MODEL
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
PEMBELAJARAN
TEMATIK 2A
untuk Kelas II SD Semester 1
Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
PT TIGA SERANGKAIPUSTAKA MANDIRI
SOLO
Kata Pengantar
Rasa syukur yang sedalam-dalamnya penulis panjatkan ke hadirat Tuhan
Yang Maha Esa. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulis
dapat menyelesaikan Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) untuk mata pelajaran Tematik SD ini dengan sebaik-baiknya. Model
Silabus dan RPP merupakan komponen dalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP), yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing tingkat
satuan pendidikan.
Model Silabus dan RPP ini disusun sebagai pelengkap buku Pembelajaran
Tematik SD. Penyusunan model ini dimaksudkan untuk membantu para guru
sebagai pelaksana pembelajaran di kelas dalam menyampaikan materi kepada anak
didiknya. Namun, model yang kami susun ini sifatnya hanya sebagai alternatif
sehingga para guru dapat menyesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa model ini belumlah sempurna. Oleh karena
itu, demi perbaikan pada edisi berikutnya, penulis mengharapkan kritik dan saran
dari para pembaca yang sifatnya membangun.
Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT
Tiga Serangkai Pustaka Mandiri beserta staf dan karyawannya sehingga model ini
dapat diterbitkan dan dimanfaatkan oleh guru sebagai panduan dalam pembelajaran.
Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Solo, Januari 2008
Penulis
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: KASIH SAYANG
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS
WAKTU
SARANA DAN
SUMBER
PENILAIAN
1 2 3 4 5 6
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya hidup
rukun dan bergotong-royong
dalam kehidupan di lingkungan
• Membiasakan hidup rukun, berbagi dan bergotongroyong
• Mengenal lingkungan ala, seperti dunia tumbuhan
dan hewan
• Menyebutkan perbuatan yang baik dan tidak baik
• Menyebutkan bentuk kasih sayang kepada sesame
• Menyebutkan cara-cara merawat tanaman
IPS
Menceritakan hal-hal penting
yang berhubungan dengan
suatu peristiwa
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Menyebutkan perbedaan motif kain
MATEMATIKA
Membandingkan dan
mengurutkan bilangan
• Membandingkan bilangan sampai 500
• Mengurutkan bilangan sampai 500
• Menghitung jumlah balok
• Melengkapi susunan balok
• Membandingkan jumlah balok
• Membandingkan jumlah benda untuk menyatakan lebih sedikit atau lebih
banyak
IPA
Mengidentifikasi bagian tubuh
binatang dan hewan
• Mengenal bagian-bagian utama tubuh binatang
dan tumbuhan
• Menyebutkan nama-nama binatang
• Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang
• Menirukan suara binatang
• Menyebutkan macam-macam tumbuhan beserta bagiannya
BI
Mendengarkan:
Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan
puisi denganekspresi yang
tepat.
Membaca: Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan
memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik.
• Menyebutkan isi teks pendek
• Membaca lancar teks pendek
• Melengkapi teks pendek dengan kata
• Mendeklamasikan puisi
• Membaca bacaan dengan suara nyaring.
• Menjawab pertanyaan dari bacaan
• Menyalin kalimat dengan huruf sambung
• Mendeklamasikan puisi
ORJASKES
Mempraktikkan gerakan dasar
tubuh dalam permainan
• Mempraktikkan dalam permainan yang
menyenangkan gerak dasar jalan, lari, lompat
• Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun,
menekuk lutut dalam permainan sederhana
• Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap,
• Menyebutkan nama-nama permainan yang menggunakan gerakan bagian tubuh
• Menjawab pertanyaan dari bacaan
3 minggu Standar Isi 2006 SD Mata
Pelajaran Agama, PKn,
IPS, Bhs Indonesia,
Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan
Orjaskes.
Bahan Ajar/Buku siswa
Pembela jaran Tematik
Kelas IIA.
Buku bahan Ajar lain
yang relevan untuk Mapel
Agama, PKn, IPS, Bhs
Indonesia, Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan Penjas.
