Penilaian untuk Kompetensi 2:
Menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik
1. Guru memberi kesempatan kepadapeserta didik untuk menguasai materipembelajaran
sesuai usia dan kemampuanbelajarnya melalui pengaturan prosespembelajaran dan
aktivitas yangbervariasi..
2. Guru selalu memastikan tingkatpemahaman peserta didik terhadapmateri
pembelajaran tertentu danmenyesuaikan aktivitas pembelajaranberikutnya
berdasarkan tingkatpemahaman tersebut.
3. Guru dapat menjelaskan alasanpelaksanaan kegiatan/aktivitas yang
dilakukannya, baik yang sesuai maupunyang berbeda dengan rencana,
terkaitkeberhasilan pembelajaran.
4. Guru menggunakan berbagai teknik untukmemotiviasi kemauan belajar pesertadidik.
5. Guru merencanakan kegiatanpembelajaran yang saling terkait satusama lain,
dengan memperhatikan tujuanpembelajaran maupun proses belajarpeserta didik
6. Guru memperhatikan respon peserta didikyang belum/kurang memahami materi
pembelajaran yang diajarkan danmenggunakannya untuk memperbaikirancangan
pembelajaran berikutnya.Total skor untuk kompetensi 2Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2 = 12
Persentase = (total skor/12) × 100% Nilai untuk kompetensi 2(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)