RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMP
Negeri 3 Penawartama
Mata Pelajaran :
Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester :
VII/
Satu
Materi Pokok :
Teks
Hasil Observasi
Alokasi Waktu :
2 pertemuan (2 X 40’)
A.
Kompetensi
Inti
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak
mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung,
menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
2.1 Memiliki
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
|
2.1.1
Menunjukkan perilaku
jujur (tidak menjiplak) pada kegiatan menulis teks
|
2.
|
3.2 Membedakan
teks hasil observasi, tanggapan deskripsif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek bail melalui lisan maupun tulisan
|
3.2.1
Membedakan
teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanya
|
3.
|
4.2 Menyusun
teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
4.2.1
Menulis kerangka
teks hasil eksposisi dengan tidak menyontek karya orang lain
4.2.2
Menulis
klasifikasi umum teks hasil observasi sesuai dengan fakta yang ditemukan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
1. Siswa terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia
untuk menyusun teks baik lisan/tulis.
2.
2. Ketika diminta mengerjakan tugas, siswa dapat mengerjakan
dengan penuh tanggung
3.
jawab.
4.
3. Ketika diberikan tugas menulis, siswa memiliki
perilaku jujur dalam berkarya dan merujuk tulisan yang diambil sesuai kaidah
perujukan.
5.
4. Ketika diberikan tugas menulis, siswa
memiliki perilaku kreatif dalam menyusun dan
6.
menyajikan proses terjadinya sesuatu.
5. Dengan
membaca teks eksplanasi siswa mampu menjelaskan ciri struktur teks observasi
(ciri pertanyaan umum, deretan penjelasan, interpretasi)
7. Siswa dapat menjelaskan teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanya
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
Pengenalan
struktur teks hasil eksposisi
Struktur
isi:
· Judul
· Klasifikasi umum.
Ciri
Bahasa
·
Penggunaan kata sifat
·
Penggunaan kata kerja
aksi
·
Penggunaan
istilah-istilah teknis
2.
Pertemuan ke-2
Pengamatan
objek
-
Pemilihan objek
-
pengumpulan detail
objek
-
Penyusunan
kerangka teks
-
Penyusunan teks hasil observasi
-
Penyusunan draf teks
hasil observasi
-
Penentuan kelengkapan
dan kebenaran struktur teks observasi
E.
Metode
Pembelajaran
Saintifik
dan inkuiri
F.
Sumber
Belajar
- Mahsun, dkk. 2013.
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm. 41 s.d.45
G.
Media
Pembelajaran
Model : Teks hasil
A.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan (5 menit )
1) Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang biota laut
berdasarkaqn gambar
2)
Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang sifat baik orang yang
gemar mendokumentasikan keindahan
lingkungan dalam bentuk
tulisan maupun gambar.
3)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
4)
Guru dan peserta
didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai
kompetensi.
b.
Kegiatan inti (30 menit)
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
teks hasil observasi
untuk menemukan struktur isi teks
tersebut
·
Peserta didik secara mandiri mengamati teks observasi untuk menemukan fitur-fitur bahasa pada teks tersebut
Menanya
·
Peserta didik dengan
bimbingan guru mengajukan pertanyaan dengan berpedoman dengan kata tanya apa,
di mana, bagaimana, mengapa sesuai dengan isi teks tersebut.
·
Peserta didik
mengajukan pertanyaan tentang bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi dengan memperhatikan
pilihan kata, jenis kata , dan kalimat.
Mengumpulkan
data
·
Peserta didik berkelompok
terdiri atas 4-5
orang/ kelompok dengan cara menyebut nama-nama benda/tumbuhan untuk ditetapkan sebagai nama
kelompoknya.
·
Kelompok peserta didik
membaca sumber-sumber lain untuk menentukan struktur isi dan bahasa teks
tersebut.
Mengasosiasi
· Kelompok peserta didik mendiskusikan
struktur isi teks hasil observasi tentang tesis
atau opini, argumentasi-argumentasi, penegasan ulang dari
tesis.
·
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan bahasa yang digunakan
pada teks hasil observasi sesuai dengan data yang terdapat pada teks
tersebut
·
Peserta didik menyimpulkan
struktur teks hasil observasi dengan tepat
waktu
·
Peserta didik dalam kelompok membandingkan dan menyimpulkan perbedaan
bahasa yang digunakan dalam teks hasil observasi
Mengomunikasikan
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang struktur isi
teks observasi
·
Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok lain dengan terlebih
dahulu mengacungkan tangan
·
Tanggapan kelompok memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung
perasaan kelompok lain
·
Dengan dibimbing guru, peserta
didik menyimpulkan struktur isi dan
bahasa teks hasil observasi
c.
