LAMAN

Sabtu, 05 Januari 2013

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Bab II Menghargai Budaya

Sekolah               :    . . . .
Kelas/Semester    :    VII/1
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu      :    2 × 40 menit

Standar Kompetensi    :   1.    Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita.
Kompetensi Dasar       :   1.1  Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
Indikator:
     Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan.
     Mampu menuliskan kembali berita dengan menggunakan kalimat sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan isi berita.
Materi Pembelajaran
Siaran (langsung) dari radio/televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/nonberita.
Teks berita dari media cetak/elektronik.
Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Penugasan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Awal (10 menit)
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai berita aktual di media cetak maupun elektronik.
2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Eksplorasi
     Guru menjelaskan cara menyimpulkan isi berita.
     Guru menyiapkan CD untuk diperdengarkan siswa.
b.    Elaborasi
     Siswa mendengarkan berita yang disiapkan guru.
     Siswa mencatat pokok-pokok berita.
     Siswa menyarikan pokok-pokok berita yang telah ditulis menjadi isi berita.
     Siswa memberi tanggapan terhadap isi berita yang telah didengarkan. Tanggapan dapat berupa kritikan atau dukungan.
     Siswa menyimpulkan isi berita yang telah didengarkan dalam satu paragraf.
c.    Konfirmasi
       Siswa dan guru mendiskusikan isi simpulan berita.
3.    Kegiatan Akhir (10 menit)
Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa.
Sumber Belajar
1.    Buku PR Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 18–19
2.    Buku PG Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 36–39
Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
a.    Teknik  :   Tes unjuk kerja
b.    Bentuk :   Uji petik produk
2.    Contoh Instrumen:
A.    Simaklah berita yang diperdengarkan gurumu. Kemudian, catatlah pokok-pokok berita tersebut!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
Siswa mampu mencatat pokok-pokok berita dengan lengkap dan sesuai dengan isi berita.
Siswa hanya mampu mencatat beberapa pokok berita dengan lengkap dan sesuai isi berita.
Siswa tidak mampu mencatat pokok-pokok berita.
2

1

0

Skor maksimum
2

B.    Sarikan pokok-pokok berita yang telah kamu tulis menjadi isi berita dalam beberapa kalimat!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.


3.
Siswa mampu menyarikan pokok-pokok berita yang telah ditulis menjadi isi berita dalam beberapa kalimat. Bahasa yang digunakan jelas dan runtut.
Siswa mampu menyarikan pokok-pokok berita yang telah ditulis menjadi isi berita dalam beberapa kalimat. Namun, bahasa yang digunakan kurang jelas dan runtut.
Siswa tidak mampu menyarikan pokok-pokok berita.
2

1

0

Skor maksimum
2
C.    Berikan tanggapan terhadap isi berita yang kamu dengarkan! Tanggapan yang kamu berikan dapat berupa kritikan atau dukungan.
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.


4.


5.
Siswa mampu memberi tanggapan terhadap isi berita dengan argumen yang mendukung tanggapan. Bahasa yang digunakan sopan dan jelas.
Siswa mampu memberi tanggapan terhadap isi berita, tetapi argumen tidak sesuai tanggapan. Bahasa yang digunakan sopan dan jelas.
Siswa mampu memberi tanggapan terhadap isi berita dengan argumen yang mendukung tanggapan. Namun, bahasa yang digunakan kurang sopan dan berbelit-belit.
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita tanpa disertai argumen yang mendukung tanggapan. Bahasa yang digunakan kurang sopan dan berbelit-belit.
Siswa tidak mampu memberi tanggapan terhadap isi berita.
4

3

2


1


0

Skor maksimum
4









D.   Simpulkan isi berita yang kamu dengarkan dalam satu paragraf!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
4.
Siswa mampu menyimpulkan isi berita sesuai isi berita. Kalimat yang digunakan jelas dan runtut.
Siswa mampu menyimpulkan isi berita sesuai isi berita. Namun, kalimat yang digunakan berbelit-belit dan tidak runtut.
Siswa mampu menyimpulkan isi berita, tetapi tidak sesuai isi berita.
Siswa tidak mampu menyimpulkan isi berita.
3

