L A M P I R A N
Salinlah Seperti contoh
1 heni ibu wike
______________________________________________________________________
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2 papi bapak lela
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2 papi bapak lela
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Salinlah Seperti Contoh
1. cika gemar membaca
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.rudi tekun belajar
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.rudi tekun belajar
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Tabel 1. Daftar Nilai Menulis Siswa Kelas Ia pada SDN 1 Jembrana Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur
Tabel 1: Hasil Tes Bahasa Indonesia siklus 1
No N a m a Siklus I Keterangan
1 I Ketut Agus Pratama 6
2 Ni Putu Apriliani 7
3 I Gede Galih S 5
4 Ni Komang Riyani 6
5 I Gede Warsana 6
6 I Putu Restu AYP 6
7 I Km Widiadnyana 7
8 I Km Jingga Sasmita 6
9 I Kd Sentanu Adi W 8
10 Kt Yudiana 6
11 I Kt Adi Sastika 5
12 I Kd Dwi Susila 6
13 I Kt Angga Wiraputra 6
14 I Pt Mahendra Setiawan 6
15 I Pt Oka Sutamba 5
16 I Pt Veri Ramawan 7
17 Dw Km Krisna Aditya 5
18 Gilang Purnama 6
19 Ni Putu Eka Darmini 6
20 Ni Putu Deaputri Astini 6
21 Ni Km Ayu Trisna Dewi 5
Jumlah 126
Rata-rata 6,00
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
KOORDINATOR PELAKSANA DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KECAMATAN WAWAY KARYA
Alamat Jln Raya Sumber Rejo Kecamatan Waway Karya Kode Pos 34183
SURAT IJIN PENELITIAN
Nomor : 400/ / KPD. 22/ 2009
Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : SAROJI SETIABUDI, S.Pd.
NIP : 19541203 197511 1 001
Pangkat, Golongan : Pembina, IV/ a
Jabatan : KPD Dikpora Kecamatan Waway Karya
Kabupaten Lampung Timur
Memberikan ijin kepada :
Nama : PUJI SIHONO, S.Pd
NIP : 19640306 198603 1 004
Pangkat / Golongan : Pembina, IV/ a
Jabatan : Kepala SDN 1 Jembrana, Kecamatan
Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur
Untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul :
PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN AKTIVITAS MENULIS SISWA KELAS 1 SDN 1 JEMBRANA SDN 1 JEMBRANA DENGAN MENGGUNAKAN BUKU TULIS HALUS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Dari tanggal sampai
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Waway Karya,
KPD Dikporacam Waway Karya
SAROJI SETIABUDI, S.Pd.
NIP: 19640306 198603 1 004
RENCANA PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : 1/ I
Waktu : 1 x Pertemuan ( 35 menit)
I. Kompetensi Dasar
Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar dan garis
II. Hasil
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar dan garis
III. Indikator
Menulis permulaan
IV. Langkah Permbelajaran
1. Kegiatan Awal
Apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai menulis permulaan
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan dan memberi contoh menulis permulaan
Contoh
- Guru memberi tugas siswa
- siswa menulis dibuku tulis halus.
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit)
- Mengumpulkan pekerjaan siswa
- Guru menutup pelajaran dengan berdo’a
V. Sarana dan Sumber Belajar
Buku latihan menulis tegak bersabung
VI. Evaluasi
1. Awal :
2.Proses : Mengamati dengan menuntun siswa menulis tegak bersambung
yang baik dan benar
3. Akhir : Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung di buku
tulis halus
1.
2.
3.
4.
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
RENCANA PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : 1/ I
Waktu : 1 x Pertemuan ( 35 menit)
I. Kompetensi Dasar
Menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar dan garis
II. Hasil
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk gambar dan garis
III. Indikator
Menulis permulaan
IV. Tujuan Perbaikan
Dengan menggunakan buku tulis halus siswa dapat menulis dengan benar
V. Langkah Permbelajaran
1. Kegiatan Awal
Apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai menulis permulaan
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan dan memberi contoh menulis permulaan
Contoh
- Guru memberi tugas siswa
- Siswa menulis dibuku tulis halus.
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit)
- Mengumpulkan pekerjaan siswa
- Guru menutup pelajaran dengan berdo’a
VI. Sarana dan Sumber Belajar
Buku latihan menulis tegak bersabung
VII. Evaluasi
1. Awal :
2.Proses : Mengamati dengan menuntun siswa menulis tegak bersambung
yang baik dan benar
3. Akhir : Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung di buku
tulis halus
1.
2.
3.
4.
KPD Dikpora Jembrana, 10 Januari 2010
Kecamatan Waway Karya Peneliti
SAROJO SETIABUDI,S.Pd PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19541203 197511 1 001 NIP: 19640306 1198603 1 004
RENCANA PEMBELAJARAN 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : 1/ I
Waktu : 1 x Pertemuan ( 35 menit)
I. Kompetensi Dasar
Mencontoh huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
II. Hasil
Siwa dapat mencontoh huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
III. Indikator
Menulis huruf –huruf dengan tulisan tegak bersambung
IV. Langkah Permbelajaran
1. Kegiatan Awal
Apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan dan memberi contoh huruf, kata atau kalimat dan angka
sederhana
Contoh
- Guru memberi tugas siswa
- siswa menulis dibuku tulis halus.