Penutup (5 menit)
1)
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama
pembelajaran berlangsung
2)
Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran
berikutnya
3)
Peserta didik menerima tugas
membaca teks observasi
4)
Peserta didik menerima rencana kegiatan berikutnya berupa mengamati suatu objek sebagai bahan menulis
teks hasil observasi
2.
Pertemuan ke-2
a. Kegiatan
Pendahuluan (5 menit )
1)
Peserta didik dan guru bertanya
jawab tentang hasil membaca teks hasil observasi
2)
Peserta didik bercerita manfaat membaca teks hasil observasi dan mengemukaan pandangannya tentang teks hasil observasi
3)
Peserta didik menerima informasi tujuan kegiatan pembelajaran yang akan
ditempuh.
4)
Peserta didik dan guru menyepakati
langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (30 menit)
Mengamati
·
Peserta didik membaca
teks hasil observasi
·
Peserta didik menandai
bagian-bagian teks hasil observasi
·
Peserta didik menandai
pilihan kata yang merupakan penciri teks hasil observasi
Mananya
·
Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan tentang tata cara mengelompokkan data hasil observasi
·
Peserta didik dalam kelompok mengajukan tata cara menyusun kerangka
teks hasil observasi
Mengumpulkan
data
·
Peserta didik berkelompok dalam 4 atau 5 orang per kelompok dengan
dipandu guru
·
Setiap kelompok menerima tabel pengamatan.
·
Setiap kelompok mendapat tugas dan tempat yang berbeda di luar kelas
sebelum melakukan pengamatan di luar kelas
·
Sebelum melakukan pengamatan, setiap kelompok mengidentifikasi jenis- jenis tanaman apa saja yang ditanam di pekarangan sekolah, misalnya: tanaman apotek
hidup perlu ditentukan (a)
cirri fisik, (b) kondisi tempat
tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik
rinci dari tiap-tiap bagian , dan (e) proses
Pertumbuhannya
Mengasosiasi
§
Semua anggota kelompok masuk ke ruang kelas belajar
·
Setiap anggota kelompok menuangkan hasil pengamatannya pada tabel
pengamatan dipandu oleh salah seorang ketua kelompok
§
Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menyusun kerangka teks hasil observasi
Mengomunikasikan
·
Masing-masing kelompok secara bergantian menyampaikan hasil
pengamatannya
dengan pedoman pada
strukutur teks observasi menurut apa adanya dan kelompok lain menanggapi
dengan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lian
·
Berdasarkan hasil pengamatan dan komentar kelompok lain, setiap
kelompok menyempurnakan kerangka penulisan teks observasi
·
Guru memberikan
penguatan struktur kerangka teks hasil observasi dan tata cara menyusunnya
·
Setiap peserta didik dalam kelompok menyempurnakan kerangka teks hasil
observasi berdasarkan masukan dan detail fakta yang diperolehnya
c.
Kegiatan Penutup (5 menit)
1)
Peserta didik mengemukakan pengalaman-pengalamannya selama melakukan
pengamatan dan perancangan penulisan pengembangan kerangka penulisan.
2)
Peserta didik menyampaikan struktur tulisan karya teman sendiri untuk
dibandingkan dengan struktur tulisan teman dalam kelompok.
3)
Peserta didik dan guru menyepakati
strukur kerangka pengembangan yang akan dijadikan penulisan teks observasi.
4)
Peserta didik menerima tugas memperbaiki kerangka penulisan yang telah
dibuatnya.
5)
Guru menyampaikan
rancangan kegiatan berikutnya berupa tata cara pengembangan kerangka penulisan
teks observasi
B.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : observasi
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
-
|
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan
di luar kelas dengan baik dan benar
|
Aspek lembar observasi
-
Sikap menghargai
-
Sikap bersyukur
|
Instrumen
terlampir (Lampiran 1a)
2.
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian :
Observasi, Penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar Observasi, Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas untuk kegiatan teks hasil observasi
|
Menyelesaikan tugas membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat
waktu (tanggung jawab)
|
2
|
Senantiasa menggunakan kata-kata yang
tidak menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi perbedaan
pendapat tentang teks hasil observasi dan deskripsi
|
Menanggapi simpulan yang disampaikan
teman dengan menggunakan intonasi dan
pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain (santun)
|
3
|
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak
pada kegiatan menulis teks hasil observasi
|
Menuliskan hasil
teks hasil observasi karya
sendiri sesuai dengan detail data yang ditemukan (jujur)
|
Instrumen
terlampir (Lampiran 1 b
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penialaian : Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
-
|
Disajikan teks observasipeserta didik dapat
-
Mengidentifikasi
struktur isi teks hasil observasi
-
Mengidentifikasi bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi
|
Berdasarkan teks hasil observasi jelaskan ciri-ciri judul, klsifikasi umum,
dan deskripsi pada teks observasi
yang kamu baca!