2

1
0

Skor maksimum
3
Jumlah skor maksimum aspek mendengarkan 2 + 2 + 4 + 3 = 11
                                                         perolehan skor      
Nilai akhir aspek mendengarkan =                                    x skor ideal (100) = . . .
                                                     skor maksimum (11)

______ , ____________

Mengetahui,
Kepala SMP _____________                                            Guru Mata Pelajaran




. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
_________________________                                          _________________________
NIP _____________________                                                  NIP _____________________













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Bab II Menghargai Budaya

Sekolah               :    . . . .
Kelas/Semester    :    VII/1
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu      :    2 × 40 menit

Standar Kompetensi    :   6.    Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita.
Kompetensi Dasar       :   6.1  Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
Indikator:
     Mampu menentukan pokok-pokok cerita.
    Mampu merangkaikan pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
     Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
Materi Pembelajaran
Cara menyampaikan cerita
Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Penugasan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal (5 menit)
Guru dan siswa bertanya jawab mengenai cerita yang pernah dibaca.
2.    Kegiatan Inti (70 menit)
a.    Eksplorasi
       Guru menjelaskan cara bercerita.
b.    Elaborasi
    Siswa memahami cara bercerita .
     Siswa membaca cerita ”Kata Maaf dari Ibu”.
     Siswa menentukan pokok-pokok cerita ”Kata Maaf dari Ibu”.
     Siswa merangkaikan peristiwa dalam alur cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
     Siswa bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
c.    Konfirmasi
       Guru menilai penampilan siswa.
3.    Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru memberi masukan hasil penyampaian pengalaman siswa.
Sumber Belajar
1.    Buku PR Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 19–23
2.    Buku PG Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 39–45
3.    Cerita pengalaman.
Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
a.    Teknik  :   Tes unjuk kerja, tes tulis
b.    Bentuk :   Tes uji petik prosedur dan produk, tes uraian
2.    Contoh Instrumen:
A.    Tulislah pokok-pokok cerita ”Kata Maaf dari Ibu” tersebut untuk memahami isi cerita! Pokok-pokok cerita yang harus ditulis sebagai berikut.
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.

4.
Siswa mampu menemukan pokok-pokok cerita ”Kata Maaf dari Ibu” secara lengkap.
Siswa mampu menemukan pokok-pokok cerita ”Kata Maaf dari Ibu” secara lengkap, tetapi ada beberapa pokok cerita yang kurang tepat.
Siswa hanya mampu menemukan sebagian pokok cerita ”Kata Maaf dari Ibu”.
Siswa tidak mampu menemukan pokok-pokok cerita ”Kata Maaf dari Ibu”.
3

2

1

0

Skor maksimum
3
B.    Rangkaikan peristiwa dalam alur cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik. Rangkaikan dengan menggunakan kata-katamu sendiri!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.

Siswa mampu merangkaikan peristiwa dalam alur menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
Siswa mampu merangkaian peristiwa dalam alur, tetapi urutan cerita tidak baik dan tidak menarik.
Siswa tidak mampu merangkaikan peristiwa dalam alur menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
2

1

0

Skor maksimum
2
C.    Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat! Temanmu akan memberikan komentar. Hal-hal yang perlu dikomentari antara lain kesesuaian ceritamu dengan cerita sebenarnya, kelengkapan cerita, lafal, intonasi, gesture, serta mimik yang tepat.
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.

4.

Siswa mampu bercerita dengan urutan yang baik dan lengkap serta suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
Siswa mampu bercerita dengan urutan yang baik dengan menggunakan lafal, intonasi, gesture, serta mimik yang tepat. Namun, cerita kurang lengkap.
Siswa mampu bercerita dengan urutan yang baik dan lengkap, tetapi suara, lafal, intonasi, gesture, serta mimik kurang tepat.
Siswa tidak mampu bercerita dengan urutan yang baik dan lengkap serta suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
3

2

1

0

Skor maksimum
3








D.   Tanggapilah penampilan temanmu saat bercerita! Tuliskan tanggapanmu seperti dalam format isian berikut.
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.




2.

3.

4.

5.

6.

