan Maret 2010.
1. Bulan Oktober 2010
Tanggal 02 Pembahasan Alat Bantu Pembelajaran
Tanggal 09 Menyusun Program Kegiatan Pembuatan Alat Bantu
Pembelajaran
Tanggal 16 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
Tanggal 23 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
Tanggal 30 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Sains
2. Bulan November
Tanggal 06 Membuat Alat Bantu Mata Pelajaran Mata Pelajaran Sains
Tanggal 13 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Sains
Tanggal 20 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS
Tanggal 27 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS
3. Bulan Desember
Tanggal 06 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS
4. Bulan Januari
Tanggal 23 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran
Matematika
Tanggal 30 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran
Matematika
5. Bulan Februari
Tanggal 05 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran
Matematika
Tanggal 12 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa
Lampung
Tanggal 19 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Agama
Tanggal 26 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran KTK
6. Bulan Maret
Tanggal 05 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran
Penjaskes
Tanggal 19 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran PPKn
Tanggal 26 Evaluasi
1.3 TUJUAN GURU MENGIKUTI KEGIATAN PENGEMBANGAN
Tujuan Guru mengikuti kegiatan pengembangan pembuatan alat bantu pembelajaran tersebut:
1. Membantu Mempermudah guru dalam pembelajaran.
2. Meningkatkan kreatifitas guru.
3. Meningkatkan daya tarik siswa.
1.4 PENYELENGGARAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Penyelenggaraan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh SDN 04 Sidomulyo dengan pembiayaan dari dana sekolah. Pengembangan Keprofesian ini diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah.
Tempat pelaksanaannya diadakan kegiatan tersebut di gedung SD Negeri 04 Sidomulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang
BAB 1I
KEGIATAN PENEGEMBANGAN DIRI
PEMBUATAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN
2.1 TUJUAN
Tujuan kegiatan pengembangan pembuatan alat bantu pembelajaran tersebut adalah :
Bagi Sekolah : Dengan memanfaatkan apa saja yang ada dilingkungan sekitar kita dan apa saja yang tersedia dialam sekitar kita maka kita sudah menghemat beberapa biaya termasuk biaya angkut, biaya produksi. Tujuan lain bagi sekolah kita akan menambah sarana bantu pembelajaran yang tentunya akan mempermudah bagi guru untuk mengimplementasikan dalam pembelajaran agar lebih cepat terserap oleh siswa.
Bagi guru tentunya seperti dengan tujuan mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian seperti tersebut di atas selain untuk mempermudah guru dalam mentranfer ilmu kepada siswa yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan kreatifitas bagi guru.
Kegiatan Pengembangan Keprofesian berkelanjutan ini juga mempunyai tujuan yang mengarah kesiswa, yaitu meningkatkan daya tarik dan menciptakan suasana belajar yang lebih konkrit serta dapat merangsang siswa untuk lebih terinspirasi tentang pemberdayaan lingkungan sekitar.
Kegiatan pengembangan ini memberi inspirasi kepada semua guru di SDN 04 Sidomulyo untuk terus berkembang hal ini terlihat dari antusias guru untuk menambah dan meningkatkan pengetahuannya dalam bidang akademik maupun kegiatan yang mendukung kearahnya.
2.2 MATERI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Materi pada kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
Materi pertama tentang pembahasan Alat Bantu Pelajaran
Materi kedua tentang praktik pembuatan alat bantu pembelajaran
Materi ketiga mengevaluasi kegiatan dan hasil kerja.
