Stimulasi Perkembangan Anak
Tujuan tindakan memberikan stimulasi pada anak adalah untuk membantu anak mencapai tingkat perkembanagan yang optimal atau sesuai dengan yang diharapkan. Tindakan ini meliputi berbagai aktivitas untuk merangsang perkembangan anak, seperti latihan gerak, berbicara, berpikir, kemandirian dan sosialisasi. Stimulasi dilakukan oleh orang tua (keluarga) setiap ada kesempatan atau sehari - hari. Stimulasi disesuaikan dengan umur dan prinsip stimulasi.
Tindakan pemberian stimulasi dilakukan dengan prinsip bahwa stimulasi merupakan ungkapan kasih sayang, bermain dengan anak, berbahagia bersama; stimulasi dilakukan bertahap dan berkelanjutan, dan mencakup empat bidang kemampuan perkembangan stimulasi dimulai dari tahap yang sudah dicapai oleh anak; stimulasi dilakuakan dengan wajar, tanpa paksaan atau hukuman atau marah apabila anak tidak mampu melakukannya. Memberikan pujian bila anak berhasil; stimulasi dilengkapi dengan alat bantu sederhana dan mudah didapat, misalnya mainan yang dibuat sendiri dari bahan bekas, alat yang ada dirumah atau benda yang ada dilingkungan sekitar.
Bayi umur 0 – 3 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai ) :
Dapat menggerakkan kedua lengan dan kaki sama mudahnya ( GK )
Bereaksi dengan melihat kearah sumber cahaya ( GH )
Mengoceh dan bereaksi terhadap suara ( BBK )
Bereaksi senyum terhadap ajakan ( BM )
Stimulasi yang diperlukan pada bayi 0 – 3 bulan
Bergaul dan mandiri
Ajaklah bayi anda berbicara dengan lembut, dibuai, dipeluk, dinyanyikan lagu, dan lain lain
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Ajaklah bayi anda berbicara, mendengarkan berbagai suara ( suara burung, radio, dan lain lain )
Gerak kasar
Latih bayi anda mengangkat kepala pada posisi telungkup dan memperhatikan benda bergerak
Gerak halus
Latih bayi anda mengenggam benda kecil
Bayi umur 3 – 6 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang haus dicapai )
Menegakkan kepala pada saat telungkup ( GK )
Meraih benda yang terjangkau ( GH )
Menengok kearah sumber suara ( BBK )
Mencari benda yang dipindahkan ( BM )
Stimulasi yang diperlukan pada bayi 3 – 6 bulan :
Bergaul dan mandiri
Latih bayi anda mencari sumber suara
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih bayi anda menirukan suara/bunyi/kata
Gerak kasar
Latih bayi anda menyangga leher dengan kuat
Gerak halus
Latih bayi anda meraup benda kecil
Bayi umur 6 – 9 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai )
Ketika didudukkan dapat bertahan dengan kepala tegak ( GK )
Memindahkan benda dari tangan satu ketangan yang lain ( GH )
Tertawa/ berteriak melihat benda menarik ( BBK )
Makan biskuit tanpa dibantu ( BM )
Stimulasi yang diperlukan bayi 6 – 9 bulan
Gerak kasar
Latih anak berjalan dengan berpegangan
Gerak halus
Latih anak memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak menirukan kta kata
Bergaul dan mandiri
Ajak anak bermain dengan orang lain
Bayi umur 9-12 bulan
Tugas perkembangan
Berjalan dengan berpegangan ( GK )
Dapat meraup benda benda kecil ( GH )
Mengatakan dua suu kata yang sama ( BBK )
Bereaksi terhadap permainan “ ciluk ba “ ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak berjalan sendiri
Gerak halus
Ajak anak menggelinding bola
Gelindingan bola kearah anak dan inta agar ia mengelindingkannya kembali
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak menirukan kata kata
Kenalkan kata kata baru sambil menunjukkan gambarnya.
Bergaul dan mandiri
Ajak anak mengikuti kegiatan keluarga, misalnya makan bersama
Bayi umur 12 – 8 bulan
Tugas perkembangan
Bejalan sndiri tidak jatuh
Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk ( GH )
Mengungkapkan keinginan secara sederhana ( BBK )
Minum sendiri dari gelas tidak tumpah ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik turun tangga
Gerak halus
Bermain dengan anak melmpar dan menangkap bola besar kemudian bola kecil
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Lath anak menunjuk dan menyebutkan nama nama bagian tubuh
Bergaul dan berbicara
Beri kesempatankepada anak untuk melepaskana pakaiannya sendiri
Bayi umur 18 – 24 bulan
Tugas prkembangan
Berjalan mundur sedikinya lima langkah ( GK )
Mencorat coret engan alat tulis ( GH )
Menunjukan bagian tubuh dan menyebutkan namanya ( BBK )
Meniru melakukan pekerjaan rumah tangga ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak berdiri dengan satu kaki
Gerak halus
Ajari anak menggambar bulatan. Garis egutiga dan gambar wajah
Bicara, bahsa dan kecerdasan
Latih anak mengiui perintah sederhana
Bergaul dan mandiri
Latih anak agar mau ditinggalkan untuk sementara waktu
Anak umur 2 – 3 tahun
Tugas pekembangan
Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan, sediitnya dua hitungan ( GK )
Meniru membuat garis lurus ( GH )
Menyatakan keinginan sedikitnya dengan dua kata ( BBK )
Melepas pakaian sendiri ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak melompat dengan satu kaki
Gerak halus
Ajak anak bermain menyusun dan menumpuk balok
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Bergaul dan mandiri
Latih anak mencuci tangan dan kaki serta mengeringkan sendiri
Anak umur 3 – 4 tahun
Tugas perkembangan
Berjalan jinjit ( GK )
Membuat gambar lingkaran ( GH )
Mengenal sedikitnya satu warna ( BBK )
Mematuhi cara permainan sederhana ( BM )
Stimulasi yang diperlukan anak 3 - 4 tahun
Gerak kasar
Latih anak melopat dengan satu kaki
Gerak halusLatih anak mengunting dan membuat buku cerita dengan gambar
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Bergaul dan mandiri
Latih anak mengenal sopan santun, beterima kasih, mencium tangan dan lain lain
Anak umur 4 – 5 tahun
Tugas perkembanagn
Berdiri dengan satu kaki ( GK )
Dapat mengancingkan baju ( GH )
Dapar bercerita sederhana ( BBK )
Dapat mencuci tangan sendiri ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Beri esempatan anak melakukan permainan yang memerlukan ketangkasan dan kelincahan
Gerak halus
Bantu anak menggambar
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Bantu anak mengerti satu eparuh dengan cara membagikan kue / kertas
Bergaul dan mandiri
Latih anak untuk mandiri, misalnya bermain tangga.
Anak umur 5 – 6 tahun
Tugas perkembangan
Menangkap bola kasti pada jarak 1 meter ( GK )
Membuat gambar egi empat ( GH )
Mengenal angka dan huruf serta menghitung ( BBK )
Berpakaian sendiri tanpa bantuan ( BM )
Stimulai yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik sepeda
Gerak halus
Latih anak kreatif membuat sesuatu dari lilin/tanah liat
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenl waktu hari, minggu dan bulan
Bergaul dan mandiri
Latih anak bercakap cakap dengan temansebayanya.