TRISNO MARSA
1. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Ringkasan Prestasi menurut indikator berdasarkan bukti
lahan Sekolah :
- Luas lahan 100 m2
- Rasio luas lahan terhadap peserta didik 1 m2
- Bukti kepemilikan lahan berupa akta hibah
Bangunan Gedung
- Luas lantai …m2
- Rasio luas lantai terhadap peserta didik … m2
- Dilengkapi instalasi listrik dengan daya 900 watt
Prasarana dan Sarana
1. Ruang Kelas :
• Banyaknya ruang kelas 6 ruang
• Banyaknya ruang kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) 3 ruang
• Banyaknya ruang kelas yang tidak memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) 3 ruang
• Sarana ruang kelas yang tersedia …
2. Ruang Perpustakaan
• Luas Ruang Perpustakaan - m2
• Ruang perpustakaan mudah/sukar diakses
• Sarana ruang perpustakaan yang tersedia -
3. Laboratorium IPA
• Luas laboratorium - m2
• Sarana laboratorium yang tersedia -
4. Ruang Pimpinan
• Luas ruang pimpinan … m2
• Sarana ruang pimpinan yang tersedia …
5. Ruang Guru
- Luas lantai …m2
- Rasio luas lantai … m2/pendidik
- Ruang guru dilengkapi dengan …
6. Tempat beribadah
• Luas lantai … m2
• Sarana yang tersedia …
7. Ruang UKS
• Luas lantai … m2
• Sarana yang tersedia …
8. Jamban
• Jumlah jamban … buah
• Luas lantai tiap jamban … m2
• Setiap jamban tersedia air yang cukup/…
• Sarana yang tersedia …
9. Gudang
• Luas lantai … m2
• Sarana yang tersedia …
10. Gudang
• Luas lantai … m2
• Sarana yang tersedia …
•
11. Ruang Sirkulasi
12. Tempat Bermain / Berolahraga
• Tempat bermain berfungsi sebagai … (area bermain, berolah raga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstra kurikuler)
• Luas tempat bermain/berolah raga … m2.
• Rasio tempat bermain/berolahraga … m2/peserta didik
(Untuk SMP ditambah}
13. Ruang Tata Usaha (Urutan 6)
• Luas ruangan … m2
• Raio luas ruangan …m2/petugas
• Sarana yang tersedia dalam ruang tata usaha …
14. Ruang Konseling (Urutan 8)
• Luas ruangan … m2
• Sarana yang tersedia dalam ruang konseling …
15. Ruang Organisasi Kesiswaan (Urutan 10)
• Luas ruangan … m2
• Sarana yang tersedia dalam ruang …
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?
- Pemeliharaan Bangunan.
• Kami membuat pemelihaharaan … (jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang)
• Kami melaksanakan program pemeliharaan … (catatan kegiatan pemeliharaan)
• Kami memiliki program 7 K
• Kami melaksanakan program 7 K ….
- Kondisi Bangunan
• Kemudahan Akses
Jalan menuju sekolah ada/tidak ada dan berfungsi/tidan berfungsi
Sekolah kami mudah/sukar dijangkau
• Keamanan
Sekolah kami … pagar dan …
Bangunan gedung dilengkapi dengan … (penangkal petir, pemadam kebakaran).
Sekolah kami memiliki/tidak memiliki petugas keamanan
• Kebersihan
Sekolah dalam keadaan bersih/kurang bersih/tidak bersih.
Sekolah memiliki/tidak memiliki tempat sampah yang cukup/kurang
Sekolah kami memilki/tidak memiliki tempat pembuangan akhir.
• Keindahan
Keindahan terpelihara/tidak terpelihara.
Sekolah memiliki/tidak memiliki taman yang terpelihara/kurang terpelihara/tidak terpelihara.
Sekolah kami rindang/kurang rindang/tidak rindang.
• Kenyamanan
Suasana sekolah kami nyaman/kurang nyaman/tidak nyaman
2. STANDAR ISI
Kerangka Dasar Kurikulum
- Kurikulum sekolah kami memuat … kelompok mata pelajaran.(ada 5 kelompok, sebutkan yang dimuat)
- Kurikulum dikembangkan berdasar … prinsip. (ada 7 prinsip)
Struktur Kurikulum
- Kurikulum sekolah kami memuat … ( 8/10 mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri)
- Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan/tidak menggunakan pendekatan tematik / mata pelajaran. (Khusus SD)
- Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah … jam pembelajaran.
- Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah … menit.
- Jumlah minggu efektif dalam setahun … minggu.