7.
Siswa mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita. Tanggapan dapat terdiri atas 6 aspek, yaitu suara bervariasi sesuai karakter tokoh dan keras; pengucapan lafal jelas; penggunaan intonasi tepat; cerita dikemukakan dengan lancar; penggunaan gesture sesuai cerita; dan mimik sesuai cerita.
Siswa mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita. Tanggapan hanya terdiri atas 5 aspek.
Siswa mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita. Tanggapan hanya terdiri atas 4 aspek.
Siswa mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita. Tanggapan hanya terdiri atas 3 aspek.
Siswa mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita.
Tanggapan hanya terdiri atas 2 aspek.
Siswa mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita.
Tanggapan hanya terdiri atas 1 aspek.
Siswa tidak mampu menanggapi penampilan teman saat bercerita.
6




5

4

3

2

1

0

Skor maksimum
6
Jumlah skor maksimum aspek berbicara = 3 + 2 + 3 + 6 = 14
                                                 perolehan skor      
Nilai akhir aspek berbicara =                                     x skor ideal (100) = . . .
                                              skor maksimum (14

______ , ____________

Mengetahui,
Kepala SMP _____________                                            Guru Mata Pelajaran




. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
_________________________                                          _________________________
NIP _____________________                                                  NIP _____________________







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Bab II Menghargai Budaya

Sekolah               :    . . . .
Kelas/Semester    :    VII/1
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu      :    2 × 40 menit

Standar Kompetensi    :   3.    Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca.
Kompetensi Dasar       :   3.2  Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit.
Indikator:
     Mampu membaca cepat bacaan.
     Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan.
     Mampu menyimpulkan isi bacaan.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan.
Materi Pembelajaran
Penyimpulan isi bacaan
Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Penugasan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal (5 menit)
       Guru dan siswa mengadakan tanya jawab tentang cara membaca cepat.
2.    Kegiatan Inti (70 menit)
a.    Eksplorasi
       Guru menjelaskan cara membaca cepat.
b.    Elaborasi
     Siswa berlatih membaca cepat dengan rotasi mata.
     Siswa membaca cepat bacaan ”Batik, Khazanah Budaya Nusantara”.
     Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
     Siswa menemukan gagasan pokok setiap paragraf yang terdapat dalam bacaan ”Batik, Khazanah Budaya Nusantara”.
     Siswa berlatih membaca cepat bacaan yang ditemukan di perpustakaan.
c.    Konfirmasi
       Guru dan siswa membahas hasil pekerjaan siswa.
3.    Kegiatan Akhir (5 menit)
       Guru meminta siswa untuk terus berlatih membaca cepat.
Sumber Belajar
1.    Buku PR Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 23 –26
2.    Buku PG Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 45–50
3.    Kamus bahasa Indonesia
Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
a.    Teknik  :   Tes unjuk kerja, tes tulis
b.    Bentuk :   Tes uji petik prosedur dan produk, tes uraian
2.    Contoh Instrumen :
A.    Sebelum kamu membaca cepat teks, lakukan pemanasan untuk rotasi mata agar terasa lentur dan lancar. Bacalah deretan kata berikut. Temukan kata kembarnya!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.
2.

3.

4.
Siswa mampu membaca cepat teks dan menemukan kata kembar.
Siswa mampu membaca cepat teks dan hanya menemukan beberapa kata kembar.
Siswa mampu membaca cepat, tetapi tidak mampu menemukan kata kembar.
Siswa tidak mampu membaca cepat.
3
2

1

0

Skor maksimum
3
B.    Bacalah bacaan di bawah ini dengan membaca cepat. Ikuti langkah-langkah berikut ini!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
Siswa mampu membaca cepat dan mendapatkan lebih dari 200 kata dalam satu menit.
Siswa mampu membaca cepat, tetapi hanya mendapatkan 150–200 kata dalam satu menit.
Siswa hanya mendapatkan kurang dari 150 kata dalam satu menit.
2

1

0

Skor maksimum
2
C.    Untuk menguji pemahamanmu terhadap bacaan ”Batik, Khazanah Budaya Nusantara”, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.
2.