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit)
- Mengumpulkan pekerjaan siswa
- Guru menutup pelajaran dengan berdo’a
V. Sarana dan Sumber Belajar
Buku latihan menulis tegak bersabung
VI. Evaluasi
1. Awal :
2.Proses : Mengamati dengan menuntun siswa menulis tegak bersambung
yang baik dan benar
3. Akhir : Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung di buku
tulis halus
1.
2.
3.
4.
KPD Dikpora Jembrana, 10 Januari 2010
Kecamatan Waway Karya Peneliti
SAROJO SETIABUDI,S.Pd PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19541203 197511 1 001 NIP: 19640306 1198603 1 004
RENCANA PEMBELAJARAN 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : 1/ I
Waktu : 1 x Pertemuan ( 35 menit)
I. Kompetensi Dasar
Mencontoh huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
II. Hasil
Siwa dapat mencontoh huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
III. Indikator
Menulis huruf –huruf dengan tulisan tegak bersambung
IV. Tujuan Perbaikan
Dengan menggunakan buku latihan menulis siwa dapat menulis huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana dengan baik benar dan benar
IV. Langkah Permbelajaran
1. Kegiatan Awal
Apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai huruf, kata atau kalimat dan angka sederhana
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan dan memberi contoh huruf, kata atau kalimat dan angka
Contoh
- Guru memberi tugas siswa
- siswa menulis dibuku tulis halus.
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit)
- Mengumpulkan pekerjaan siswa
- Guru menutup pelajaran dengan berdo’a
V. Sarana dan Sumber Belajar
Buku latihan menulis tegak bersabung
VI. Evaluasi
1. Awal :
2.Proses : Mengamati dengan menuntun siswa menulis tegak bersambung
yang baik dan benar
3. Akhir : Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung di buku
tulis halus
1.
2.
3.
4.
KPD Dikpora Jembrana, 10 Januari 2010
Kecamatan Waway Karya Peneliti
SAROJO SETIABUDI,S.Pd PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19541203 197511 1 001 NIP: 19640306 1198603 1 004
INSTRUMEN
REFLEKSI PEMANFAATAN BUKU TULIS HALUS DALAM KBM
Siklus : Tindakan :
Materi : Kelas :
Nama Siswa :
No
Pernyataan
Ya Tidak
1 Apakah dengan menggunkan buku tulis halus lebih enak dan mudah
2 Apakah menggunakan buku tulis halus tulisanya akan rapih
3 Apakah menggunakan buku tulis halus dapat mempermudah menulis perbandingan besar kecil dan tinggi rendahnya huruf ?
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
INSTRUMEN TENTANG KINERJA GURU
Siklus : Tindakan :
Materi : Menulis Tegak Bersamung Kelas :
Nama Siswa :
No ASPEK PENILAIAN Penilaian
0 1 2 3 4
1 menjelaskan topik pembelajaran yang akan diajarkan
2 mengingatkan siswa agar duduk yang benar,
yaitu jarak mata + 30 cm
3 membagikan buku tuls halus
4 menuliskan kalimat dipapantlis
5 berkeliling membantu siswa cara memegang pensil,
cara duduk yang benar. Memriksa keruncingan pensil
dari satu siswa kesiswa ke siswa lain
6 mengumpulkan hasil tulisan siswa
7 menutup pelajaran dengan cara menunjau kembali,
mengevaluasi dan menindak lanjuti
kegiatan siswa secara kilsikal
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
INSTRUMEN OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS
Siklus : Tindakan :
Materi : Kelas :
Nama Siswa :
Prilaku No
semua beberapa Tidak ada
On Task 1 Mengajukan pertanyaan tentang tulisan guru
2 Aktif memperhatikan cara guru menulis dipapan tulis
3 Aktif dalam menulis
Off Task 4 Selalu ribut tidak memperhatikan guru
5 Mengganggu teman yang sedang aktif menulis
6 Melamun atau kurang bergairah untuk belajar menulis
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
INSTRUMEN OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS
Siklus : III Tindakan : Menulis halus
Materi : Menulis tegak bersambung Kelas : I ( satu)
Nama Siswa :
Prilaku No
semua beberapa Tidak ada
On Task 1 Mengajukan pertanyaan tentang tulisan guru
2 Aktif memperhatikan cara guru menulis dipapan tulis
3 Aktif dalam menulis
Off Task 4 Selalu ribut tidak memperhatikan guru
5 Mengganggu teman yang sedang aktif menulis
6 Melamun atau kurang bergairah untuk belajar menulis
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
INSTRUMEN
REFLEKSI PEMANFAATAN BUKU TULIS HALUS DALAM KBM
Siklus : III Tindakan : Menulis halus kasar
Materi : Menulis tegak bersambung Kelas : I ( satu)
Nama Siswa :
