Penilaian untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai denganrancangan yang
telah disusun secara lengkap danpelaksanaan aktivitas tersebut
mengindikasikan bahwa gurumengerti tentang tujuannya.
2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuanuntuk
membantu proses belajar peserta didik, bukan untukmenguji sehingga
membuat peserta didik merasa tertekan.
3. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materitambahan)
sesuai dengan usia dan tingkat kemampuanbelajar peserta didik.
4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didiksebagai tahapan
proses pembelajaran, bukan semata‐matakesalahan yang harus dikoreksi.
Misalnya: denganmengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju
atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelummemberikan penjelasan
tentang jawaban yang benar.
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isikurikulum dan
mengkaitkannya dengan konteks kehidupansehari‐hari peserta didik.
6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasidengan waktu
yang cukup untuk kegiatan pembelajaranyang sesuai dengan usia dan
tingkat kemampuan belajardan mempertahankan perhatian peserta didik.
7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasiatau sibuk dengan
kegiatannya sendiri agar semua waktupeserta dapat termanfaatkan
secara produktif.
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yangdirancang
dengan kondisi kelas.
9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didikuntuk
bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi denganpeserta didik lain.
10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaransecara sistematis
untuk membantu proses belajar pesertadidik. Sebagai contoh:
guru menambah informasi barusetelah mengevaluasi pemahaman
peserta didik terhadapmateri sebelumnya.
11. Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atauaudiovisual
(termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasibelajar peserta
didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Total skor untuk kompetensi 4
Skor maksimum kompetensi 4
= jumlah indikator × 2 = 22
Persentase = (total skor/22) × 100%
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1;
25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3;
75% < X ≤ 100% = 4)