3.
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar.
Setiap jawaban yang benar diberi skor 1.
Setiap jawaban yang salah diberi skor 0.
Siswa sama sekali tidak mampu menjawab pertanyaan dalam bacaan.
10
0

0

Skor maksimum
10
D.   Setelah menjawab pertanyaan, tentukan gagasan pokok setiap paragraf yag terdapat dalam bacaan!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.
3.
Siswa mampu menentukan gagasan pokok dengan benar. Setiap gagasan pokok yang benar diberi skor 1.
Setiap gagasan pokok yang salah diberi skor 0.
Siswa tidak mampu menemukan gagasan pokok setiap paragraf.
12

0
0

Skor maksimum
12







E.    Simpulkan isi bacaan berdasarkan gagasan pokok bacaan!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
Siswa mampu menyimpulkan isi bacaan berdasarkan gagasan pokok bacaan.
Siswa mampu menyimpulkan isi bacaan, tetapi tidak sesuai gagasan pokok bacaan.
Siswa tidak mampu menyimpulkan isi bacaan.
2

1
0

Skor maksimum
2
F.    Sekarang kamu dapat berlatih membaca cepat bersama teman-temanmu di perpustakaan. Ikuti langkah-langkah berikut!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
Siswa mampu membaca cepat bacaan dan mampu menentukan gagasan pokok setiap paragraf dengan benar.
Siswa mampu membaca cepat bacaan, tetapi hanya mampu menentukan sebagian gagasan pokok dengan benar.
Siswa tidak mampu membaca cepat bacaan dan tidak mampu menentukan gagasan pokok setiap paragraf.
2

1

0

Skor maksimum
2
Jumlah skor maksimum aspek membaca = 3 + 2 + 10 + 12 + 2 + 2 = 31
                                                 perolehan skor      
Nilai akhir aspek membaca =                                      x skor ideal (100) = . . .
                                              skor maksimum (31)

______ , ____________

Mengetahui,
Kepala SMP _____________                                            Guru Mata Pelajaran




. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
_________________________                                          _________________________
NIP _____________________                                                  NIP _____________________






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Bab II Mrenghargai Budaya

Sekolah               :    . . . .
Kelas/Semester    :    VII/1
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu      :    4 × 40 menit

Standar Kompetensi    :   4.    Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi.
Kompetensi Dasar       :   4.1  Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
Indikator:
     Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari.
     Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif.
     Mampu menggunakan kalimat berita.
     Mampu menggunakan pemarkah jangan.
Tujuan Pembelajaran
     Siswa mampu menulis buku harian.
     Siswa mampu menggunakan kalimat berita.
     Siswa mampu menggunakan pemarkah jangan.
Materi Pembelajaran
     Penulisan catatan harian/pengalaman
     Kalimat berita
     Pemarkah jangan
Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Penugasan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Awal (5 menit)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang cerita pengalaman pribadi.
2.    Kegiatan Inti (65 menit)
a.    Eksplorasi
       Guru menjelaskan cara menulis pengalaman pribadi.
b.    Elaborasi
     Siswa memperhatikan kembali contoh cerita pengalaman.
     Siswa menentukan pokok-pokok pengalaman cerita ”Berburu Batik ke Pasar Klewer”.
     Siswa menulis pokok-pokok pengalaman pribadi.
     Siswa mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi yang ditulis menjadi pengalaman yang menarik.
c.    Konfirmasi
       Guru dan siswa membahas pengalaman yang ditulis siswa.
3.    Kegiatan Akhir (10 menit)
Guru memberikan penilaian terhadap pengalaman yang ditulis siswa.
Pertemuan Kedua
1.    Kegiatan Awal (10 menit)
       Guru menyajikan contoh kalimat berita dan kalimat yang menggunakan pemarkah jangan.
2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Eksplorasi
Guru menjelaskan kalimat berita dan pemarkah jangan.
b.    Elaborasi
     Siswa membenarkan kalimat-kalimat berita negatif.
    Siswa membuat kalimat berita positif tentang batik.
     Siswa membuat kalimat berita negatif tentang batik.
     Siswa membuat kalimat tiga kalimat yang menggunakan pemarkah jangan.
e.    Konfirmasi
Guru dan siswa membahas kalimat berita dan kalimat yang menggunakan pemarkah jangan.
3.    Kegiatan Akhir (10 menit)
Guru menilai hasil pekerjaan siswa.
Sumber Belajar
1.    Buku PR Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 27–29
2.    Buku PG Bahasa Indonesia VII Semester 1, Intan Pariwara, hlm. 50–53
3.    Cerita pengalaman
4.    Buku Morfologi Suatu Pengantar, M. Ramlan, Gadjah Mada University Press
Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
a.    Teknik  :   Tes tulis
b.    Bentuk :   Tes uraian
2.    Contoh Instrumen :
A.    Tentukan pokok-pokok pengalaman cerita ”Berburu Batik ke Pasar Klewer”!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.


