PROGRAM SEMESTER I
KELOMPOK B
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
No Lingkup Perkembangan Indikator Tema
Diri Sendiri Lingkungan Kebutuhan Binatang Tanaman
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17
I Nilai-nilai Agama dan Moral Menyayikan lagu kebangsaan v v
Mengucapkan syair sederhana
Menyebutkan caiptaan-ciptaan tuhan
Menyebutkan macam-macam agama
Menyebutkan kitab-kitab suci
Menyebutkan tempat-tempat ibadah
Menyebutkan hari-hari besar keagamaan
Terlibat dalam acara keagamaan
Menghormati orang (teman) yang sedang melaksanakan ibadah
Menghormati perayaan hari besar agama lain
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
Melaksanakan praktek wudhu
Melaksanakan praktek sholat
Mengucapkan suratan pendek
Menyebutkan huruf hijaiyah
Mengucapkan kalimat toyibah
Berbicara sopan kepada sesama teman maupun rang dewasa
Menghormati orang tua, guru dan orang yang lebih dewasa
Suka menolong
Bersikap jujur
Menyebut mana yang benar dan mana yang salah
Membedakan perbutan yang benar atau yang salah
Memelihara kebersihan lingkungan
Berprilaku hidup hemat
FISIK
A. Motorik Kasar Berjalan maju, mundur, pada garis lurus
Berjalan diatas papan titian
Berjalan dengan berjinjit
Meloncat dari ketinggian 30-50 cm
Berdiri dengan berjinjit menggunakan satu kaki
Memanjat, bergantung dan berayun
Berlari sambil melompat dengan seimbang
Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
Naik sepeda, otoped, egrang dll
Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan, kaki, sesuai irama musik
Bergerak bebas sesuai dengan irama musuik
Menari menurut irama musik
Senam fantasi meniru (gerakan hewan/teman)
Bermain dengan simpai
Bermain dengan permainan modern dan tradisional
Memantulkan bola besar/kecil (berdiam ditempat)
Melambungkan dan menangkap bola sambil bergerak/berjalan
Mengurus diri sendiri (makan, minum, memakai baju, sandal, sepatu dll)
Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan (mandi, gosok gigi dll)
Membuang sampah pada tempatnya
B. Motorik Halus Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, bahan alam, arang dll) dengan rapi √
Menggambar bebas dari bentuk dasar titik garis, lingkaran, segi tiga dan segi empat
Menggambar orang dengan lengkap dan proporsional
Meniru membuat garis tegak, datar, melengkung dan lingkaran
Membuat bentuk geometri dengan rapi
Meniru melipat kertas sederhana (5-8 lipatan)
Menjiplak berbagai bentuk
Mencocok bentuk
Menganyam dengan berbagai media (daun, kain perca, sedotan dll)
Menciptakan berbagai bentuk dengan plastisin, tanah liat, pasir dll
Beramain warna dengan berbagai media (cat air, pensil warna dll)
Menciptakan bunyi menggunakan berbagai alat hingga menjadi irama
Membatik dengan jumputan
Mencetak dengan berbagai media
Meronce pola
Membut berbagai bentuk dari daun, kertas, kardus dll
Menciptakan bentuk dari kepingan geometri
Membuat berbagai bentuk dengan tehnik melipat, menggunting dan menempel
Menggunakan berbagai macam alat tulis dengan benar
Menggunting dengan berbagai media sesuai pola yang di buat oleh guru/sendiri
Membuat gambar dengan tehnik mozaik menggunakan berbagai bahan/bentuk (segi empat, segi tiga lingkaran dll)
Membuat gambar dengan tehnik kloase dari berbagai media (kertas, kain perca dll)
Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan, pelepah pisang dll)
C. Kesehatan Fisik Mengukur berat badan
Makan dengan gizi seimbang (empat sehat lima sempurna)
Mengukur tinggi badan
Pemeriksaan UKS dan mengukur lingkaran kepala
Menyebut tinggi badan dan berat badan sesuai ukuran
II
KOGNITIF
A. Pengetahuan umum dan sains Mengelompokan benda dengan fungsinya (perlatan mandi, makan dll)
Memasangkan benda sesuai dengan fungsinya
Menunjuk benda sebanyak-banyaknya sesuai dengan fungsinya
Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi bila air di tumpahkan, warna yang dicampur, air dengan api, air dengan kertas, balon yang ditiup dll
Membuat dan mengurutkan kegiatan yang akan dilakukan
Menyusun jadwal kegiatan
Mengungkapkan sebab akibat tanah longsor, banjir, gunung meletus, kebakaran, polusi dll
Mengungkapkan awal mula terjadinya sesuatu
Mengajak teman bermain peran
Berinisiatif dalam memilih permainan
Mengekspresikan gerak sesuai dengan cerita
Mengerjakan “mase” (mencari jejak) yang lebih komplek (3-5) jalan
Menyusun kepingan puzel menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 keping)
Menyebutkan keganjalan suatu gambar
B. Konsep bentuk warna, ukuran dan pola Mengenal, menyebutkan perpedaan panjang, pendek, berat, ringan, jauh, dekat, besar, kecil, tebal-tipis, tinggi-rendah dll
Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama lebih banyak dan lebih sedikit
Membeddakan berat benda dengan timbangan (buatan/sebenarnya)
Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, meteran dll
Mengisi dan menyebutkan isi wadah (satu gelas, satu botol, dll dengan air/pasir)
Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, /tanaman yang mempunyai warna, bentuk dan ukuran yang berbeda
Mengelompokan warna, bentuk benda dan ukuran menurut ciri tertentu
Mengelompokan warna benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran
Memasangkan benda sesuai dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertntu
Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi
Menyebut, menunjuk benda di sekitar yang sejenis lebih dari 2 variasi
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan (ABCD)
Meniru pola menggunakan berbagai bentuk benda
Mengurutkan benda dari yang paling kecil sampai ke yang paling besar
C. Konsep bilangan, lambang bilangan, dan huruf Menyebutkan lambang bilangan 1-20
Menyebutkan urutan bilangan 1-20
Menghubungkan bilangan dengan dengan lambang bilangan 1-20
Menyebutkan hasil penambahan 1-10
Mengenal dan menyebut berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Meniru lambang , huruf vocal dan konsonan
III BAHASA
A. Menerima Bahasa Melaksanakan 3-6 perintah secara berurutan
Menirukan kembali 4-5 urutan kata
Menirukan kalimat sederhana
Megulang kembali kalimat yang sudah didengar
Mentaati peraturan dalam permainan
B. Mengungkapkan Bahasa Menjawab pertanyaan dengan jawaban yang tepat
Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sedeerhana
Membaca buku cerita bergambar sederhana dan menceritakannya kembali
Menyusun kalimat sederhana dalam struktur kalimat lengkap (pokok kalimat, predikat dan keterangan)
Bercerita tentang pengalaman/kejadiyan secara sederhana dengan urut
Bercerita tentang gambar yang disediakan / dibuat sendiri
Mendengarkan dan menceritakan kembali isi cerita secara urut
Melengkapi cerita yang belum selesai
C. Keaksaraan Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
Mengenal benda di sekitarnya melalui huruf awal
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama
Membaca nama sendiri (panggilan)
Menuliskan nama sendiri dengan lengkap
IV Sosial Emosional Mengajak teman untuk bermain dan belajar
Senang bermain dengan teman
Senang menolong
Suka berbagi dengan teman
Tenggang rasa
Mau menunggu giliran (antri)
Menunjukan emosi yang wajar saat senang, sedih dll
Berbahasa sopan dan bermuka manis
Bertingkah laku sopan dan santun
Selalu mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu
Berbicara dengan suara yang ramah
Kesekolah tepat waktu
Mentaati peraturan yang ada
Menyelesaikan tugas sendiri sampai selesai
Menunjukan kebanggaan terhadap hasil karya sendiri
Menghargai keunggulan orang lain
Menunjukan rasa empati terhadap teman
Bandar Lampung, …………
Hj.MARDIAH, S,Pd, M.Pd
NIP. 19611210 198603 2 006