No
Pernyataan
Ya Tidak
1 Apakah dengan menggunkan buku tulis halus lebih enak dan mudah
2 Apakah menggunakan buku tulis halus tulisanya akan rapih
3 Apakah menggunakan buku tulis halus dapat mempermudah menulis perbandingan besar kecil dan tinggi rendahnya huruf ?
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
INSTRUMEN TENTANG KINERJA GURU
Siklus : III Tindakan : Menulis halus kasar
Materi : Menulis tegak bersambung Kelas : I ( satu)
Nama Siswa :
No
Indikator Prilaku Guru dalam PBM
1 Guru menjelaskan topik pembelajaran yang akan diajarkan
2 Guru mengingatkan siswa agar duduk yang benar, yaitu jarak mata + 30 cm
3 Guru membagikan buku tuls halus
4 Guru menuliskan kalimat dipapantlis
5 Guru berkeliling membantu siswa cara memegang pensil, cara duduk yang benar. Memriksa keruncingan pensil dari satu siswa kesiswa ke siswa lain
6 Guru mengumpulkan hasil tulisan siswa
7 Guru menutup pelajaran dengan cara menunjau kembnali, mengevaluasidan menindak lanjutikegiatan siswa secara kilsikal
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004
JADWAL KONSULTASI
No Hari/ Tanggal Materi Tanda tangan Pembimbing
1 12 Januari 2010 Sosialisasi PTK
2 14 Januari 2010 Konsultasi Proposal
3 18 Januari 2010 Konsultasi instrumen pengumpulan data
4 14 Pebruari 2010 Konsultasi BAB IV
5 16 Pebruari 2010 Konsultasi
BIODADATA PENELITI
PENELITI
a. Nama : PUJI SIHONO, S.Pd
b. Tempa, Tanggal Lahir : Susukan, 6 Maret 1964
c. Jenis Kelamin : Perempuan
d. Pangkat Golongan : Pembina/ IV a
e. Alamat Sekolah : Jl. Merdeka Jembrana, Kecamatan Waway Karya,
Kabupaten Lampung Timur
f. Alamat Rumah : Dusun Jaya Guna RT 04/ RW 02 Jembrana, Kecamatan
Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur
RIWAYAT PENDIDIKAN
a. SD tahun 1977
b. SMP tahun 1981
c. SPG tahun 1984
d. D 2 tahun 1998
e. S 1 tahun 2004
Pengalaman Penelitian
a. S 1 di SMPN 1 Sekampung Udik
FORMAT PENILAIAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
N a m a : PUJI SIHONO, S.Pd
Sekolah : SDN 1 Jembrana
Judul : Peningkatan Kemampuan dan Aktivitas Menulis Siswa Kelas 1
SDN 1 Jembrana Dengan Menggunakan Buku Tulis Halus
Pada Mata Pelaajaran 2009/2010
No Kreteria Aspek Yang Dinilai Bobot Skor Bobot &
Skor
1 Latar belakang masalah a.Tingkat pentingnya masalah
b.Kesesuaian dengan tugas pengusul
c.kejelasan masalah
d.kejelasan alasan 10
2 Cara pemecahan masalah a.kesesuaian tindakan dengan
masalah
b.ketepatan tindakan
c.kepraktisan tindakan 15
3 Rumusan masalah a.kejelasan rumusan masalah
b.kerincian rumusan masalah 10
4 Tujuan penelitian a.adanya perbaikan proses dan hasil
pembelajaran
b.adanya perbaikan kualitas dengan
perangkat yang digunakan dalam
penelitian
c.tampak jelas indikator keberasilanya 10
5 Manfaat penelitian a.Kemanfaatan dalam perbaikan
proses dan hasil pembelajaran
b.Kemanfaatan dalam penelitian
kelanjutan 10
6 Kajian pustaka a.relevansi dasar teori tindakan
dengan masalah atau tujuan
penelitian
b.kejelasan argumentasi pemecahan
masalah
c.kemutahiran sumber pustaka yang
digunakan 15
7 Metode Penelitian a.Kejelasan dan ketepatan
b.kesesuaian dengan langkah PTK
c.Mencakup lebih dari satu siklus
d.Ketepatan instrumen dan cara
merekam hasil tindakan 20
8 Umum a.Rumusan judul singkat memperjelas
masalah dan tindakan yang
dilakukan
b.Kesesuaian personalia peneliti
c.Kewajaran pemanfaatan biaya 10
Total Skor
Cara Penilaian
1. Setiap kreteria diberi skor 1, 2, 3 atau 4 1= kurang, 2=cukup, 3=baik dan
4=sangat baik
2. Total skor adalah bobot x skor pada nomor 1 sampai dengan 8
( total skor = 1+ 2+3+4+5+6+7+8)
Jembrana, 10 Januari 2010
Peneliti
PUJI SIHONO, S.Pd.
NIP: 19640306 1198603 1 004