Lingkungan sekitar
(Rumah, RT/RW, Desa
Sekolah)
Kerangka Dasar
Kurikulum Standar Isi
2006 untuk TK, SD/MI.
Penilaian Obyektif.
Penilaian Subeyktif.
Penilaian Lisan.
Penilaian Unjuk Kerja.
Penilaian Produk.
Penilaian Portofolio.
Penilaian Tingkah laku.
Mengamati dan mencatat kesiapan
siswa dalam mengikuti pelajaran
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan
Mengamati aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan guru
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam
bercerita.
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menceritakan isi
teks/bacaan
menangkap, menendang dan menggiring bola
dalam permainan sederhana
SENI-BUDAYA &
KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
• Mengenal unsur rupa karya seni rupa
• Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
• Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan
dengan membedakan antara anda dengan irama
• Membuat kombinasi warna
• Menyanyi lagu pelangi
• Membuat rangkaian bunga
• Membuat lukisan benda alam dan motif
• Membuat kartu ucapan
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: KEGIATANKU
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS
WAKTU
SARANA DAN
SUMBER
PENILAIAN
1 2 3 4 5 6
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya hidup
rukun dan bergotong-royong
dalam kehidupan di lingkungan
• Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
• Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan
tolong-menolong
• Menyebutkan perbuatan yang baik dan tidak baik
• Menyebutkan bentuk kasih sayang kepada sesama
• Menyebutkan cara-cara merawat tanaman
IPS
Menceritakan hal-hal penting
yang berhubungan dengan
suatu peristiwa
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
• Membaca teks perayaan hari kemerdekaan
• Memjawab pertanyaan teks
MATEMATIKA
Menentukan nilai bilangan
• Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan
satuan
• Menghitung jumlah biji
• Melengkapi bilangan
• Membuat permainan tebak-tebakan jumlah biji pada tangan
• Membandingkan jumlah benda untuk menyatakan lebih sedikit atau lebih
banyak
IPA
Mengidentifikasi pertumbuhan
hewan dan tumbuhan
• Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan
(dari biji menjadi tanaman)
• Memperhatikan pertumbuhan pohon kacang
• Menulis hasil pengamatan pertumbuhan tumbuhan
BI
Mendengarkan:
Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang
tepat.
Membaca: Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan
memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik.
• Menyebutkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat
• Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat
• Menulis kalimat sederhana yang didiktekan
• Menceritakan kegiatan sehari-hari
• Mendeskripsikan isi puisi
• Membaca bacaan dengan suara nyaring.
• Menjawab pertanyaan dari bacaan
• Memperagakan suatu percakapan
• Mengurutkan gambar
• Melengkapi kalimat dengan kata yang ada
ORJASKES
Mempraktikkan senam
ketangkasan sederhana
• Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana
tanpa menggunakan alat
• Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana
dengan menggunakan alat
• Menirukan gerakan senam
• Memperagakan senam secara berkelompok dengan iringan musik
3 minggu Standar Isi 2006 SD Mata
Pelajaran Agama, PKn,
IPS, Bhs Indonesia,
Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan
Orjaskes.
Bahan Ajar/Buku siswa
Pembela jaran Tematik
Kelas IIA.
Buku bahan Ajar lain
yang relevan untuk Mapel
Agama, PKn, IPS, Bhs
Indonesia, Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan Penjas.
Lingkungan sekitar
(Rumah, RT/RW, Desa
Sekolah)
Kerangka Dasar
Kurikulum Standar Isi
2006 untuk TK, SD/MI.
Penilaian Obyektif.
Penilaian Subeyktif.
Penilaian Lisan.
Penilaian Unjuk Kerja.
Penilaian Produk.
Penilaian Portofolio.
Penilaian Tingkah laku.
Mengamati dan mencatat kesiapan
siswa dalam mengikuti pelajaran
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan
Mengamati aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan guru
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam
bercerita.
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menceritakan isi
teks/bacaan
SENI-BUDAYA &
KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui
gambar ekspresif.
• Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
• Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber
bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik
• Memeragakan dinamik sederhana
• Mengekspresikan diri melalui alat musik/ sumber
bunyi sederhana
• Melengkapi gambar dan mewarnainya
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: ALAM SEKITARKU
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS
WAKTU
SARANA DAN
SUMBER
PENILAIAN
1 2 3 4 5 6
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya
lingkungan alam seperti dunia
tumbuhan dan dunia hewan.
Melaksanakan pemeliharaan
lingkungan alam.
• Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi
dan tolong-menolong serta melaksanakannya
• Mengenal pentingnya lingkungan alam serta
melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
(hewan dan tumbuhan)
• Mengamati gambar orang yang bersikap menjaga lingkungan.
• Bertanya jawab tentang makna gambar.
• Berdiskusi tentang sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
• Menjelaskan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
• Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
• Menceritakan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
IPS
Menceritakan hal-hal penting
yang berhubungan dengan
lingkungan.
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
• Mengamati gambar atau foto keluarga
• Berdiskusi tentang sikap dan perilaku dalam keluarga
• Menyebutkan benda-benda yang memiliki sejarah atau kenangan
• Menyebutkan cara menyimpan benda-benda yang memiliki sejarah atau
kenangan
MATEMATIKA
Menghitung penjumlahan dan
pengurangan
• Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan
• Menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun panjang
• Menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun pendek
• Melengkapi urutan bilangan
3 minggu Standar Isi 2006 SD Mata
Pelajaran Agama, PKn,
IPS, Bhs Indonesia,
Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan
Orjaskes.
Bahan Ajar/Buku siswa
Pembela jaran Tematik
Kelas IIA.
Buku bahan Ajar lain
yang relevan untuk Mapel
Agama, PKn, IPS, Bhs
Indonesia, Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan Penjas.
Lingkungan sekitar
(Rumah, RT/RW, Desa
Sekolah)
Kerangka Dasar
Kurikulum Standar Isi
2006 untuk TK, SD/MI.
Penilaian Obyektif.
Penilaian Subeyktif.
Penilaian Lisan.
Penilaian Unjuk Kerja.
Penilaian Produk.
Penilaian Portofolio.
Penilaian Tingkah laku.
Mengamati dan mencatat kesiapan
siswa dalam mengikuti pelajaran
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan
Mengamati aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan guru
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam
bercerita.
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menceritakan isi
teks/bacaan
IPA
Mengidentifikasi tempat hidup
makhluk hidup.
• Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk
hidup
• Mengidentifikasi makhluk hidup yang
menguntungkan dan membahayakan
• Menggunakan kosakata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup
dan fenomena alam.
• Mengungkapkan gagasan secara lisan
• Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
• Bekerjasama dengan teman.
• Memberi tanggapan secara santun.
BI
Mendengarkan:
Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan
puisi denganekspresi yang
tepat.
Membaca: Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan
memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik.
• Menyebutkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat
• Melengkapi teks pendek atau cerita sederhana
• Menjelaskan isi puisi
• Menjawab pertanyaan tentang wacana hewan peliharaan.
• Menjelaskan isi wacana tentang hewan peliharaan.
• Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata
yang tepat.
• Menanyakan atau menanggapi pengalaman teman sekelas.
• Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
• Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan).
• Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung
secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar
jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan
yang menyenangkan dan nilai
kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab,
menghargai lawan dan
menghargai diri sendiri.
• Mempraktikkan satu bentuk latihan untuk
meningkatkan kekuatan otot
• Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk melatih
keseimbangan
• Membiasakan bergerak dengan benar
• Menirukan gerakan prajurit
• Menyebutkan gerakan untuk latihan keseimbangan
SENI-BUDAYA &
KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui
alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan
lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
• Memeragakan dinamik sederhana
• Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber
bunyi sederhana
• Menyanyi lagu wajib dan lagu anak dengan atau
tanpa iringan sederhana
• Mementaskan permainan musik dengan alat musik
sederhana di depan penonton
• Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
• Menyebutkan nama alat musik.
• Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
• Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
• Membuat lukisan dengan kertas karton
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: PERISTIWA
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS
WAKTU
SARANA DAN
SUMBER
PENILAIAN
1 2 3 4 5 6
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya hidup
rukun dan tolong-menolong
dalam kehidupan di lingkungan
• Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi
dan tolong-menolong serta melaksanakannya
• Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi, dan
tolong-menolong di rumah dan di sekolah
• Menceritakan kegiatan rutin setiap hari
• Menyebutkan waktu atau jam pelaksanaan kegiatan rutin sehari-hari
IPS
Menceritakan hal-hal penting
yang berhubungan dengan
suatu peristiwa
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
• Mendengarkan cerita tentang kemerdekaan Indonesia
• Menyebutkan nama-nama pahlawan
• Menyebutkan nama-nama pahlawan nasional dan pahlawan revolusi
• Menyebutkan nama-nama dokumen penting
MATEMATIKA
Menghitung waktu dan
panjang
• Melakukan pengukuran waktu dalam satuan jam
• Melakukan pengukuran panjang tidak baku dan
baku yang sering digunakan
• Menghitung panjang dan lebar meja masing-masing siswa, tinggi kursi, lebar
dan panjang kelas dengan ukuran tidak baku (jengkal, depa, hasta)
• Melakukan pengukuran terhadap temannya dengan ukuran baku (cm, m)
IPA
Mengidentifikasi benda padat
dan cair
• Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang
ada di lingkungan sekitar
• Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda
akibat dari kondisi tertentu
• Menyebutkan nama benda dan bentuknya
• Menyebutkan nama benda dan wujudnya
• Menyebutkan perubahan bentuk dan wujud benda
BI
Mendengarkan:
Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan
puisi denganekspresi yang
tepat.
Membaca: Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan
memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik.
• Menyebutkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat
• Melengkapi teks pendek atau cerita sederhana
• Menulis dikte
• Menceritakan kegiatan sehari-hari
• Mendeskripsikan isi puisi
• Menyalin kalimat dengan tulisan sambung
• Membaca bacaan dengan suara nyaring.
• Membuat kalimat dengan huruf sambung tentang gambar-gambar yang sudah
ada.
• Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
• Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan).
• Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung
secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
ORJASKES
Menjaga kebersihan badan
• Menjaga kebersihan rambut, hidung dan telinga
• Menirukan gerakan pasukan paskibra
• Menyebutkan sifat anggota paskibra
• Menyebutkan cara menjaga kebersihan anggota badan
3 minggu Standar Isi 2006 SD Mata
Pelajaran Agama, PKn,
IPS, Bhs Indonesia,
Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan
Orjaskes.
Bahan Ajar/Buku siswa
Pembela jaran Tematik
Kelas IIA.
Buku bahan Ajar lain
yang relevan untuk Mapel
Agama, PKn, IPS, Bhs
Indonesia, Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan Penjas.
Lingkungan sekitar
(Rumah, RT/RW, Desa
Sekolah)
Kerangka Dasar
Kurikulum Standar Isi
2006 untuk TK, SD/MI.
Penilaian Obyektif.
Penilaian Subeyktif.
Penilaian Lisan.
Penilaian Unjuk Kerja.
Penilaian Produk.
Penilaian Portofolio.
Penilaian Tingkah laku.
Mengamati dan mencatat kesiapan
siswa dalam mengikuti pelajaran
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan
Mengamati aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan guru
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam
bercerita.
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menceritakan isi
teks/bacaan
SENI-BUDAYA &
KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui
gerak alam semesta.