Jelaskan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam
teks observasiyang kamu baca
disertai bukti yang mendukung jawabanmu!
|
Bacaan
dan Rubrik penilaian terlampir (Lampiran 2)
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Proyek
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
-
|
· Disajikan
ilustrasi tugas pengamatan siswa dapat
menulis teks observasi dengan bagian-bagian secara
lengkap sesuai struktur teks observasi (Tesis atau opini
Argumentasi-argumentasi
Penegasan
ulang dari tesis).
·
Disajikan ilustrasi tugas
pengamatan siswa dapat menulis judul,
klasifikasi umum, rincian observasi dengan
isi yang sesuai hasil pengamatan
·
Disajikan ilustrasi tugas
pengamatan siswa dapat menulis judul,
klasifikasi umum, rincian observasidengan
kalimat dan pilihan kata secara tepat
·
Disajikan ilustrasi tugas
pengamatan siswa dapat menulis judul,
klasifikasi umum, rincian observasidengan
tanda baca dan ejaan secara tepat
|
1.
Pilih salah satu
objek observasi yang ada di lingkunganmu!
2.
Tentukan aspek-aspek
yang diamati!
a.
Jika yang diamati tumbuhan, unsure yang harus diamati meliputi (a)
cirri fisik, (b) kondisi
tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e) proses
pertumbuhannya
b.
Kalian bisa
menambahkan unsur lain yang relevan.
3. Kembangkan
hasil observasimu menjadi teks secara
utuh dan beri judul yang sesuai!
|
Rubrik Penilaian Proyek terlampir (Lampiran 3)
Lampiran 1a
Rubrik Penilaian Sikap Religius
No
|
Nama Siswa
|
Menghargai
|
Bersyukur
|
skor
|
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 1b
Rubrik Penilaian Sikap sosial
No
|
Nama Siswa
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Jujur
|
skor
|
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2
Bacaan dan rubrik penilaian
Teks bacaan
Biota Laut
1 Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang
berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan
salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah. Biota laut itu di
antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian
dari ekosistem laut.
2 Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat
banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena
cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh
meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang
tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga
dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor
kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri,
antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.
3 Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia
juga memiliki tumbuhan laut. Di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu,
misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakau. Rumput laut di sini
sangat beragam bentuknya, ada yang bulat seperti tabung, pipih dan gepeng,
ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut.
Semua dapat hidup karena perawatannya dipantau secara berkala untuk melihat
perkembangannya.
4 Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi
kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput
laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang
itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut
Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di
Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado.
Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang
telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
1. Diolah
dari sumber:“Biota Laut” Oceana, Volume XXXi, No.1, 2006, hlm. 27—38 Oleh
karena itu,
|
Instrument penilaian :
Untuk mengetahui
pemahaman kamu tentang teks “Pelestarian Biota Laut”, jawablah pertanyaan
berikut!
1)
Apa manfaat biota laut bagi manusia?
2) Bagaimana dan
dimana terumbu karang dapat hidup?
3) Apa yang kamu
ketahui mengenai hutan bakau?
4) Sebutkanlah
beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai taman laut!
5) Apa yang
disampaikan penulis mengenai biota laut?
|
Indikator
|
Skor
|
|
Siswa dapat membedakan teks hasil observasi dengan
tepat waktu
|
4
|
|
Siswa dapat menggunakan kata-kata yang tidak
menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi perbedaanpendapat
tentang hasil observasi
|
2
|
|
Siswa dapat menunjukkan perilaku tidak menjiplak
pada kegiatan menulis teks hasil observasi
|
2
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan struktur isi
teks hasil observasi
|
4
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bahasa yang
digunakan pada teks hasil observasi
|
2
|
|
Lampiran 3
Penilaian proyek
Nama
kelompok
:
Tempat/tanggal
pengamatan observasi :
No
|
Nama benda/hewan
|
Bentuk
|
Warna
|
Manfaat
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
Penawartama,
20 Juni 2014
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala SMP Negeri 3 Penawartama,
RUSTOYO, S.Pd. INSAF
SETIA, S.Pd
NIP. NIP 19790421 201102 2 007