LAMAN

Rabu, 15 Juni 2011

RPP PENJAS KLS.6/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah : SD

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : Vl (Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar : 1.1Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator : - Pembagian pemain berdasarkan kelompok
- Sejarah tennis meja - Melakukan gerakan: -cara memegang bad
-memantul-mantulkan bola
dengan control dan koordinasi yang baik.
- Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana atau modifikasi.
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
b Siswa dapat melakuakn latihandasar tennis meja.
c.Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.

B. Materi Pembelajaran
a.Sejarah dan alat tennis meja.
b.Latihan dasar tennis meja.
c.Cara bermain dengan peraturan sederhana.

C. Metode Pembelajaran.
Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:
-Berbaris,berdoa,presensi,pemanasan
Inti: Pertemuan 1
~penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
~pengenalan alat tennis meja
~melakukan latihan dasar tenis meja.

Pertemuan ll
~memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
~ mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
~melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.

Pertemuan lll
~mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
~melakukan gerakan menerima bola servis.
~melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.

Pertemuan Vl
~bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
~melakuakn penilaian

Penutup:
-pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan dibubarkan.

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 2-3
Buku referensi tennis meja

F. Penilaian
1.Tehnik penilaian;
-test unjuk kerja(psikomotor)
gerakan: memantul-mantulkan bola dengan bad,cara megang bad,sikap siap sedia,servis,menerima servis,smash dan bermain dengan peraturan sederhana.

2. Rubrik Penilaian












Unjuk kerja permainan tennis meja:

Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1.Cara pegang bad
2.Sikap siap sedia
3.Memantul-mantulkan bola
4.Melakukan servis
5.Menerima servis melakukan smash
6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
Jumlah
Jumlah skor minimal:




Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



------------------- --------------------------






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
.
Kompetensi Dasar :1.2.Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator : Memahami sejarah,alat dan ukuran lapangan bola basket.
Mendrible
Melempar bola
Memasukan bola ke ring
Pivot/bertumpu satu kaki
Bermain basket dengan peraturan sederhana

Alokasi waktu : 16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
a.Siswa memahami sejarah dan mengenal peralatan basket
b.Siswa melakukan gerakan: mendrible,melempar, menembak,pivot dengan benar
c.Siswa dapat bermain basket dengan peraturan sederhana

B.Materi Pembelajaran
a.Sejarah ,peralatan basket
b.Latihan/gerak dasar basket:drible,lemparan,menembak,pivot
c.Permainan bola basket

C.Metode Pembelajaran
- Ceramah,tanyajawab,demontrasi,latihandan penugasan.

D.Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan:
Berbaris,berdoa,presensi dan pemanasan.


Inti: Pertemuan l
~penjelasan sejarah
~pengenalan alat dan ukuran lapangan basket
~melakukan gerakan dasar basket

Pertemuan ll
~mengulangi latihan dasar basket
~melakukan gerakan drible
~melakukan lemparan bola
~bermain basket dengan peraturan sederhana

Pertemuan lll
~mengulangi latihan dasar basket
~melakukan lemparan/tembakan ke ring
~bermain basket dengan peraturan sederhana

Pertemuan Vl
~bermain basket dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
~melakukan penilaian

Penutupan
Pendinginan,evaluasi proses pembelajran,penugasan, berbaris,doa dan pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 5-11
Buku referensi bola basket

F.Penilaian
1.Tehnik Penilaian
*test unjuk kerja(psikomotor)
gerakan: mendrible.melempar,menembak,pivot
bermain basket dengan tehnik dan peraturan sederhana
2.Rubrik Penilaian













Unjuk kerja permainan bola basket


Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1.Mendrible rendah,tinggi dengan satu tangan
2.Melempar dengan dua dan satu tangan
3.Menembak dengan dua dan satu tangan
4.Melakukan pivot
5.Bermain basket dengan peraturan yang dimodifikasi

Jumlah:
Jumlah skor maksimal:




Mengetahui Kepala sekolah Guru mata pelajaran



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar :1.3.Mempraktikan gerak dasar dalam tehnik lari lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)

Indikator : -Pengenalan tentang tolak peluru
-Melakukan latihan dasar tolak peluru
-Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir

Alokasi waktu : 16 x 35 menit(4 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
a.Siswa memahami sejarah,peraturan serta mengenal alat tolak peluru
b.Siswa melakukan gerakan latihan dasar tolak peluru
c.Siswa melakukan gerakan awalan, tolakandan sikap akhir

B. Materi Pembelajaran
Tolak peluru

C.Metode Pembelajaran
Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan,penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan:berbaris, doa,presensi dan pemanasan

Inti: Pertemuan l
~penjelasan pengertian dan sejarah tolakpeluru
~mengenal lapangan dan alat tolak peluru
~melakukan latihan dasar tolak peluru


Pertemuan ll
~melakukan latihan dasar tolak peluru
~melakukan tehnik memegang tolak peluru yang benar
~melakukan tehnik awalan yang benar

Pertemuan lll
~melakukan latihan dasar tolak peluru
~melakuan tehnik awalan dengan berbagai gaya yang benar
~melakukan tehnik tolakan dengan benar
~melakukan tehnik sikap akhir yang benar

Pertemuan Vl
~melakukan rangkaian gerakan tolak peluru dengan tehnik yang benar
~guru melakukan penilaian dari gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir

Penutup: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran, memotivasi ,berbaris,doa dan pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 12-15
Buku referensi tolak peluru

F.Penilaian
1. Tehnik penilaian:
*test unjuk kerja(psikomotor)
-melakukan gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir dalam tolak peluru
2. Rubrik penilaian

Unjuk kerja gerak tolak peluru


Aspek yang dinilai
1 2 3 4
1.Melakukan koordinasi gerak:
a. awalan
b. tolakan
c. sikap akhir
2. Melakukan tolak peluru dengan tehnik yang benar

Jumlah
Jumlah skor maksimal:

Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala sekolah

................................ ...............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar :2.1.Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur tubuh

Indikator :-Melakukan program latihan
-Melakukan latihan pemanasan
-Melakuakn latihan pos berangkai

Alokasi waktu : 8 x 35 menit(2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat melakukan program latihan:
_kekuatan dan kelentukan
_pemanasan
_pos berangkai

B. Materi Pembelajaran
*Melakukan program latihan dengan unsure permainan

C. Metode Pembelajaran
*Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan:berbaris, doa, presensi dan pemanasan

Inti: Pertemuan l
~merencanakan dan melakukan program latihan
~melakukan latihan pemanasan

Pertemuan ll
~melakukan latihan pos berangkai
~guru melakukan penilaian
Penutup:Pendinginan, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,doa dan pasukan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 18-20
Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
*test unjuk kerja(psikomotor):
melakukan gerakan program latihan kekuatan dan kelentukan
melakukan gerakan program latihan pemanasan
melakukan gerakan program pos berangkai

2.Rubrik Penilaian

Unjuk kerja kebugaran


Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
Program latihan:
1. kekuatan dan kelentukan
2. pemanasan
3. pos berangkai
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:



Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



-------------------- ------------------------








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :2.Mempraktikan latihan peningkatan kualitas jasmani(komponen kebugaran jasmani),dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar :2.2.Mempraktikan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan,serta nilai keselamatan,disiplin dan kerjakeras.