• Mengidentifikasi gerak alam semesta
• Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam
semesta
• Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti
bunyi perangsang gerak
• Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk tari
• Menyebutkan gerakan alam
• Menpraktikan gerakan tari dengan menirukan gerakan peristiwa alam
• Membuat gerakan tari dengan melihat gambar peristiwa alam yang sudah ada
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: PESONA ALAMKU
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS
WAKTU
SARANA DAN
SUMBER
PENILAIAN
1 2 3 4 5 6
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya hidup
rukun dan tolong-menolong
dalam kehidupan di lingkungan
• Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi
dan tolong-menolong serta melaksanakannya
• Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi, dan
tolong-menolong di rumah dan di sekolah
• Menceritakan pentingnya menjaga kelestarian hutan
• Mencegah perbuatan yang merusak lingkungan
IPS
Menceritakan hal-hal penting
yang berhubungan dengan
suatu peristiwa
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
• Menyebutkan manfaat kunyit dan arang dalam pewarnaan
MATEMATIKA
Menghitung panjang dan
berat
• Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan
baku yang sering digunakan
• Menggunakan alat ukur berat
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
berat benda
• Menghitung berat dan tinggi badan masing-masing siswa
• Melakukan tebak-tebakan berat dan tinggi badan
• Membandingkan berat benda-benda tertentu yang ada di sekitar
• Membandingkan berat antara dua benda
IPA
Mengidentifikasi benda-benda
di sekitar dengan
pengamatan
• Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan
• Mengenal pentingnya lingkungan alam dan
melaksanakannya
• Menyebutkan nama benda dan kegunaannya
• Melakukan tebak benda dengan temannya
• Menyebutkan nama benda-benda alam
BI
Mendengarkan:
Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan
puisi denganekspresi yang
tepat.
Membaca: Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan
memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik.
• Mengungkapkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat
• Melengkapi teks pendek atau cerita sederhana
• Menyimpulkan isi teks pendek
• Menceritakan kegiatan sehari-hari
• Mendeskripsikan isi puisi
• Membaca bacaan dengan suara nyaring.
• Menjawab pertanyaan dari bacaan
ORJASKES
Memilih makanan yang bergizi
• Memilih makanan bergizi
• Membaca bacaan tentang makanan bergizi
• Menjawab pertanyaan dari bacaan
• Mencatat kandungan gizi menu makan siang
3 minggu Standar Isi 2006 SD Mata
Pelajaran Agama, PKn,
IPS, Bhs Indonesia,
Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan
Orjaskes.
Bahan Ajar/Buku siswa
Pembela jaran Tematik
Kelas IIA.
Buku bahan Ajar lain
yang relevan untuk Mapel
Agama, PKn, IPS, Bhs
Indonesia, Orjaskes, Ilmu
Pengetahuan Alam,
Matematika dan Penjas.
Lingkungan sekitar
(Rumah, RT/RW, Desa
Sekolah)
Kerangka Dasar
Kurikulum Standar Isi
2006 untuk TK, SD/MI.
Penilaian Obyektif.
Penilaian Subeyktif.
Penilaian Lisan.
Penilaian Unjuk Kerja.
Penilaian Produk.
Penilaian Portofolio.
Penilaian Tingkah laku.
Mengamati dan mencatat kesiapan
siswa dalam mengikuti pelajaran
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan
Mengamati aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan guru
Mengamati dan menilai siswa dalam
mengungkapkan perasaannya dalam
bercerita.
Mengamati dan menilai sikap perilaku
siswa dalam menceritakan isi
teks/bacaan
• Menyebutkan penyakit akibat kekurangan vitamin
SENI-BUDAYA &
KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
• Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa
pada karya seni rupa
• Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
• Melukis hutan dan mewarnainya
• Mewarnainya dari bahan-bahan yang alami
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
................................... .......................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II SEMESTER 1
TEMA : KASIH SAYANG
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal pentingnya hidup rukun dan bergotong-royong dalam kehidupan di
lingkungan
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang tepat.
Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
3. MATEMATIKA
Membandingkan dan mengurutkan bilangan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
Mengidentifikasi bagian tubuh binatang dan hewan
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan suatu peristiwa
6. ORJASKES
Mempraktikkan gerakan dasar tubuh dalam permainan
7. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
Mempraktikkan gerakan dasar tubuh dalam permainan
II. INDIKATOR
1. PKN
• Membiasakan hidup rukun, berbagi dan bergotong-royong
• Mengenal lingkungan ala, seperti dunia tumbuhan dan hewan
2. BAHASA INDONESIA
• Menyebutkan isi teks pendek
• Membaca lancar teks pendek
• Melengkapi teks pendek dengan kata
• Mendeklamasikan puisi
3. MATEMATIKA
• Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
• Mengenal bagian-bagian utama tubuh binatang dan tumbuhan
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
6. ORJASKES
• Mempraktikkan dalam permainan yang menyenangkan gerak dasar jalan, lari,
lompat
• Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam
permainan sederhana
• Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menangkap, menendang
dan menggiring bola dalam permainan sederhana
7. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
• Mengenal unsur rupa karya seni rupa
• Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
• Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan dengan membedakan
antara anda dengan irama
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN INTI
1. Menyebutkan perbuatan yang baik dan tidak baik
2. Menyebutkan bentuk kasih sayang kepada sesame
3. Menyebutkan cara-cara merawat tanaman
4. Menyebutkan perbedaan motif kain
5. Menghitung jumlah balok
6. Melengkapi susunan balok
7. Membandingkan jumlah balok
8. Membandingkan jumlah benda untuk menyatakan lebih sedikit atau lebih
banyak
9. Menyebutkan nama-nama binatang
10. Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang
11. Menirukan suara binatang
12. Menyebutkan macam-macam tumbuhan beserta bagiannya
13. Membaca bacaan dengan suara nyaring.
14. Menjawab pertanyaan dari bacaan
15. Menyalin kalimat dengan huruf sambung
16. Mendeklamasikan puisi
17. Menyebutkan nama-nama permainan yang menggunakan gerakan bagian
tubuh
18. Menjawab pertanyaan dari bacaan
19. Membuat kombinasi warna
20. Menyanyi lagu pelangi
21. Membuat rangkaian bunga
22. Membuat lukisan benda alam dan motif
23. Membuat kartu ucapan
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing
masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. ALAT/MEDIA DAN SUMBER
1. Buku Tematik Kelas IIA
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, ORJASKES, Seni
Budaya dan Ketrampilan)
2. Pengembangan Guru
3. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, ........, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II SEMESTER 1
TEMA : KEGIATANKU
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal pentingnya hidup rukun dan bergotong-royong dalam kehidupan di
lingkungan
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik.
3. MATEMATIKA
Menentukan nilai bilangan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
Mengidentifikasi pertumbuhan hewan dan tumbuhan
8. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan suatu peristiwa
9. ORJASKES
Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana
10. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
II. INDIKATOR
1. PKN
• Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
• Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong
2. BAHASA INDONESIA
• Menyebutkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
• Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
• Menulis kalimat sederhana yang didiktekan
• Menceritakan kegiatan sehari-hari
• Mendeskripsikan isi puisi
3. MATEMATIKA
• Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
• Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam
ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
8. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
9. ORJASKES
• Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat
• Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dengan menggunakan alat
10. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
• Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
• Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan
oleh benda bukan alat musik
• Memeragakan dinamik sederhana
• Mengekspresikan diri melalui alat musik/ sumber bunyi sederhana
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN INTI
1. Menyebutkan perbuatan yang baik dan tidak baik
2. Menyebutkan bentuk kasih sayang kepada sesama
3. Menyebutkan cara-cara merawat tanaman
4. Membaca teks perayaan hari kemerdekaan
5. Memjawab pertanyaan teks
6. Menghitung jumlah biji
7. Melengkapi bilangan
8. Membuat permainan tebak-tebakan jumlah biji pada tangan
9. Membandingkan jumlah benda untuk menyatakan lebih sedikit atau lebih
banyak
10. Memperhatikan pertumbuhan pohon kacang
11. Menulis hasil pengamatan pertumbuhan tumbuhan
12. Membaca bacaan dengan suara nyaring.
13. Menjawab pertanyaan dari bacaan
14. Memperagakan suatu percakapan
15. Mengurutkan gambar
16. Melengkapi kalimat dengan kata yang ada
17. Menirukan gerakan senam
18. Memperagakan senam secara berkelompok dengan iringan musik
19. Melengkapi gambar dan mewarnainya
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing
masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. ALAT/MEDIA DAN SUMBER
1. Buku Tematik Kelas IIA
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, ORJASKES, Seni
Budaya dan Ketrampilan)
2. Pengembangan Guru
3. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, ........, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II SEMESTER 1
TEMA : ALAM SEKITARKU
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang tepat.
Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik.
3. MATEMATIKA
Menghitung penjumlahan dan pengurangan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
Mengidentifikasi tempat hidup makhluk hidup
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan lingkungan
6. ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan
yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
7. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
II. INDIKATOR
1. PKN
• Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong serta
melaksanakannya
• Mengenal pentingnya lingkungan alam serta melaksanakan pemeliharaan
lingkungan alam (hewan dan tumbuhan)
2. BAHASA INDONESIA
• Menyebutkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
• Melengkapi teks pendek atau cerita sederhana
• Menjelaskan isi puisi
3. MATEMATIKA
• Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
• Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
• Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
7. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
8. ORJASKES
• Mempraktikkan satu bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot
• Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan
• Membiasakan bergerak dengan benar
9. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
• Memeragakan dinamik sederhana
• Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana
• Menyanyi lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
• Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan
penonton
• Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN INTI
1. Mengamati gambar orang yang bersikap menjaga lingkungan.
2. Bertanya jawab tentang makna gambar.
3. Berdiskusi tentang sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
4. Menjelaskan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
5. Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
6. Menceritakan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan
7. Mengamati gambar atau foto keluarga
8. Berdiskusi tentang sikap dan perilaku dalam keluarga
9. Menyebutkan benda-benda yang memiliki sejarah atau kenangan
10. Menyebutkan cara menyimpan benda-benda yang memiliki sejarah atau
kenangan
11. Menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun panjang
12. Menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara susun pendek
13. Melengkapi urutan bilangan
14. Menggunakan kosakata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk
hidup dan fenomena alam.
15. Mengungkapkan gagasan secara lisan
16. Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
17. Bekerjasama dengan teman.
18. Memberi tanggapan secara santun.
19. Menjawab pertanyaan tentang wacana hewan peliharaan.
20. Menjelaskan isi wacana tentang hewan peliharaan.
21. Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu dengan pilihan kata
yang tepat.
22. Menanyakan atau menanggapi pengalaman teman sekelas.
23. Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
24. Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
25. Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan).
26. Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung
secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
27. Menirukan gerakan prajurit
28. Menyebutkan gerakan untuk latihan keseimbangan
29. Menyebutkan nama alat musik.
30. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
31. Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
32. Membuat lukisan dengan kertas karton
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing
masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. ALAT/MEDIA DAN SUMBER
1. Buku Tematik Kelas IIA
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, ORJASKES, Seni
Budaya dan Ketrampilan)
2. Pengembangan Guru
3. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, ........, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II SEMESTER 1
TEMA : PERISTIWA
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal pentingnya hidup rukun dan tolong-menolong dalam kehidupan di
lingkungan
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang tepat.
Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
3. MATEMATIKA
Menghitung waktu dan panjang
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
Mengidentifikasi benda padat dan cair
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan suatu peristiwa
6. ORJASKES
Menjaga kebersihan badan
7. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gerak alam semesta.
II. INDIKATOR
1. PKN
• Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong serta
melaksanakannya
• Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong-menolong di rumah
dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
• Menyebutkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
• Melengkapi teks pendek atau cerita sederhana
• Menulis dikte
• Menceritakan kegiatan sehari-hari
• Mendeskripsikan isi puisi
3. MATEMATIKA
• Melakukan pengukuran waktu dalam satuan jam
• Melakukan pengukuran panjang tidak baku dan baku yang sering digunakan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
• Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
• Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda akibat dari kondisi tertentu
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
6. ORJASKES
• Menjaga kebersihan rambut, hidung dan telinga
7. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
• Mengidentifikasi gerak alam semesta
• Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
• Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
• Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk tari
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN INTI
1. Menceritakan kegiatan rutin setiap hari
2. Menyebutkan waktu atau jam pelaksanaan kegiatan rutin sehari-hari
3. Mendengarkan cerita tentang kemerdekaan Indonesia
4. Menyebutkan nama-nama pahlawan
5. Menyebutkan nama-nama pahlawan nasional dan pahlawan revolusi
6. Menyebutkan nama-nama dokumen penting
7. Menghitung panjang dan lebar meja masing-masing siswa, tinggi kursi,
lebar dan panjang kelas dengan ukuran tidak baku (jengkal, depa, hasta)
