RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri Provinsi Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa indonesia
Kelas :
VIII/1
Materi Pokok : Mengenali struktur
teks cerita fabel
Waktu :
2 jam pelajaran
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1.1 …
KI 2.2 …
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.3 mengklasifikasi
teks cerita fabel baik melalui lisan maupun tulis.
Indikator:
a.
Dapat
menjelaskan ciri-ciri bagian/struktur teks cerita fabel;
b.
Dapat menentukan
bagian/struktur teks cerita fabel;
4.2
Menyusun teks cerita fabel sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik
melalui
lisan maupun tulisan
a.
Dapat menyusun
terks cerita fabel dengan benar.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu mengklasifikasikan teks
cerita fabel baik
melalui lisan maupun tulisan.
2.
Siswa mampu menyusun teks cerita fabel sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik melalui lisan maupun tulisan.
D. MATERI
POKOK
Mengenali struktur teks cerita fabel
Menyusun teks cerita fabel
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pembelajaran penemuan
F. MEDIA, ALAT, SUMBER
1.
Media
Tayangan struktur teks cerita fabel
2.
Alat
Teks cerita “Kupu-Kupu Berhati Mulia”
Teks cerita “Cicak yang Congkak”
3.
Sumber
Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan (10 menit)
1. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Peserta didik membacakan teks cerita “Kupu-Kupu
Berhati Mulia”.
5. Peserta didik bertanya jawab dengan guru mengenai isi
teks cerita “Kupu-Kupu Berhati Mulia”.
Kegiatan
Inti (60 menit)
1.
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok.
3.
Peserta
didik mengidentifikasi
pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan pembelajaran.
5.
Peserta didik memahami
tayangan teks cerita “Cicak yang Congkak”.
6.
Menjelaskan
ciri-ciri bagian/struktur teks cerita “Cicak yang congkak”.
8.
Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya untuk
membandingkan temuan struktur teks cerita “Cicak yang Congkak” dengan struktur
teks cerita “Kupu-Kupu Berhati Mulia”.
10. Peserta didik membacakan hasil diskusi kelompok di
depan kelas.
11. Peserta didik dari kelompok lain menanggapi hasil
diskusi kelompok lain.
12. Peserta didik memperbaiki hasil diskusinya berdasarkan
masukan atau perbaikan dari guru dan peserta didik lain.
13. Peserta didik menyusun teks cerita fabel sesuai dengan
struktur teks yang benar.
14. Peserta didik membacakan teks cerita fabel yang telah
disusunnya.
Penutup (10 menit)
2.
Guru memberikan umpan balik dengan menanyakan
kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran.
H. PENILAIAN
1.
Penilaian sikap
a.
Pengamatan sikap
b.
Lembar
pengamatan
c.
Instrumen
NO.
|
Nama siswa
|
Religi
|
Jujur
|
PD
|
Skor
|
Nilai
|
Konv
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
A Ling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Butet
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Santo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Wayan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Zakia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
Keterangan
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan.
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum konsisten.
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai konsisten.
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam
kegiatan secara terus menerus dan konsisten
|
4
|
Pedoman penskoran
Nilai =
Konversi Nilai = (nilai /
100) x 4
Kategori nilai dapat dinilai
pada tabel konversi nilai sikap (K,C,B,SB)
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik : Tes tertulis
b.
Bentuk : Uraian
c.
Instrumen :
1.
Bacalah teks
cerita “Kupu-Kupu Berhati Mulia”, kemudian kerjakan tugas berikut!
Kupu-Kupu Berhati
Mulia
Dikisahkan pada suatu hariyang cerah ada seekor semut berjalan-jalan
di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang
indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang
berada di taman.
----- dan seterusnya--------
a.
Siapakah tokoh dalam
cerita?
b.
Jelaskanlah masalah yang timbul dalam teks tersebut?
c.
Setujukah kamu bila kita
harus saling menolong walau kepada orang yang jahat sekalipun?
|
2.
Bacalah teks
cerita berikut dengan teliti!
Cicak dan
Nyamuk
(1) Cicak berjalan-jalan di rumah besarnya. Ia sangat bahagia.
(2) Ada seekor nyamuk diam saja. Cicak mau memakannya,tetapi mendadak dia
terjatuh. Anak-anak menusia memainkannya.
(3) Datang sekumpulan nyamuk menyerang anak-anak tersebut. Cicak selamat
(4) Cicak berterima kasih dan meminta maaf kepada nyamuk.
|
3.
Jelaskan
ciri-ciri bagian/struktur cerita tersebut.
4.
Perhatikanlah
bagian-bagian cerita yang bernomor! Klasifikasikanlah teks cerita tersebut
berdasarkan strukturnya.
No.
|
Struktur teks
cerita fabel
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5.
Dengan cara yang
sama,klasifikasikan srtuktur teks cerita “Kupu-Kupu Berhati Mulia”.
Struktur Teks.
|
Isi cerita
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
6.
Susunlah teks
cerita fabel dengan struktur teks yang benar.
PEDOMAN PENSKORAN
Nomor 1
Uraian
|
Skor (mak 3)
|
3 Jawaban
benar
|
3
|
2 Jawaban
benar
|
2
|
1 Jawaban
benar
|
1
|
Salah semua
|
0
|
Nomor 2
Uraian
|
Skor (mak 4)
|
4 Jawaban
benar
|
4
|
3 Jawaban
benar
|
3
|
2 Jawaban
benar
|
2
|
1 Jawaban
benar
|
1
|
Salah semua
|
0
|
Nomor 3
Uraian
|
Skor (mak 4)
|
4 Jawaban benar
|
4
|
3 Jawaban
benar
|
3
|
2 Jawaban
benar
|
2
|
1 Jawaban
benar
|
1
|
Salah semua
|
0
|
Nomor 4
Uraian
|
Skor (mak 4)
|
4 Jawaban
benar
|
4
|
3 Jawaban
benar
|
3
|
2 Jawaban
benar
|
2
|
1 Jawaban
benar
|
1
|
Salah semua
|
0
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Teknik : tes unjuk kerja
b.
Bentuk :
c.
Instrumen :
Susunlah sebuah teks cerita fabel bertema kejujuran
dengan memperhatikan ketepatan struktur teks.
Pedoman penskoran
Uraian
|
Skor (mak 10 )
|
1. Tema
Teks cerita
sesuai dengan tema
Teks cerita
tidak sesuai dengan tema
|
2
1
|
2. Struktur
Ada 4 struktur
teks cerita
Ada 3 struktur
teks cerita
Ada 2 struktur
teks cerita
Ada 1 struktur
teks cerita
|
4
3
2
1
|
3. Ejaan dan tanda baca
Tidak ada yang
salah
1-3 kesalahan
4-7 kesalahan
8-11 kesalahan
Lebih dari 11
|
4
3
2
1
0
|
PEDOMAN PENILAIAN
Nilai =
Konversi nilai =
Banjit, Mei 2014
Guru mata pelajaran,
Sukistiono
NIP 19770412 200212 1 007