Indikator :-Melakukan latihan gerakan kelenturan
-Melakukan latihan gerakan kekuatan
-Melakukan latihan gerakan menggunakan beban

Alokasi waktu : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat melakukan latihan gerakan:
*kelenturan
*kekuatan
*menggunakan beban

B. Materi Pembelajaran
Dengan permainan:
Latihan kelenturan:leher ,pinggang,lutut
Latihan:pus up,mendorng grobak, tarik tambang
Latihan gerakan menggunakan beban

C.Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan: berbaris,berdoa,presensi dan pemanasan

Inti: Pertemuan l
~melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
pada gerakan kelenturan:leher,pinggang,lutut
~melakukan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
pada gerakan menggunakan beban

Pertemuan ll
~melakukan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan: push up, mendorong gerobak dan tarik tambang
~guru melakukan penilaian

Pendahuluan: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,berdoa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 21-26
Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
1.Tehnik Penilaian
*test unjuk kerja(psikomotor)
melakukan gerakan:kelenturan leher,pinggang,lutut
:push up,mendorong gerobak,tarik tambang
:menggunakan beban
2.Rubrik Penilaian

Unjuk kerja kebugaran


Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1. Melakukan gerakan kelenturan leher,pinggang,lutut
2. Melakukan gerakan push up,mendorong gerobak,tarik tambang dan menggunakan beban

Jumlah:
Jumlah skor maksimal:


Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



--------------------- -------------------



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar :3.1Mempraktikan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam

Indikator : Melakukan gerakan menguatkan persendian Melakukan gerakan melemaskan persendian


Alokasi waktu : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat melakukan gerakan:
-menguatkan dan melemaskan persendian dalam pemanasan dan pendinginan


B. Materi Pembelajaran
Permainan:
*menguatkan dan melemaskan persendian


C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab,demonstrasi,latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan: berbaris doa,presensi dan pemanasan

Inti: Pertemuan l
~dengan permainan melakuakn gerakan penguatan dalam pemanasan maupun pendinginan


Pertemuan ll
~dengan permainan melakukan gerakan pelemasam dalam pemanasan maupun pendinginan
~dilanjutkan dengan penilaian

Penutupan: pendinginan,evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 30-32
Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian:
*test unjuk kerja (psikomotor):
gerakan penguatan dan pelemasan pada persendian

2. Rubrik Penilaian

Unjuk kerja dalam permainan


Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1. gerakan penguatan persendian
2. gerakan pelemasan persendian

Jumlah:
Jumlah skor maksimal:



Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



------------------ ------------------








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :3.Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar :3.2 Mempraktikan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus,jelas,lancer serta nilai-nilai percaya diri,disiplin dan estetika

Indikator :Melakukan rangkaian gerakan senam guling depan
Melakukan rangkaian gerakan senam guling belakang
Melakukan gerakan handstand,meroda,dan balok titian
Melakukan gerakan lompat kangkang

Alokasi waktu : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan rangkaian gerakan:
guling depan
guling belakang
meroda
handstand
balok titian
lompat kangkang

B. Materi Pembelajaran
Senam lantai dan senam ketangkasan

C.Metode Pembelajaran
Ceramah.tanyajawab,demonstrasi latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris berdoa, presensi serta pemanasan

Inti: Pertemuan l
~melakukan gerakan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir
guling depan
guling belakang
handstand

Pertemuan ll
~melakukan gerakan sikap awal,saat melakukan dan sikap akhir meroda,balok titian dan lompat kangkang
~guru melakukan penilaian

Penutup: pendingian, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi,baris,doa dan pembubaran

E.Sumber Belajar
Buku penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 32-36
Buku referensi senam

F.Penilaian
1.Tehnik penilain
*test unjuk kerja(psikomotor)
gerakan rangkaian senam guling depan,guling belakang handstand,meroda,balok titian dan lompat kangkang
2.Rubrik penilaian

Unjuk kerja senam

Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1. Rangkaiangerakan senam:
a. guling depan
b. guling belakang
c. lompat kangkang
d handstand
e.meroda
f. balok titian

Jumlah:
Jumlah skor maksimal:

Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah


------------------ -----------------------


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar :4.1.Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalandan lompat secara berpasangan, serta nilai-nilai kerja sama disiplin dan estetika

Indikator : melakukan gerakan:
-jalan dengan berpasangan
-lompat dengan berpasangan

Alokasi waktu : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerak senam ritmik jalan dan lompat dengan berpasangan