8. Melakukan pengukuran terhadap temannya dengan ukuran baku (cm, m)
9. Menyebutkan nama benda dan bentuknya
10. Menyebutkan nama benda dan wujudnya
11. Menyebutkan perubahan bentuk dan wujud benda
12. Menyalin kalimat dengan tulisan sambung
13. Membaca bacaan dengan suara nyaring.
14. Membuat kalimat dengan huruf sambung tentang gambar-gambar yang
sudah ada.
15. Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
16. Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata
sendiri.
17. Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan
kecepatan).
18. Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung
secara tepat, rapi dan mudah dibaca.
19. Menirukan gerakan pasukan paskibra
20. Menyebutkan sifat anggota paskibra
21. Menyebutkan cara menjaga kebersihan anggota badan
22. Menyebutkan gerakan alam
23. Menpraktikan gerakan tari dengan menirukan gerakan peristiwa alam
24. Membuat gerakan tari dengan melihat gambar peristiwa alam yang sudah
ada
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing
masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. ALAT/MEDIA DAN SUMBER
1. Buku Tematik Kelas IIA
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, ORJASKES, Seni
Budaya dan Ketrampilan)
2. Pengembangan Guru
3. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, ........, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II SEMESTER 1
TEMA : PESONA ALAMKU
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
Mengenal pentingnya hidup rukun dan tolong-menolong dalam kehidupan di
lingkungan
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Mendeskripsikan isi puisi.
Berbicara: Mendeklamasikan puisi denganekspresi yang tepat.
Membaca: Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Menulis: Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
3. MATEMATIKA
Menghitung panjang dan berat
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
Mengidentifikasi benda-benda di sekitar dengan pengamatan
8. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Menceritakan hal-hal penting yang berhubungan dengan suatu peristiwa
9. ORJASKES
Memilih makanan yang bergizi
10. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
II. INDIKATOR
1. PKN
• Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong serta
melaksanakannya
• Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong-menolong di rumah
dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
• Mengungkapkan kembali isi teks pendek
• Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
• Melengkapi teks pendek atau cerita sederhana
• Menyimpulkan isi teks pendek
• Menceritakan kegiatan sehari-hari
• Mendeskripsikan isi puisi
3. MATEMATIKA
• Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku yang sering digunakan
• Menggunakan alat ukur berat
• Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
• Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan
• Mengenal pentingnya lingkungan alam dan melaksanakannya
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
• Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
• Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
• Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
6. ORJASKES
• Memilih makanan bergizi
7. SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
• Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
• Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi
B. KEGIATAN INTI
1. Menceritakan pentingnya menjaga kelestarian hutan
2. Mencegah perbuatan yang merusak lingkungan
3. Menyebutkan manfaat kunyit dan arang dalam pewarnaan
4. Menghitung berat dan tinggi badan masing-masing siswa
5. Melakukan tebak-tebakan berat dan tinggi badan
6. Membandingkan berat benda-benda tertentu yang ada di sekitar
7. Membandingkan berat antara dua benda
8. Menyebutkan nama benda dan kegunaannya
9. Melakukan tebak benda dengan temannya
10. Menyebutkan nama benda-benda alam
11. Membaca bacaan dengan suara nyaring.
12. Menjawab pertanyaan dari bacaan
13. Membaca bacaan tentang makanan bergizi
14. Menjawab pertanyaan dari bacaan
15. Mencatat kandungan gizi menu makan siang
16. Menyebutkan penyakit akibat kekurangan vitamin
17. Melukis hutan dan mewarnainya
18. Mewarnainya dari bahan-bahan yang alami
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing
masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. ALAT/MEDIA DAN SUMBER
1. Buku Tematik Kelas IIA
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, ORJASKES, Seni
Budaya dan Ketrampilan)
2. Pengembangan Guru
3. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, ........, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas II
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………