KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PUSAT KURIKULUM
TAHUN 2010
LEMBAR PENGAMATAN SEKOLAH
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Data / informasi untuk mengetahui ketercapaian indikator sekolah / kelas didapat melalui pengamatan sacara langsung terhadap keadaan fisik dan lingkungan sekolah, wawancara terhadap warga sekolah, menelaah dokumen KTSP, dsb.
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
1. Religius Sikap da prilaku yang penuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain Merayakan hari-hari besar keagamaan
Memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah
Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah Bedo’a sebelum dan sesudah pelajaran
Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah
2. Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapt dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan Meyediakan fasilitas tempat pertemuan barang hilang
Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala
Menyediakan kantin kejujuran
Menyedikan kotak saran dan pengaduan
Larangan membawa pada saat ulanagn atau ujian Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang
Tempat pengumuman barang temuan atau hilang
Tranparasi laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala
Larangan menyontek
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
3. Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda diri dirinya Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas
Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedaka suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi
Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus
Berkerja dalam kelompok yang berbeda
4. Disiplin Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan Memiliki catatan kehadiran
Memberikan penghargaan kepada warga sekolah oioyang disiplin
Memilii tata tertib sekolah
Membisakan warga sekolah untuk berdisiplin
Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah
Menyediakan peralatan praktik sesuai program studi keahlian (SMK) Membiasakan hadir tapat waktu
Membiasakan mematuhi aturan
Mengunakan pakaian praktik sesuai dengan program studi keahliannya (SMK)
Penyimpanagn dan pengeluaran alat dan bahan (sesuai program studi keahlian) (SMK)
5. Kerja keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sunguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaika tugas dengan sebaik-baiknya Menciptakan suasana kompetisi yang sehat
Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk berkerja keras
Memiliki pajang tentang slogan atau motto tentang kerja Menciptakan suasana kompetisi yang sehat
Menciptakan kondisi etos kerj, pantang menyerah, dan daya tahan belajar
Menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja
Memiliki panjang tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
6. Kratif Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki Menciptakan situasi yang menimbulkan daya pikir dan bertindak kreatif Menciptakan situasi belajar yang bisa menumnuhkan daya pikir dan bertindak kreatif
Pemberian tugas yang menantang munculnya karya - karya baru baik yang autentik maupaun modifikasi
7. Mandiri Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri
8. Demokratis Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai dirinya dan orang lain Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan
Menciptakan suasana sekolah yang mnerima perbedaan
Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat
Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka
seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat
Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
9. Rasa Ingin
Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar Menyediakan media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah
Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, tehnologi, dan budaya Menciptakan suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu
Eksplorasi lingkungan secara terprogram
Tersedia media komunikasi (media cetak atau media eletronik)
10. Semangat
Kebangsaan Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya Melakukan upacara rutin sekolah
Melakukan upacara hari-hari besar nasional
Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional
Memiliki program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah
Mengikuti lomba pada hari besar nasional Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status, sosial - ekonomi
Mendiskusikan hari-hari besar nasional
11. Cinta Tanah
Air Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa Menggunakan produk buatan dalam negeri
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Menyedikan informasi (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia Memajangkan : foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia
Menggunakan produk buatan dalam negeri
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
12. Menghargai
Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang alain Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah
Memajang tanda-tanda penghargaan pretasi Memberkan penghargaan atas hasil karya peserta didik
Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi
Menciptakan suasana pembelajaranuntuk memotivasi peserta didik berprestasi
13. Bersahabat/
Komunikatif Bersahabat yang memperhatikan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah
Berkomunikasi dengan bahasa yang santun
Saling menghargai dan menjaga kehormatan
Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik
Pembelajaran yang dialogis
Guru mendengarka keluhan-keluhan peserta didik
Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik
14. Cinta damai Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya Menciptakan suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tentram, dan harmonis
Membiasakan prilaku warga sekolah yang anti kekerasan
Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender
Prilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang Menciptaka suasana kelas yang damai
Membiaskan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan
Pembelajaran yang tidak bias gender
Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
15. Gemar
Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya Program wajib baca
Frekuensi kunjungan perpustakaan
Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca Daftar buku atau tulisan yang dibacakan peserta didik
Frekuensi kunjungan perpustakaan
Saling tukar bacaan
Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi
16. Peduli
Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah
Tersedia tempat pembungan sampah dan tempat cuci tangan
Menyediakan kamar mandi dan air bersih
Pembiasaan hemat energy
Membuat biopori di area sekolah
Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik
Melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik
Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik
Penanganan limbah hasil praktik (SMK)
Menyediakan peralatan kebersihan
Membuat tabdon penyimpanan air
Memrogramkan cinta bersih lingkungan Memelihara lingkungan kelas
Tersedia tempat pembangan sampah di dalam kelas
Pembiasaan hemat energy
Memasang stiker perintah mematikan lampu ruangan dan menutup kran aor pada setiap ruangan apabila selesai digunakan (SMK)
17. Peduli
Social Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial
Melakukan akal sosial
Menyediakan fasilitas untuk menyumbang Berempati kepada sesama teman kelas
Melakukan aksi sosial
Membangun kerukunan warga kelas
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS CATATAAN HASIL PENGAMATAN
18. Tanggung
Jawab Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban,yang seharusnya dia lakuka, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis
Melakukan tugas tanpa disuruh
Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam ruang lingkup terdekat
Menghindari kecurangan dalam pelaksanakan tugas Pelaksanaan tugas piket teratur
Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah
Mengajukan usulan pemecahan maslah
Nama Sekolah :...............................................................................................Alamat .......................................................................................................
Kabupaten :...............................................................................................Propinsi......................................................................................................
SIMPULAN