LAMAN

Minggu, 12 Juni 2011

RPP AGAMA KELAS I/1

TRISNO MARSA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Indikator : 1.1.1 Melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan benar
Materi Pembelajaran : Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab I)
Metode Pembelajaran: 1. Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Memperkenalkan bahan ajar surah Al Fatihah dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
. Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah Al Fatihah dalam buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Lafalkan surah Al Fatihah dengan benar!
2. Tulislah lafal surah Al fatihah dengan benar dan berurutan!



Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2 Menghafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Indikator : 1.2.1 Menghafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
1.2.2 Mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menghafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan benar
2. Siswa dapat mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Materi Pembelajaran : Materi tentang menghafal dan mengamalkan surah Al Fatihah (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab I)
Metode Pembelajaran : Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara berkelompok dan individu serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
. Mengulang bacaan lafal surah Al Fatihah
2. Kegiatan Inti
. Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara kelompok dan individu mengikuti
. Siswa mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
. Guru mendengarkan siswa mengulang-ulang hafalan surah Al Fatihah
. Siswa mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman 6
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepengggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 7)
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan di halaman 8, 9 dan 10, dan menuliskannya dalam buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Hafalkan surah Al Fatihah dengan benar!
2. Demonstrasikan hafalan surah Al fatihah di depan kelas!
3. Tulis bunyi surah Al Fatihah di bawah ini:
a. Ayat 2
b. Ayat 5
c. ayat 7
4. Mengapa surah Al Fatihah disebut Ummul Kitab?


Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)




















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar : 2.1 Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
Indikator : 2.1.1 Menunjukkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
2.1.2 Menunjukkan perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan adanya dan siapa Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya
2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
Materi Pembelajaran : Materi tentang kekuasaan Allah SWT (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 2)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
2. Siswa berlatih membuat contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Memberikan cerita singkat tentang orang-orang yang teguh keimanannya (melalui Sepenggal Kisah di halaman 16 ditambah dengan kisah lainnya)
. Mengajukan beberapa pertanyaan tentang siapa Allah
. Memberi pendahuluan menggunakan fitur mutiara Islami di halaman 15
2. Kegiatan Inti
. Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang siapa Allah, siapa Malaikat
. Apa nama kitab suci umat Islam, siapa nama rasul terakhir, apa hari kiamat dan apa Qada dan Qadar
. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman 16, guru memberi pengarahan kepada siswa untuk membuatnya
. Siswa dibiarkan bekerja sesuai kreativitasnya
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman 16)



















Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang rukun Iman
2. Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset atau CD Alquran
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Siapa pencipta alam semesta?
2. Untuk kesejahteraan siapa alam sekitar diciptakan?
3. Berikan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah!
















Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar : 2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
Indikator : 2.2.1 Menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar
Materi Pembelajaran : Rukun Iman (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 2)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
2. Siswa berlatih untuk menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Mengulang kembali materi tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitarnya
. Meminta siswa untuk memberikan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
2. Kegiatan Inti
. Siswa menyebutkan enam Rukun Iman secara klasikal, kelompok dan individu
3. Kegiatan Penutup
. Guru mendengarkan siswa mengulang penyebutan enam Rukun Iman secara berkelompok

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang Rukun Iman
2. Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset atau CD Alquran
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Lafalkan enam Rukun Iman dengan benar dan berurutan!










Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar : 2.3 Menghafal enam Rukun Iman
Indikator : 2.3.1 Menghafal enam Rukun Iman
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menghafal enam Rukun Iman dengan lancar dan berurutan
Materi Pembelajaran : Hafalan Rukun Iman (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 2)
Metode Pembelajaran : Siswa menghafalkan enam Rukun Iman secara berkelompok serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Meminta siswa untuk menyebutkan kembali enam Rukun Iman secara klasikal dan kelompok
2. Kegiatan Inti
. Siswa berkelompok menghafal Rukun Iman
. Siswa mengajukan wakil kelompok untuk menghafalkan Rukun Iman di depan kelas
3. Kegiatan Penutup
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman 18, 19, dan 20 dan menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami soal tes.
. Siswa bersama-sama mengulang kembali hafalan enam Rukun Iman

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang Rukun Iman
2. Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3. Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset atau CD Alquran
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Hafalkan enam Rukun Iman dengan benar dan berurutan!
2. Apakah arti Iman?






Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Membiasakan perilaku jujur
Indikator : 3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
3.1.2 Membiasakan perilaku jujur
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
2. Siswa dapat membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku jujur (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku jujur dan keuntungannya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku jujur (melaui fitur Mutiara Islami)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan keuntungan dari perilaku jujur
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman 23. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan siswa dalam mengerjakan aktivitas tersebut

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan sifat jujur
2. Perilaku siswa yang jujur
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Berikan contoh perilaku jujur!
2. Apa yang diperoleh jika kamu jujur?

Mengetahui,
Kepala SD ………………………




(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Membiasakan perilaku jujur
Indikator : 3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
3.1.2 Membiasakan perilaku jujur
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
2. Siswa dapat membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku jujur (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku jujur dan keuntungannya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku jujur (melaui fitur Mutiara Islami)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan keuntungan dari perilaku jujur
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman 23. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan siswa dalam mengerjakan aktivitas tersebut

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan sifat jujur
2. Perilaku siswa yang jujur
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Berikan contoh perilaku jujur!
2. Apa yang diperoleh jika kamu jujur?