- Silabus tersedia/tidak tersesedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.
- RPP tersedia/tidak tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran
- Sekolah kami memiliki/tidak memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
- Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan … (Kepala Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat)
- Kami menyusun kurikulum menggunakan/tidak menggunakan Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP.
- Kurikulum sekolah kami disusun … (setiap tahun, 2 tahun sekali, …)
- Kurikulum kami memuat muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu … (Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, PLH, …)
- Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu … (Sebutkan)
-
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Ekstra Kurikuler :
- Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler … (Sebutkan)
- Kami memnyelenggarakan berdasarkan/tidak berdasarkan kebutuhan peserta didik. (Jenis kelamin, minat, bakat, dan usia peserta didik)
- Kami mengorganisasikan / tidak mengorganisasikan kegiatan ekstra kurikuler.(Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)
Bimbingan dan Konseling
- Kami menyelenggarakan / tidak menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan Konseling.
- Kami mengorganisasikan / tidak mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling.(Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)
3. STANDAR PROSES BELAJAR
Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
- …% ( … orang) pendidik pada seolah kami memiliki/tidak memiliki silabus.
- Silabus dikembangkan didasarkan/tidak didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.
- Silabus mengarah/tidak mengarah pada pada pencapaian SKL
Silabus selalu/jarang/tidak dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif
- … % ( … orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan.
- … % ( … orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
- RPP dikaji/direvieu setiap tahun atau tidak.
- RPP mencakup/memuat … (Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar).
-
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?
- Sumber belajar yang tersedia …(buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan, laboratorium, Lingkungan, lainnya)
- Buku teks lebih/cukup/tidak cukup untuk satu siswa satu buku.
- Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu … (Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya)
- Semua/sebagian besar/sebagian kecil guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
Semua/sebagian besar/sebagian kecil siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
- … % (… orang) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang diapkannya.
- Dalam proses pembelajaran … % (…orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik.
- Dalam proses pembelajaran … % (…orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
… % (…orang) pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Perencanaan Proses Belajar
… % ( … orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik.
Implementasi Proses Belajar
- ... % pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya.
- ... % (...orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
- ...% (...orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik.
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?
- …% (… orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik.
- Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik
- … % (… orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
- Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian.
… % (… orang) pendidik selalu member penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung.
4. STANDAR EVALUASI
Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
- … % (… orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik.(Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, rubrik penilaian).
- … % (… orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan.
- … % (… orang) pendidik mengimpormasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik.
- …% (… orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran.
- … % (… orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik. (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
- … % (… orang) pendidik mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya.
- … % (… orang) pendidik menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya.
- … % (… orang) pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada orangtua peserta didik.
- … % (… orang) pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka
…% (… orang) pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orangtua peserta didik.
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
- Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan
Sekolah melaporkan hasil Bimbingan dan Konseling terhadap orangtua peserta didik.
5. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Lulusan
- Peserta ujian ( siswa kelas enam) memiliki rata-rata nilai ujian … (melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran)
- Siswa memiliki rata-rata nilai (raport) …(melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran)
Pencapaian prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan/tetap/kemunduran dari tahun ke tahun
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?
- … % peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
- … % peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten.
- Potensi dan minat dari … % peserta didik telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan.
- Sekolah menyediakan/tidak menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri.
6. STANDAR PENGELOLAAN
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?
- Sekolah memiliki/tidak memiliki Komite Sekolah.
- Komite Sekolah memiliki ... (Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana Kerja, Catatan Kegiatan, ...)
- Sekolah memiliki/tidak memiliki Visi dan Visi.
- Dalam perumusan dan penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan ... (Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua peserta didik, Tokoh masyarakat)ekolah
- Visi dan Misi Sekolah disosialisasikan kepada .. (Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar)
- Visi dan Misi telah difahami oleh ... (Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar).
- Sekolah merevieu/tidak Visi dan Misi secara berkala.
- Kepala Sekolah memiliki/ tidak memiliki Rencana Kerja.
Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu baik di kelas maupun di luar kelas sesuai Rencana Kerja Sekolah.
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?
- Sekolah memiliki/tidak memiliki rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar
- Dalam menyusun program kerja, kepala sekolah melibatkan …. (Pendidik, Tata Usaha, Penjaga, …, Peserta Didik.
- Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada … (peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan) agar dipahami dengan baik
- Sekolah mengevaluasi / tidak mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut hasil evaluasi.
- Sekolah menyusun/tidak menyusun tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat.
- Tujuan sekolah disosialisasikan kepada … (peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan) agar dipahami dengan baik
- Sekolah menyusun/tidak menyusun Rencana Pengembangan Sekolah.
- Rencana Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah.
Rencana Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada … (warga sekolah, masyarakat sekitar, …)
Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?
- Sekolah menyusun/tidak menyusun RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan yang didasarkan pada rencana jangka menengah.
- Sekolah melaksanakan/tidak melaksanakan evaluasi diri sekolah secara berkala.
- Sekolah menyusun/tidak menyusun Laporan Evaluasi Diri sekolah
- Sekolah membuat/tidak membuat Rencana Tindak Lanjut dari hasil evaluasi diri sekolah.
- Sekolah menyusun/tidak menyusun indicator keberhasilan sekolah.
- Sekolah menetapkan/tidak menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah.
Sekolah mensosialisasikan/tidak mensosialisasikan indicator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja.
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?
- Sekolah memiliki program pengelolaan informasi berupa ... (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut)
- Sarana informasi yang tersedia ... (Website, telepon, papan pengumuman, kotak saran)
- Stake holder mudah/sulit mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah.
- Sekolah memiliki/tidak memiliki petugas pelayanan informasi.
- Sekolah memiliki data pengelolaan sekolah yang ... (lengkap, kurang lengkap, tidak lengkap)
Sekolah melaporkan/tidak melaporkan data pengelolaan sekolah kepada dinas terkait secara rutin.
Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan
- Sekolah memilikitidak memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.
- Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah adalah … (pembagian tugas, pemberian penghargaan, pengembangan profesi)
- Sekolah mempromosikan/belum mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan.
- Sekolah memiliki/tidak memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
- Sekolah memfasilitasi/tidak memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya.
- Kepala Sekolah membuat/tidak program supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala.
- Kepala Sekolah melaksanakan/tidak melaksanakan supervisi pengelolaan danmenindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
- Kepala Sekolah membuat/tidak program supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala.
- Kepala Sekolah melaksanakan/tidak melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?
- Masyarakat pendukung/tidak mendukung sekolah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik.
- Sekolah menjalin kemitraan dengan ... (Komite Sekolah, Msyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan, Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra, Asisiasi alumni) dalam kegiatan non akademik.
- Semua warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah.
7. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIK
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Kepala Sekolah
- Tingkat pendidikan Kepala Sekolah adalah … (SLTA, D-2, S-1, S-2)
- Jenis Pendidikan … (Pendidikan / Non Pendidikan)
- Kepala Sekolah sudah/belum bersertifikat Guru.
Guru
- Jumlah guru kelas … orang, lebih/cukup/kurang (Khusus SD)
- Jumlah guru mata pelajaran … orang, cukup/kurang
- … % (… orang) guru berijasah S-1.( … orang S-1 pendidikan, … orang S-1 non pendidikan)
- … % (… orang) guru) memiliki latar pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
… % (… orang) guru telah bersertifikat Guru
Tenaga Kependidikan yang kami miliki :
1. Tenaga Administrasi
- Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
- Pendidikan…
2. Pustakawan
- Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
- Pendidikan…
3. Laboran
- Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
- Pendidikan…
4. Konselor
- Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
- Pendidikan…
5. Penjaga
- Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
- Pendidikan…
6. Tukang kebun
- Jumlah … orang, lebih/cukup/kurang
- Pendidikan…
7. mmmmm
- Aaaaa
- Bbbbb
- Cccccc
8. STANDAR PEMBIAYAAN
Bagaimana sekolah mengelola keuangan?
- RAPBS dirumuskan merujuk/tidak merujuk pada peraturan pemerintah.
- Penyusunan RAPBS melibatkan …(Kepala sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua Peserta Didik, Tokoh Masyarakat)
- Sekolah melakukan pembukuan keuangan yang dilengkapi/tidak dilengkapi dengan bukti pengeluaran yang sah.
- Sekolah memajang laporan kinerja efektifitas anggaran di … (Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Pengumuman Sekolah)
- Pendapatan dan pengeluaran keuangan sekolah dilaporkan/tidak dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Sekolah melakukan/tidak melakukan pertanggung jawaban penggunaan keuangan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
- Sekolah kami menjalin kemitraan dengan … (DUDI)
- Sekolah kami mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orang tua yang mampu membantu sekolah kami
- Sekolah kami melanjutkan hubungan kami dengan alumni.
……………………………………………………………..
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?
- Sekolah kami membebaskan semua peserta didik dari segala bentuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.
Sekolah kami menerima semua anak usia sekolah dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.