TRISNO MARSA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Indikator : 6.1.1 Melafalkan kata dan kalimat Surah al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
6.1.2 Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan benar
Materi Pembelajaran : Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jil. 6 NTR-Esis bab 6 halaman )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih membaca kata dan kaliamat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
3. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
• Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
• Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
• Beberapa siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
• Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
• Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
• Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
• Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
• Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
3. Kegiatan Penutup
• Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
• Siswa diminta menulis Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di karton
2. Buku Tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis halaman
4. Kaset/CD Alquran
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
Penilaian:
1. Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar!
2. Carilah masing-masing 3 contoh bacaan izhar syafawi, mad wajib muttasil dalam Alquran!
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 04 Sidomulyo,
SUTRISNO, S.Pd. …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam
RIRIN QUROTU AINI