TRISNO MARSA
Inti dalam sebuah pendidikan adalah pada proses
pembelajaran, seandainya proses pembelajaran untuk anak-anak dapat berjalan
sesuai dengan ketentuan pembelajaran dan dengan totalitas guru, maka dapat
dipastikan bahwa anak akan mendapatkan ilmu yang maksimal.
Kurikulum 2013 digulirkan, apakah merupakan
sebuah jaminan untuk pendidikan di Indonesia akan lebih baik? Kurikulum yang
baik tanpa di laksanakan dalam hal ini dalam proses pembelajaran yang baik,
maka dapat dipastikan akan nihil hasilnya. Memang secara substansif akan lebih
baik, tetapi sebenarnya proses pembelajaran sekali lagi di Proses Pembelajaran
yang seharusnya didandan secara terus menerus dan menyeluruh.
Supervisi sebagai media untuk pembenahan
pembelajaran, belum dapat berjalan secara maksimal baik oleh pengawas maupun
oleh kepala sekolah. Kurikulum 2013 merupakan hal yang membuat kita berpikir,
kayaknya di Indonesia ini kita sedang dalam masa coba-coba.
Padahal jika kita selalu titik beratkan pada
proses pembelajaran yang dinomor satukan, maka semuanya akan menjadi mapan
dengan sendirinya. Kita akan yakin jika anak kita yang sekolah dasar dimulai
dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 ketemu guru yang selalu totalitas dalam
mengajar dengan proses pembelajaran yang baik dan benar maka dapat dipastikan
anak-anak tidak akan kita cemaskan karena nilai dibawah passinggrad yang telah
ditentukan.
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang kita
tunggu-tunggu, tetapi anehnya kegiatan KKG di Kecamatan Penawartama Kabupaten
Tulang Bawang Provinsi Lampung masih disibukkan dengan pembuatan Silabus dan
RPP dan yang ironis adalah mengapa harus ditulis tangan. Bagaimana jika
tulis tangan tetapi hasil adopsi dengan diketik tetapi hasil pemikiran sendiri?
Kurikulum baru, pola pikir baru, gurupun harus
mulai rajin melakukan pengembangan diri, dengan sumber yang tak terbatas di
jaman ini, guru seharusnya tidak disibukan atau berkutat lagi di seputar RPP
dan RPP lagi, tetapi sudah ke arah penampilan pembelajaran yang berbeda,
hal-hal yang baru dan selalu ada yang baru, sehingga anak didik akan tertarik.
Kurikulum
2013
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
29 NOVEMBER 2012
1
Bahan Uji Publik
SISTEMATIKA KURIKULUM 2013
Pengantar. 1
Strategi Peningkatan Capaian Pendidikan. 2
Rasional Pengembangan Kurikulum. 3
Kerangka Kerja Pengembangan Kurikulum. 4
Elemen Perubahan Kurikulum. 5
Standar Kompetensi Lulusan. 6
Struktur Kurikulum. 7
Contoh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. 8
Contoh Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 9
Faktor Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum. 10
Strategi Implementasi. 11
Kurikulum Pendidikan Tinggi. 12
Jadwal Uji Publik. 13
1945
Perkembangan Kurikulum di Indonesia 1947
1955
Rencana Pelajaran → Dirinci dalam Rencana
Pelajaran Terurai 1964
1965
Rencana Pendidikan Sekolah Dasar 1968
Kurikulum Sekolah Dasar 1973
1975
Kurikulum Proyek Perintis Sekolah
Pembangunan (PPSP) 1975
Kurikulum Sekolah Dasar 1984
1985
Kurikulum 1984 1994
Kurikulum 1994 1995
1997
Revisi Kurikulum 1994 2004
Rintisan
2005
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)2006
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Kurikulum 2013
2015