INSTRUMEN PENILAIAN KEPALA SEKOLAH
1
KEPRIBADIAN
1.1
Berakhlak mulia mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia dan menjadi
teladan akhlahk
Mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.
1.1.1 Taat
menjalankan ibadah.
1.1.2 Santun
terhadap sesame mitra kerja
1.1.3
Memiliki sikap yang dapat diteladani
1.1.4
Memiliki sikap kasih saying terhadap sesame
1.1.5
Menjalin hubunngan yang baik seama mitra kerja dan lingkungan sekitar
1.2 Memiliki
integritas kepribadian sebagai pemimpin
1.2.1
Komitmen terhadap tugas
1.2.2
Disiplin dalam menjalankan tugas
1.2.3 Jujur
dalam menjalankan tugas
1.2.4
Bersikap kerjasama yang kuat
1.2.5
Tanggap terhadap situasi yang sedang berkembang
1.3 Memiliki
keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai Kepala Sekolah
1.3.1
Memiliki rasa inngin tahu
1.3.2 Mampu
menggunakan Teknologi tepat guna
1.3.3
Aktif,kreatif,efektif dalam menjalankan tugas
1.3.4 Peduli
terhadap perkembangan iptek
1.3.5 mampu
melakssanakan inovasi terhadap kepemimpinan.
1.4.Bersikap
terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungnsi .
1.4.1
Taransparan dalam melakssanakan tugas
1.4.2
Kerjasama yang baik dalam melaksanakan tugas
1.4.3
Akuntabilitas dlam melaksanakan tugas.
1.4.4
Memahami kemampuan bawahan
1.4.5
Transparan dalam melaksanakan program dan pengelolaan.
2.MANAJERIAL
2.1 Menyusun
perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
2.1.1
Sekolah memiliki program bulanan
2.1.2
Sekolah memiliki program semester
2.1.3
Sekolah memiliki program tahunan
2.1.4
Sekolah memilki program jangka menengah
2.1.5
Sekolah memiliki program jangka panjang
2.2.
Menngembangkan organisasi sekolah /madrasah sesuai dengan kebutuhan
2.2.1
Sekolah memiliki sruktur guru/pegawai.
2.2.2
Sekolah memiliki struktur tugas tambahan
2.2.3 Sekolah
memiliki struktur kegiatan ekstrakurikuler
2.2.4
Sekolah memiliki struktur kegiatan pengemnbangan diri
2.2.5
Sekolah memiliki struktur komite sekolah
2.3.
Memimpin sekolah/madarasah dalam rangka pendayagunaan sumberdaya
sekolah/madrasah secara maksimal
2.3.1
Sekolah memiliki pembagian tugas kepala sekolah
2.3.2
Sekolah mempunyai pembagian tugas yang jelas untuk guru
2.3.3
Sekolah memiliki pembagian tugas yang jelas untuk penjaga sekolah
2.3.4
Sekolah memiliki pembagian tugas yang jelas untuk komite
2.3.5.Sekolah
memiliki pembagian tugas yang jelas un tuk pegawai
2.4.
Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi
pembelajran efektif
2.4.1
Sekolah memiliki data untuk kepala sekolah dalam pengembanngan kurikulum
2.4.2 Sekolah
memiliki Data kepala sekolah dalam pengembangan pelaksanaan pembelajaran.
2.4.3
Sekolah memiliki data guru kelas dalam pengembangan pelaksanaan pembelajaran
2.4.4
Sekolah memiliki data guru mata pelajaran dalam pengembangan pelaksnaan
pembelajaran
2.4.5
Sekolah memilki Data guru kelas dan mata pelajaran Sistim pendekatan pakem
dalam pembelajran
2.5.
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yangkondusif dan inovatif bagi
pembelajaran pesrta didik
2.5.1 Adanya
tata tertib yang jelas bagi kepala sekolah dan guru.
2.52.Adan ya
tata tertib yang jelas untuk siswa
2.5.3 Adanya
tat tertib yang jelas bagi pegawai
2.5.4 Adanya
pembagian tugas yang jelas bagianggota komite sekolah
2.6.
Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumberdaya manusia secara
optimal
2.6.1
Sekolah memiliki program perencanaan pengembangan guru
2.6.2
Sekolah memiliki program pengembangan guru dalam pemnuasaan ICT
2.6.3.
Sekjolah memiliki Data komulatif kepala sekolah,guru dan pegawai sekolah
2.6.4.
Sekolah memiliki data dan program terhadap guru yang menggunakan media
pembelajaran
2.7.Mengelola
sarana dan prasarana sekolah dan madrasah dalam rangka pendayasunaan secara
optimal
2.7.1.Sekolah
memiliki kartu inventaris ruang.
2.7.2.Sekolah
memilikki kartu inventaris barang
2.7.3.Sekolah
memiliki kartu inventaris bangunan.
2.7.4
Sekolah memiliki dokumen pemilikan tanah.
2.7.5
Sekolah memiliki sarana lapangan olah raga
2.7.6
Sekolah memiliki lapangan tempat upacara.