KECERDASAN BERGANDA
(Prof. Gardner, Pakar Psikologi dari
Universitas Harvard)
Dari buku “The Learning Revolution”
Karya GORDON dan JEANNETTE
1. KECERDASAN BAHASA
1.1 CIRI YANG
MENONJOL:
1.1.1
Sensitif
terhadap pola
1.1.2
Sistematis
1.1.3
Teratur
1.1.4
Mampu
berargumentasi
1.1.5
Suka
mendengarkan
1.1.6
Suka
Membaca
1.1.7
Suka
menulis
1.1.8
Mengeja
dengan mudah
1.1.9
Suka
permainan kata
1.1.10 Memiliki ingatan tajam dengan hal
sepele
1.1.11 Suka berdebat.
1.2 CARA MUDAH DALAM BELAJAR:
1.2.1
Bercerita
1.2.2
Bermain
ingatan tentang nama dan tempat
1.2.3
Baca
cerita dan lelucon
1.2.4
Tulis
cerita dan lelucon
1.2.5
Permainan
Kosa kata
1.2.6
Gunakan
tulisan jurnal, bulletin
1.2.7
Wawancara
1.2.8
Kerjakan
Teka-teki dan permainan mengeja
1.2.9
Padukan
menulisa dan membaca dengan bidang lain
1.2.10 Buat, edit, dan awasi majalah kelas
1.2.11 Debat
1.2.12 Diskusi
1.2.13 Gunakan pengolah kata untuk mengenal
computer.
2. KECERDASAN MATEMATIS (LOGIKA)
2.1 CIRI-CIRI YANG MENONJOL
2.1.1
Suka berpikir abstrak
2.1.2
Suka
pada ketepatan
2.1.3
Suka
keadaan teratur
2.1.4
Menggunakan
struktur logis
2.1.5
Sangat
suka computer
2.1.6
Sangat
suka memecahkan masalah
2.1.7
Sangat
suka berekperimen dengan cara logis
2.1.8
Suka
mencatat secara teratur
2.2 CARA MUDAH DALAM BELAJAR
2.2.1
Rangsang
dengan pemecahan masalah
2.2.2
Lakukan
permainan berhitung dengan computer
2.2.3
Analisis
dan tafsirkan data
2.2.4
Gunakan
logika
2.2.5
Dorong
kekuatan diri
2.2.6
Beri
eksperimen praktis
2.2.7
Gunakan
prediksi
2.2.8
Paadukan
organisasi dan matematika dengan pelajaran lain
2.2.9
Miliki
tempat untuk menghimpun semua hal
2.2.10 Biarkan segala sesuatu diselesaikan
secara bertahap
2.2.11 Gunakan berpikir deduktif
2.2.12 Gunakan computer untuk llembar kerja
dan perhitungan.
3. KECERDASAN VISUAL
3.1 CIRI-CIRI YANG MENONJOL
3.1.1
Berpikir
dengan gambar
3.1.2
Mengasilkan
citra mental
3.1.3
Menggunakan
metafora
3.1.4
Memiliki
indera konfiguratif
3.1.5
Suka
seni, gambar, pahat,
3.1.6
Mudah
membaca peta, diagram, dan grafik
3.1.7
Mengingat
berdasarkan gambar
3.1.8
Memiliki
indera warna yang hebat
3.1.9
Menggunakan
semua inderanya untuk membayangkan
3.2 CARA MUDAH DALAM BELAJAR
3.2.1
Funakan
gambar untuk belajar
3.2.2
Buat
coretan dan simbul
3.2.3
Gambar
diagram dan peta
3.2.4
Padukan
seni dengan pelajaran lain
3.2.5
Gunakan
pemetaan pemikiran
3.2.6
Lakukan
visualisasi
3.2.7
Tonton
video atau buat video sendiri
3.2.8
Gunakan
gambar perangsang di diinding dan buat poster
3.2.9
Gunakan
mimic
3.2.10 Berpindah ruangan untuk mendapatkan
perspektif yang berbeda
3.2.11 Gunakakn organisator tingkat lanjut
atau grafik pepnetapan sasaran
3.2.12 Buat pengelompokan
3.2.13 Tandai dengan warna
3.2.14 Gunakan Grafik komputer
4. KECERDASAN MUSIKAL
4.1 CIRI-CIRI YANG MENONJOL
4.1.1
Senstif
terhadap nda, ritme, dan warna nada
4.1.2
Sensitif
terhadap kekuatan-emosi music
4.1.3
Sensitif
terhadap susunan music yang rumit
4.1.4
Bisa
jadi amat spiritual
4.2 CARA MUDAH DALAM BELAJAR
4.2.1
Bermain
alat music
4.2.2
Belajar
lewat lagu
4.2.3
Gunakan
konser aktif dan pasif untuk belajar
4.2.4
Bergabung
dengan koor dan paduan suara
4.2.5
Belajar
diiringi music barok
4.2.6
Bekerja
dengan music
4.2.7
Menulis
music
4.2.8
Padukan
music dengan yang lain
4.2.9
Ubah
suasana hati dengan music
4.2.10 Gunakan music untuk bersantai
4.2.11 Buatlah gambar dengan music
4.2.12 Mengarang music
5. KECERDASAN KINESTETIS
5.1 CIRI-CIRI YANG MENONJOL
5.1.1
Memilki
daya control tubuh yang luar biasa
5.1.2
Memiliki
daya control terhadap objek
5.1.3
Timiing
yang bagus
5.1.4
Respon
yang terlatih
5.1.5
Reflek
yang terlatih
5.1.6
Belajar
yang efektif dengan bergerak
5.1.7
Suka
melakukan olah raga dengan fisik
5.1.8
Suka
menyentuh
5.1.9
Mahir
dalam kerajinan tangan
5.1.10 Suka bermain
5.1.11 Suka menggunakan manipulasi
5.1.12 Belajar dengan melibatkan diri
5.1.13 Mudah mengingat dengan apa yang
dilakukan daripada apa yang dikatakan
5.1.14 Amat responsive terhadap lingkungan fisik
5.1.15 Bermain-main dengan objek sambil
mendengarkan
5.1.16 Resah jika tak melakukan apa-apa
5.1.17 Berpikir mekanik
BERSAMBUNG...