LAMAN

Senin, 10 Desember 2012

FORMAT SUPERVISI PENILAIAN

TRISNO MARSA



FORMAT SUPERVISI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Nama Sekolah              :    ........................................................................................
Nama Guru                   :   .......................................................................................
Mengajar Kelas             :    .......................................................................................
Mata Pelajaran             :    .......................................................................................
Hari/Tanggal supervisi  :    ....................................................................................... 
Jam Ke                         :    .......................................................................................



ASPEK YANG DINIALI DAN CARA PENILAIAN
BOBOT
NILAI
KETERANGAN


S1
S2

A. Perangkat Pembelajaran






a. Memiliki Kalender Pendidikan
2


20




b. Menyusun Program Tahunan
4




c. Menyusun Program Semester
4




d. Membuat Silabus
4




e. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
6






Jumlah=




B. KELENGKAPAN SEKENARIO PEMBELAJARAN






a. Identitas Lengkap
2




10




b. Tercantum/ Memuat SK, KD,Indikator dan Materi       Pokok
2








c. Berisi Pengalaman Bekerja/ Langkah Mengajar,
2





    Sumber/bahan/ Media Belajar
2





d. Ada Penilaian yang Terdiri Dari Jenis Tagihan,
2





   Bentuk, instrumen, dan Contoh Instrumen
2





e. Ada Kunci Jawaban dan Uraian Tugas Berikutnya.
2



Jumlah=




C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR






a. Kegiatan Guru Memberikan Motivasi Kepada
2




10




   Siswa Tercantum/ Diuraikan pada sekenario/ RPP




b. Motifasi Berupa Contoh atau Pertanyaan Untuk i
2




    Menggali Informasi Sesuai Dengan Kopetens




c. Dalam Motifasi Dikemukakan Kopetensi Yang
2




    Akan Dicapai Dalam Kegiatan Pembelajaran




d. Dalam Memotifasi Ditemukan Life Skill yang Perlu
4




    Dimiliki dan Manfaatnya Dalam Kehidupan.






Jumlah=




II.Kegiatan Inti






A. Dalam Bentuk Klasikal






a. Guru Memasuki Kegiatan Ini Berkesinambungan
2




20




    Dengan Motifasi yang Telah Disampaikan




b. Kegiatan Inti Berpusat Pada Guru
2




c. Kegiatan Inti Melibatkan Siswa Untuk Menemukan
5




  Konsep Membangun/ Mengkkonsruksi Pengetahuan




d. Kegiatan Inti Sesuai Dengan SK, KD, Indikator
5




    yang ingin dicapai dan Materi Pelajaran




e. Guru Memberikan Tugas Lantujutan Kepada Siswa
6




        Sesuaai Dengan SK, KD dan Indikator






Jumlah=




B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok






a. Guru Mengatur Pembagian Kelompok
2





b. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Mendapat
2




Respon Positif Dari Siswa




c. Anggota Tiap Kelompok Berpartisipasi Aktif Dalam
5

10




    Diskusi / Kerja Kelompok




d. Kegiatan Diskusi/kerja kelompok Dilanjutkan
5




    Dengan Diskusi Kelas




e. Guru Mengunakan Lembar Penilaian Diskusi/Kerja
6




        Kelompok

Jumlah=




III. Sumber / Bahan / Media






a. Sumber/Bahan/Media yang Digunakan Sesuai
2




10




    Dengan SK, KD, dan Indikator





b. Bahan/Media yang Disediakan Sesuai Dengan
2




    Kebutuhan Materi Pokok Pembelajaran





c. Menggunakan bahan yang Otentik Dan yang ada
2




        di Sekeliling Siswa





    d. Bahan Yang Digunakan Mendorong Siswa Dan

4




    Melakukan Pengamatan/Bertanya/Mengumpulkan






    Data Menarik Kesimpulan








Jumlah=




IV. Penilaian






a. Penilaian Dilakukan Sesuai Dengan Jenis Tagihan
2


10





b. Penilaian Relevan Dengan Kopetensi Dan Indikatornya
2








c. Penilaian Hanya Mengarah Pada Ranah Kognitif
2





d.  Penilaian Mengarah Juga Pada RanahAfektif dan Psikomotor
4



Jumlah=












V. Penutup






A. Dalam Bentuk Klasikal :






a. Kegiatan Pembelajaran Sesuai Dengan Waktu Yang direncanakan
2


10









b. Inti/ Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Guru
2





c.  Inti / Kesimpulan KBM Disimpulkan Oleh Siswa
2





d . KBM Dilakukan Dengan Menggunakan Prinsip PAKEM
4



Jumlah=




B. Dalam Bentuk Diskusi / Kerja Kelompok






a.  Setiap Kelompok Menyampaikan Hasil Diskusi /
2
10




     Kerja Kelompok Di Depan Kelas






b.  Hasil Diskusi Kelompok Mendapat Respon Positif/
2





    Negatif Dari Kelompok Lain






c. Kesimpulan Hasil Diskusi / Kerja Kelompok
2





    Dilakukan Oleh Guru






d. Kesimpulan Hasil Diskusi/ Kerja Kelompok
4





     dilakukan Oleh Siswa Dengan Bimbingan Guru






   

Jumlah=




Poskan Komentar