3.

4.
Siswa mampu menentukan pokok-pokok pengalaman cerita ”Berburu Batik ke Pasar Klewer” secara lengkap.
Siswa mampu menentukan pokok-pokok pengalaman cerita ”Berburu Batik ke Pasar Klewer” secara lengkap, tetapi ada beberapa pokok pengalaman cerita yang kurang tepat.
Siswa hanya mampu menentukan sebagian pokok pengalaman cerita ”Berburu Batik ke Pasar Klewer”.
Siswa tidak mampu menentukan pokok-pokok pengalaman cerita ”Berburu Batik ke Pasar Klewer”.
3

2


1

0


Skor maksimum
3
B.    Tuliskan pokok-pokok pengalaman pribadimu! Pengalaman tersebut merupakan peristiwa yang kamu alami, lihat, atau kamu dengar. Kamu dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang berpedoman
5 W + 1 H di bawah ini sebagai panduan menulis pengalaman.
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.
3.
Siswa mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi dengan berpedoman 5 W + 1 H.
Siswa hanya mampu menuliskan sebagian pokok cerita pengalaman pribadi.
Siswa tidak mampu menuliskan pokok-pokok cerita pengalaman pribadi.
2

1
0

Skor maksimum
2





C.    Kembangkan pokok-pokok pengalaman pribadimu menjadi cerita yang menarik. Gunakan bahasa yang ekspresif untuk menulis pengalaman!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.

Siswa mampu mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi dengan bahasa yang ekspresif.
Siswa mampu mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi, tetapi bahasa yang digunakan kurang ekspresif.
Siswa tidak mampu mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi dengan bahasa yang ekspresif.
2

1

0


Skor maksimum
2
A.    Benarkan kalimat-kalimat berita negatif di bawah ini!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.
Siswa mampu membenarkan kalimat berita negatif. Setiap jawaban yang benar diberi skor 1.
Setiap jawaban yang salah diberi skor 0. 
Siswa tidak mampu membenarkan semua kalimat.
5

0


Skor maksimum
5
B.    Buatlah kalimat berita positif tentang batik!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
Siswa mampu membuat kalimat berita positif tentang batik sesuai struktur kalimat yang benar.
Siswa mampu membuat kalimat berita positif tentang batik, tetapi struktur kalimat tidak tepat.
Siswa tidak mampu membuat kalimat berita positif.
2

1

0

Skor maksimum
2
C.    Buatlah kalimat berita negatif tentang batik!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.

3.
Siswa mampu membuat kalimat berita negatif tentang batik sesuai struktur kalimat yang benar.
Siswa mampu membuat kalimat berita negatif tentang batik, tetapi struktur kalimat tidak tepat.
Siswa tidak mampu membuat kalimat berita negatif.
2

1

0

Skor maksimum
2






D.   Buatlah tiga kalimat yang menggunakan pemarkah jangan!
Pedoman Penskoran
No.
Deskriptor
Skor
1.

2.
3.
Siswa mampu membuat kalimat yang menggunakan pemarkah jangan sesuai struktur kalimat yang benar. Setiap kalimat yang benar diberi skor 1.
Setiap kalimat yang salah diberi skor 0.
Siswa tidak mampu membuat kalimat yang menggunakan pemarkah jangan.
3

0
0

Skor maksimum
3
Jumlah skor maksimum aspek menulis = 3 + 2 + 2 + 5 + 2 + 2 + 3 = 19
                                               perolehan skor      
Nilai akhir aspek menulis =                                       x skor ideal (100) = . . .
                                            skor maksimum (19)

______ , ____________

Mengetahui,
Kepala SMP _____________                                            Guru Mata Pelajaran




. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
_________________________                                          _________________________
NIP _____________________                                                  NIP _____________________


Soal-soal Ulangan Harian berupa tes tertulis. Tes tertulis ini terdiri atas tes pilihan ganda dan tes uraian. Tes tertulis memfokuskan  penilaian kognitif. Kognitif menekankan ketepatan jawaban siswa secara tertulis. Guru dapat menilai 10–100 untuk penilaian kognitif.
www.trisnomarsa.blogspot.com
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: