TRISNO MARSA
Permainan yang berisi pembelajaran, adalah sejumlah murid dengan pakaian seragam merah putih. Hari itu pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan tema mengenal wilayah Indoonesia. Kami secara bersama melihat peta yang ada di dinding ruang kelas, saya mulai dengan pengenalan dunia kemudian benua terus kemudian secara spesifik wilayah Indonesia. Saya memberikan penjelasan tentang nama, kemudian pulau-pulau besar yang ada di Indonesia dan beberapa hal penting lainya yang tak lupa arah mata angin.
Setelah sepertiga waktu telah berlalu, maka kini giliran anak-anak yang saya bawa ke halaman sekolah. Saya menggambar lima pulau besar yang ada di Indonesia seukuran penuh halaman sekolah. Akhirnya anak-anak dikumpulkan menjadi lima kelompok. Masing-masing kelompok berada di pulau masing-masing. (Papua, Sulawesi, Sumatera, Jawa, Kalimantan)
Setiap kelompok yang merupakan penduduk pribumi pulau tersebut menyususun daftar. Daftar tersebut merupakan nama-nama pulau dengan jumlah 10 nama pulau, daftar yang akan digunakan untuk berkelana ini diawali bebas pilihan kelompok masing-masing tetapi harus diakhiri oleh nama pulau tempat kelompok tersebut berangkat.
Permainan dapat dimulai dengan cara meniup peluit, peluit pertama setiap kelompok harus berpindah ke pulau pertama dalam daftar pulau yang telah dibuatnya. Setelah itu ditanya setiap kelompoknya betulkah kelompok itu singgah pada pulau yang sesuai dengan daftar. Peluit kedua dibunyikan semua kelompok bergerak serentak menuju pulau kedua dalam daftar, kemudian dicek lagi. Begitu seterusnya.
Penentuan pemenang adalah jika dalam sepuluh daftar tersebut kelompok itu tepat berlabuh di pulau-pulau sesuai dengan daftar yang telah dibbuatnya.
Sepertiga waktu, anak-anak dibawa kekelas lagi, terakhir yang merupakan tugas dengan pendalaman tentang pulau-pulau besar di Indonesia.
Permainan ini dapat lebih seru lagi dengan penambahan perlengkapan-perlengkapan misalnya gambar-gambar rumah adat, candi, binatang, suku, yang ada diwilayah pulau itu. Mudah bukan semoga dapat bermanfaat.