B.Materi Pembelajaran
a. Senam ritmik

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan: berbaris,doa, presensi dan pemanasan

Inti: Pertemuan l
~melakukan gerak ritmik jalan pada:
sikap awal
saat melakukan
sikap akhir

Pertemuan ll
~melakukan gerak ritmik lompat pada:
sikap awal
saat melakukan
sikap akhir

Penutup: pendinginan berbaris, evaluasi proses pembelajaran, memotivasi,doa,dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga klsVl, hal 40-42
Buku referensi yang relevan

F. Penilaian
1. Tehnik penilaian
* Test unjuk kerja(psikomotor)
-gerak ritmik jalan dan lompat dengan berpasangan
2. Rubrik penilaian

Unjuk kerja ritmik


Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1. Gerak ritmik jalan berpasangan
2. Gerak ritmik lompat berpasangan

Jumlah:
Jumlah skor maksimal:



Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah



------------------- -----------------------










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetesi :4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan dan beregu,serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar :4.2 Mempraktikan gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika

Indikator : Melakukan gerakan Senam Indonesia Sehat (S I S) dengan: -pemanasan
-inti
-pendinginan

Alokasi waktu : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan S I S pada gerakan :
Pemanasan
Inti
Pendinginan

B.Materi Pembelajaran
a. senam Ritmik: S I S

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demontrasi, latihan dan penugasan

D.Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi dan penugasan

Inti: Pertemuan l
~melakukan gerakan pada:
a. pemanasan
b. inti


Pertemuan ll
~melakukan gerakan pada:
a. inti
b. pendinginan
~melakukan keseluruhan gerak S I S

Penutup: pendinginan, evaluasi proses pembelajaran,memotivasi, penugasan,doa dan dibubarkan

E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 43-51
Buku panduan S I S

F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
*test unjuk kerja(psikomotor):
gerakan pemanasan, inti dan pendinginan npada S I S
2. Rubrik Penilaian

Unjuk kerja gerak S I S

Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3 4
1. Pemanasan S I S
2. Inti S I S
3. Pendinginan SI S
4. Melakukan senam S IS dengan beregu
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:


Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala Sekolah




------------------- ---------------------







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah :SD

Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester :Vl(Enam)/(Satu)

Standar Kompetensi :5. Menerapkan budaya sehat

Kompetensi Dasar :5.1 Mengenal bahaya narkoba
5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba

Indikator :-Pengertian narkoba
-Jenis-jenis narkoba
- Dampak negative dari narkoba
-Bahaya fisik narkoba
- Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
-Mencegah dan menghindarinya

Alokasi waktu : 8 x 35 menit( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat menjelaskan dan memahami tentang:
Pengertian,jenis-jenis,dampak negative,bahaya,akibat,cara pencegahan dan cara menghindari dar narkoba

B. Materi Pembelajaran
Narkoba
Jenis-jenis, dampak negative, bahaya, mencegah dan menghindarinya

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, latihan dan penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: Mengkondisikan kelas dan siswa,berdoa, presensiapersepsi pada materi

Inti: Pertemuan l:
~Pengertiannarkoba
~Jenis-jenis narkoba
~Dampak negative

Pertemuan ll
~Bahaya narkoba
~Akibat fatal dari penya lahgunaan narkoba
~Mencegah dan menghindari narkoba

Penutup: evaluasi proses pembelajaran,pemberian tugas,doa dan bubar

E. Sumber Beljar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 54-58
Buku panduan tentang narkoba
Buku kesehatan

F. Penilaian
1.Tehnik Penilaian
*test teori:
jelaskan tentang:pengertian,jenis,dampak negative,bahaya, akibat,pencegahan dan menghindari
2. Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Pengertian narkoba
2. Jenis-jenis narkoba
3. Dampak negative dari narkoba
4. Bahaya fisik terhadap narkoba
5. Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
6. Mencegah dan menghindari narkoba
Jumlah :
Jumlah skor maksimal :

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



------------------ ------------------------------
Poskan Komentar