LAMAN

Minggu, 12 Juni 2011

RPP AGAMA KELAS V/1

TRISNO MARSA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca QS Al Ma’un dan Al Fil
Indikator : 6.1.1 Membaca QS Al Ma’un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar
6.1.2 mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca QS Al Ma’un dan Al fil dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat membaca QS Al Ma’un dan Al Fil dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar

Materi Pembelajaran : Surah Al Ma’un dan Al Fil (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 6 hal)

Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih melafalkan QS Al Lahab dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ma’un dan Al Fil
3. Siswa berlatih melafalkan QS Al Ma’un dan Al Fil dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar



Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
. Memberikan pengantar melalui asabaun nuzul dari materi yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru berkaitan dengan bahan ajar yang disajikan
. Siswa melafalkan Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu denga
. Siswa diperkenalkan tentang hukum bacaan (tajwid) yang ada pada Surah Al Ma’un dan Al Fil
. Siswa melafalkan Surah Al M’un dan Al Lahab dengan menerapkan hukum bacaan yang benar, dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta untuk melafalkan kembali Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan harakat, makhraj, serta hukum bacaan yang benar
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang telah dipelajari


Alat / Sumber Belajar:
1. Teks Surah Al Ma’un dan Al Fil di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR Esis hal
3. Buku tajwid
4. Kaset/CD Alquran
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru








Penilaian:
1. Lafalkan Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar!
2. Berikan definisi dari hukum bacaan:
a. qalqalah sugra
b.idgam bilagunnah
2. Carilah contoh hukum bacaan mad arid lissukun, idgam bilagunnah, dan iqlab masing-masing 3 dalam Alquran (dikumpulkan pada pertemuan berikutnya)!





Mengetahui
Kepala SD Negeri 04 Sidomulyo,




SUTRISNO,S.Pd.
NIP 19740621 199703 1 003 ................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : ________________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan QS Al Ma’un dan Al Fil
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengartikan QS Al Ma’un dan Al Fil
Indikator : 6.2.1 Mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
6.2.2 Menunjukkan hafal Surah Al Ma’un dan Al Fil
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
2. Siswa dapat memahami isi pokok Surah Al Ma’un dan Al Fil
3. Siswa dapat menghafal Surah Al Ma’un dan Al Fil

Materi Pembelajaran : Surah Al Ma’un dan Al Fil (lihat buku pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 6 hal)

Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas isi pokok Surah Al Ma’un dan Al Fil
3. Siswa menghafal Surah Al Ma’un dan Al Fil


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah yang telah dihafal siswa
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memperkenalkan bahan ajar melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti
. Siswa diminta membacakan Surah Al Ma’un dan Al Fil secara bersama-sama
. Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per ayat Surah Al Ma’un dan Al Fil
. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
. Siswa mengemukakan pendapat tentang isi pokok dari Surah Al Ma’un dan Al Fil
. Siswa menghafal Surah Al Ma’un dan Al Fil
. Siswa mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa diminta menulis Surah Al Ma’un dan Al Fil di buku tugas
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang seputar isi pokok Surah Al Ma’un dan Al Fil
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa diminta mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , ditulis di buku tugas


Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lafal Surah Al Ma’un dan Al Fil Fil beserta artinya di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis halaman
3. Buku Tajwid
4. Kaset/CD Alquran
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar



Penilaian:
1. Artikan Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan lengkap!
2. Berikan masing-masing 2 isi pokok dari Surah Al Ma’un dan Al Fil!
3. Tulislah Surah Al Ma’un dan Al Fil lengkap dengan tanda bacanya!










Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
Indikator : 7.1.1 Beriman dan mampu menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT

Materi Pembelajaran : Nama-nama Rasul Allah SWT (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 7 hal)

Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
2. Siswa berlatih menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
. Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Rasul-rasul Allah SWT
. Memperkenalkan bahan ajar tentang Rasul-rasul Allah SWT (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa memberikan pendapatnya tentang definisi beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
. Siswa diperkenalkan materi tentang nama-nama Rasul Allah SWT
. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT secara klasikal, kelompok, dan individu
. Siswa menghafalkan nama-nama Rasul Allah SWT
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang definisi beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT dan nama-namanya yang telah dipelajari
. Guru memberikan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan


Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 5 hal
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
5. Kaset/CD tentang Rasul-rasul Allah SWT
6. Pengalaman guru



Penilaian:
1. Berikan pendapatmu tentang definisi beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
2. Sebutkan nama-nama Rasul Allah yang wajib kita ketahui!









Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Rasul-rasul Allah SWT
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ululu Azmi dari para Rasul
Indikator : 7.2.1 Menjelaskan Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami pengertian Rasul Ulul Azmi
2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul

Materi Pembelajaran : Nama-nama Rasul Ulul Azmi (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 7 hal)

Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas pengertian Rasul Ulul Azmi dan kelebihan yang mereka miliki dari para Rasul yang lain
2. Siswa berlatih menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan nama-nama Rasul Allah SWT
. Memperkenalkan bahan ajar tentang Rasul Ulul Azmi
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
. Siswa diperkenalkan materi tentang Rasul Ulul Azmi
. Siswa memberikan pendapat tentang definisi Rasul Ulul Azmi
. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa mengemukakan pendapat tentang kelebihan Rasul Ulul Azmi dari para Rasul yang lain
3. Kegiatan Penutup
. Mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang seputar Rasul Ulul Azmi
. Siswa diminta memberikan kesimpulan ringkas dari materi yang telah disampaikan


Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan nama-nama rasul Allah SWT di karton
2. Tulisann nama-nama Rasul Ulul Azmi di karton
3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan Rasul Ulu Azmi
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 5 halaman
5. Kaset/CD tentang Rasul Ulul Azmi
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar



Penilaian:
1. Jelaskan definisi Rasul Ulul Azmi yang telah kamu pelajari!
2. Apakah yang menyebabkan beberapa Rasul bergelar Ulul Azmi?










Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Rasul-rasul Allah SWT
Kompetensi Dasar : 7.3 Membedakan Nabi dan Rasul
Indikator : 7.3.1 Membedakan antara Nabi dan Rasul
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membedakan antara Nabi dan Rasul

Materi Pembelajaran : Perbedaan antara Nabi dan Rasul (lihat buku pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 7 hal)

Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar tentang perbedaan antara Nabi dan Rasul
2. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tentang perbedaan antara Nabi dan Rasul

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yakan disampaikan
. Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan pengertian Nabi dan Rasul
. Memperkenalkan bahan ajar tentang melalui cerita singakat dan menarik (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Beberapa siswa diminta untuk mengemukan pendapat tentang definisi Nabi dan Rasul yang mereka ketahui
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyebutkan perbedaan antara Nabi dan Rasul
. Siswa menyebutkan tugas-tugas Rasul
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa diminta mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas


Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan nama-nama rasul Allah SWT di karton
2. Tulisann nama-nama Rasul Ulul Azmi di karton
3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan Rasul Ulu Azmi
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Esis Jilid 5 halaman
5. Kaset/CD tentang Rasul Ulul Azmi
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar




Penilaian:
1. Apakah tugas-tugas dari seorang Rasul?
2. Tuliskanlah perbedaan antara Nabi dan Rasul dalam sebuah tabel!






Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah sahabat Nabi
Kompetensi Dasar : 8.1 Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar RA
Indikator : 8.1.1 menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar RA
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menceritakan kembali kisah Khalifah Abu Bakar RA

Materi Pembelajaran : Kisah Khalifah Abu Bakar RA (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 8 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Khalifah Abu Bakar RA
2. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Khalifah Abu Bakar RA

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah khalifah Abu Bakar RA
. Memberikan pendahuluan dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Beberapa siswa membacakan kisah Khalifah Abu Bakar RA, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan dari guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Khalifah Abu Bakar RA
. Siswa menyebutkan keutamaan yang dimiliki Abu Bakar
. Siswa menyebutkan usaha-usaha yang dilakukan Khalifah Abu Bakar semasa menjadi khalifah
3. Kegiatan Penutup
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang kisah Khalifah Abu Bakar RA
. Siswa diminta menulis cerita singkat tentang Khalifah Abu Bakar RA di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Khalifah Abu Bakar RA
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis halaman
3. Buku tentang kisah-kisah sahabat nabi
4. Kaset/CD tentang sahabat Nabi
5. Pengalaman guru


Penilaian:
1. Jelaskan cerita singkat tentang kisah Khalifah Abu Bakar RA menggunakan bahasamu sendiri!
2. Tugas apa saja yang diemban Abu Bakar RA selama menjadi khalifah?
3. Apa yang menyebabkan Abu Bakar bergelar As-Siddiq?









Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah sahabat Nabi
Kompetensi Dasar : 8.2 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
Indikator : 8.2.1 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab RA

Materi Pembelajaran : Kisah Khalifah Umar bin Khattab (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 8 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tentang kisah Khalifah Umar bin Khattab RA

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti
. Beberapa siswa membacakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang disampaikan
. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab RA secara individu
. Siswa menyebutkan keutamaan yang dimiliki Khalifah Umar bin Khattab RA
. Siswa menyebutkan usaha yang dilakukan Khalifah Umar bin Khattab RA selama menjadi khalifah
3. Kegiatan Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa membaca dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan di halaman dan menuliskannya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis
3. Buku-buku kisah Sahabat Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi
5. Pengalaman guru

Penilaian:
1. Ceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab RA yang telah kamu pelajari!
2. Usaha apa yang dilakukan Khalifah Umar bin Khattab dalam menegakkan syariat Islam selama menjadi Khalifah?





Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)



















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 9.1 Meneladani perilaku Khalifah Abu Bakar RA
Indikator : 9.1.1 Meneladani kecintaan Abu Bakar terhadap Rasulullah SAW
9.1.2 Meneladani kedermawananan Abu Bakar RA
9.1.3 Meneladani kesahajaaan Abu Bakar RA sebagai khalifah
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat meneladani kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
2. Siswa dapat meneladani kedermawanan Abu Bakar RA
3. Siswa dapat meneladani kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah

Materi Pembelajaran : Kisah Khalifah Abu bakar RA (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 8 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kisah keteladanan Khalifah Abu Bakar RA
2. Siswa berlatih menyebutkan kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
3. Siswa berlatih menyebutkan kedermawanan Abu Bakar RA
4. Siswa berlatih menyebutkan kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kisah Khalifah Abu Bakar yang telah dipelajari
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Guru membacakan kisah Khalifah Abu Bakar RA
. Siswa memberikan kesimpulan dari kisah Khalifah Abu Bakar RA yang dibacakan
. Siswa menyebutkan kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
. Siswa menyebutkan kedermawanan Abu Bakar RA
. Siswa menyebutkan kesahajaan Abu Bakar RA
. Siswa mengemukakan pendapat tentang sikap-sikap Khalifah Abu Bakar RA yang patut diteladani
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menulis contoh-contoh sikap kedermawanan, dan kesehajaan dalam praktik mereka sehari-hari
. Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis
3. Buku-buku kisah Sahabat Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar



Penilaian:
1. Jelaskan dengan singkat, bagaimana wujud kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasullah SAW?
2. Sebutkan dua keuntungan orang yang hidup bersahaja!




Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 9.2 Meneladani perilaku Khalifah Umar bin Khattab RA
Indikator : 9.2.1 Meneladani keberanian Umar bin Khattab RA dalam menegakkan ajaran Islam
9.2.2 Meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat meneladani keberanian Umar bin Khattab RA dalam menegakkan ajaran Islam
2. Siswa dapat meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA

Materi Pembelajaran : Kisah keteladanan Khalifah Umar bin Khattab (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 9 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kisah keteladanan Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Siswa menyebutkan keberanian Umar bin Khattab RA dalam menegakkan ajaran Islam
3. Siswa menyebutkan jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kisah Khalifah Umar bin Khattab RA yang telah dipelajari
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti
. Guru membacakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA, sedangkan siswa mendengarkan dan menyimak dengan baik
. Siswa memberikan kesimpulan dari kisah Khalifah Umar bin Khattab yang dibacakan
. Siswa menyebutkan keberanian Umar bin Khattab RA dalam menegakkan ajaran Islam
. Siswa menyebutkan jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA
. Siswa mengemukakan pendapat tentang sikap-sikap Khalifah Umar bin Khattab RA yang patut diteladani
3. Kegiatan Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
. Siswa membaca dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan di halaman dan menuliskannya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis
3. Buku-buku kisah Sahabat Nabi
4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi
5. Pengalaman guru



Penilaian:
1. Ceritakan dengan singkat sosok pemberani Khalifah Umar binKhattab RA dalam menegakkan ajaran Islam!
2. Jelakan sifat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab RA!




Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 10. Mengenal puasa wajib
Kompetensi Dasar : 10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan
Indikator : 10.1.1 Menjelaskan pengertian puasa Ramadan
10.1.2 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa Ramadan
2. Siswa dapat menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah

Materi Pembelajaran : Puasa Ramadan dan puasa sunah (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 10 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas pengertian puasa Ramadan dan ketentuan-ketentuannya
2. Siswa berlatih menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang puasa
. Memberikan cerita menarik dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan menyimak uraian yang dijelaskan guru dari bahan ajar yang disampaikan
. Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi puasa Ramadan
. Siswa membaca lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur
. Siswa menghafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur
. Siswa diperkenalkan tentang ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
. Siswa menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta untuk melafalkan kembali doa berbuka puasa dan doa ketika sahur secara bersama-sama
. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah

Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan tentang ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah di karton
2. Teks lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur di karton
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis halaman
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru

Penilaian:
1. Bagaimana lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur?
2. Sebutkan syarat sah puasa!






Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 10. Mengenal puasa wajib
Kompetensi Dasar : 10.2 Menyebutkan hikmah puasa Ramadan
Indikator : 10.2.1 Mempraktikkan puasa sunah Senin dan Kamis
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menyebutkan hikmah puasa Ramadan
2. Siswa dapat mempraktikkan puasa sunah Senin dan Kamis

Materi Pembelajaran : Puasa Ramadan dan puasa sunah (lihat buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 NTR-ESIS bab 10 hal)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas hikmah puasa Ramadan
2. Siswa berlatih menyebutkan menyebutkan hikmah puasa Ramadan
3. Siswa mempraktikkan puasa sunah Senin dan Kamis

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang materi puasa Ramadan
. Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
. Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan menyimak uraian yang dijelaskan guru dari bahan ajar yang disampaikan
. Siswa mengemukakan pendapat tentang pengalaman puasa Ramadan mereka
. Siswa menyebutkan hikmah puasa Ramadan secara klasikal, kelompok dan individu
. Siswa menyebutkan keutamaan dari puasa sunah-puasa sunah yang lain
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta untuk melakukan aktivitas yang ada di halaman
. Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan oleh guru
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan tentang ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah di karton
2. Teks lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur di karton
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5 NTR-Esis halaman
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru

Penilaian:
1. Coba tuliskan hikmah puasa Ramadan yang kamu dapatkan dari pengalaman puasa Ramadanmu!
2. Puasa mendidik seseorang menjadi disiplin, apa maksudnya?







Mengetahui
Kepala SD ..........................................




(_______________________)
................ , …………………… Guru pendidikan Agama Islam




(_______________________)
Poskan Komentar