Rincian pembagian tersebut adalah sebagai berikut:
Tabel 1. Rincian Materi
NO KEGIATAN KETERANGAN
1. Pembahasan Alat Bantu Pembelajaran
2. Menyusun Program Kegiatan Pembuatan Alat Bantu Pembelajaran
3. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 1. Kartu Huruf
2. Gambar kegiatan sehari-hari
3. Kartu Kata
4. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 1. Contoh huruf baku
2. Contoh Formulir
3. Contoh surat resmi
5. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Sains 1. Gambar bagian tubuh
2. Kartu gambar binatang
6. Membuat Alat Bantu Mata Pelajaran Mata Pelajaran Sains 1. Gambar rangka manusia
2. Gambar bagian tumbuhan
7. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Sains 1. Gambar alat pernafasan
2. Membuat raingkaian listrik
8. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS 1. Silsilah keluarga
2. Contoh Dokumen keluarga
9. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS 1. Gambar denah
2. Gambar Mata angin
10. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS 1. Gambar kenampakan alam
2. Membuat atlas peta buta
11. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika 1. Membuat jam-jaman
2. Membuat bangun datar
12. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika 1. Klinometer
2. Jenis-jenis uang
13. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika 1. Gambar diagram
2. Gambar bangun ruang
14. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Lampung 1. Gambar huruf Induk dan anak
2. Lambang Lampung
15. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Agama 1. Daftar surat-surat pendek
16. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran KTK 1. Bagan menggambar perspektif
17. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Penjaskes 1. Tongkat estafet
2. Roket (untuk lempar roket)
18. Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran PPKn 1. Lambang Negara Indonesia
19. Evaluasi
P
ada saa
2.3 KEGIATAN TINDAK LANJUT
Beberapa kegiatan yang akan ditempuh yang pertama adalah mencari metode dan model-model pembelajaran dari berbagai sumber dari kajian pustaka dan ke internet.
Kedua dalam jangka waktu enam bulan kedepan diharapkan semua guru mampu memiliki laptop atau notebook dan mampu mengoperasikannya.
Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ini sangat berdampak baik untuk guru dan murid, hal ini dapat ditunjukkan dengan perkembangan guru dalam mencari sumber dan sarana serta cara mengadakan pembelajaran yang sudah mulai bervariatif, inovatif, dan dengan sumber belajar yang diperoleh dari berbagai sumber.
Di tahun terakhir ini sekolah sudah mulai dengan berbagai kegiatan tambahan yang mendukung kearah pemacuan peningkatan mutu akademik maupun nonakademik. Hal ini terlihat dan tertuang di dalam program pembelajaran di Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Negeri 04 Sidomulyo.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sangat tepat dan perlu untuk terus dilaksanakan di SD Negeri 04 Sidomulyo, karena dengan kegiatan seperti inilah dapat dijadikan pemicu bagi semua kegiatan yang lain yang dapat menunjang kemajuan dibidang akademik dan nonakademik.
Pemilihan materi yang tepat dalam menentukan jenis dan bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sangat penting untuk memprioritaskan mana kegiatan yang lebih banyak berdampak baik dan bermanfaat bagi guru dan murid secara umum.
Sebuah harapan kedepan untuk SD Negeri 04 Sidomulyo agar senantiasa selalu melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan mendapatkan sebuah bimbingan dari ahli dibidang yang akan dikerjakannya dan tentu mendapatkan bantuan baik tenaga maupun dana dari pihak yang terkait untuk membantu memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan tersebut.
JADWAL KEGIATAN
NO TANGGAL KEGIATAN BAHAN KET
1. 02 Oktober 2010 Pembahasan Alat Bantu Pembelajaran Buku Media Pembelajaran
2. 09 Oktober 2010 Menyusun Program Kegiatan Pembuatan Alat Bantu Pembelajaran -
3. 16 Oktober 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
4. 23 Oktober 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
5. 30 Oktober 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
6. 06 November 2010 Membuat Alat Bantu Mata Pelajaran Mata Pelajaran Sains Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
7. 13 November 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Karton dan BC Super, Spidol, Tinta, baterai, bohlam, kabel, papan, paku
8. 20 November 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Karton dan BC Super, Spidol, Tinta, foto, album foto, KTP, KK.
9. 27 November 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
10. 06 Desember 2010 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
11. 23 Januari 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kayu, papan, cat, scorlet, jarum, paku
12. 30 Januari 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Paralon, fiber, lem uhu, benang
13. 05 Februari 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
14. 12 Februari 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Lampung Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
15.
19 Februari 2011
Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Agama Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
16. 26 Februari 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran KTK Karton dan BC Super, Spidol, Tinta
17. 05 Maret 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Penjaskes Kayu, paralon, lem uhu, cat
18. 19 Maret 2011 Membuat Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran PPKn Triplek, cat, amplas,
19. 26 Maret 2011 Evaluasi
Dwimulyo, 02 Oktober 2010
Koordinator Kegiatan,
SUTRISNO, S.Pd.
NIP 19740621 199703 1 003
HASIL