Mengetahui,
Kepala SD ………………………




(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab
Indikator : 3.2.1 Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
3.2.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
2. Siswa dapat membiasakan perilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku tanggung jawab (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku jujur dan keuntungannya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku jujur (melaui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan keuntungan dari perilaku tanggung jawab
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan Penutup
. Guru memberi tugas siswa yang menulis macam-macam tanggung jawab bersama contohnya dan ditulis di buku tugas serta diserahkan pada pertemuan berikutnya.

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan sifat tanggung jawab
2. Perilaku siswa yang tanggung jawab
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar











Penilaian:
1. Berikan contoh perilaku tanggung jawab!
2. Sebutkan macam-macam tanggung jawab yang kamu ketahui?
3. Apa saja tanggung jawabmu sebagai seorang murid?








Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
Indikator : 3.3.1 Menunjukkan contoh perilaku hidup bersih dan manfaatnya
3.3.2 Membiasakan perilaku hidup bersih
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku hidup bersih dan manfaatnya
2. Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku hidup bersih (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara kelompok dan individu tentang contoh perilaku hidup bersih dan manfaatnya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih (melaui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan manfaat dari perilaku hidup bersih
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman 32. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan siswa dalam mengerjakan aktivitas tersebut

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan perilaku hidup bersih
2. Perilaku siswa yang jujur
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar












Penilaian:
1. Sebutkan dua macam kebersihan yang harus dijaga!
2. Berikan contoh-contoh yang menunjukkan perilaku hidup bersih!
3. Manfaat apa yang dapat diambil dari perilaku hidup bersih?










Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.4 Membiasakan perilaku disiplin
Indikator : 3.4.1 Menunjukkan contoh perilaku disiplin
3.4.2 Membiasakan perilaku disiplin
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
2. Siswa dapat membiasakan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Perilaku disiplin (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 3)
Metode Pembelajaran : 1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara kelompok dan individu tentang contoh perilaku disiplin dan keuntungannya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku disiplin (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan manfaat dari perilaku disiplin
. Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
. Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 34)
. Guru memberikan tugas siswa yang mengerjakan latihan di halaman 36, 37, dan 38 dan ditulis di buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami tes.

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan perilaku disiplin
2. Perilaku siswa yang jujur
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar









Penilaian:
1. Untuk apa kamu harus membiasakan disiplin?
2. Sebutkan contoh-contoh yang menunjukkan perilaku disiplin!
3. Apa akibat dari seseorang yang melalaikan waktu?








Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan pengertian bersuci
Indikator : 4.1.1 Menjelaskan pengertian bersuci
4.1.2 Menyebutkan tata cara bersuci
4.1.3 Menunjukkan alat untuk bersuci
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mendefinisikan pengertian bersuci
2. Siswa dapat menyebutkan tata cara bersuci dengan benar
3. Siswa dapat menunjukkan alat-alat untuk bersuci
Materi Pembelajaran : Taharah (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 4)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengertian bersuci / taharah
2. Siswa berlatih untuk menyebutkan tata cara bersuci dan alat-alat untuk bersuci
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Cerita dari pengalaman dan kebiasaan siswa sehari-hari tentang tata cara bersuci
. Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan bersuci / taharah (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah di halaman 42, 43, dan 45)
2. Kegiatan Inti
. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan
. Siswa menyebutkan tata cara bersuci secara klasikal dan berkelompok
. Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat dipakai bersuci di sekitar tempat belajar
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman 45)
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 45)

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat bersuci yang bisa disiapkan
3. Buku Pendidikan Agama Islam NTR Jilid I Esis
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Teks doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian:
1. Jelaskan definisi taharah / bersuci!
2. Bagaimana cara bersuci yang benar / bersih?
3. Apa saja alat yang dapat digunakan untuk bersuci?

Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.2 Mencontoh tata cara bersuci
Indikator : 4.2.1 Melakukan tata cara bersuci
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melakukan tata cara bersuci dengan benar
2. Siswa dapat menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil
Materi Pembelajaran : Taharah (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 4)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mempraktikkan tata cara bersuci secara berkelompok
2. Siswa menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil dan mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Guru menjelaskan kembali materi tentang tata cara bersuci secara ringkas
. Siswa menyebutkan kembali tata cara bersuci yang benar dan alat-alat yang dapat digunakan untuk bersuci
2. Kegiatan Inti
. Siswa mempraktikkan tata cara bersuci secara berkelompok
. Siswa menghafalkan do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil secara berkelompok dan sendiri-sendiri
3. Kegiatan Penutup
. Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman 44. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
. Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman 46, 47, dan 48 dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat bersuci yang bisa disiapkan
3. Buku Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (juz Amma)
6. Teks doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Praktikkan tata cara bersuci yang benar!
2. Hafalkan doa sebelum dan sesudah masuk kamar kecil!



Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal Rukun Islam
Kompetensi Dasar : 5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
Indikator : 5.1.1 Mengucapkan Rukun Islam
5.1.2 Menyebutkan Rukun Islam dengan benar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengucapkan dan menyebutkan Rukun Islam dengan benar
2. Siswa dapat memahami arti setiap Rukun Islam
Materi Pembelajaran : Rukun Islam (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengucapkan Rukun Islam secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang arti setiap Rukun Islam setelah mendengar penjelasan guru tentang arti setiap Rukun Islam

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang agama Islam
. Guru memperkenalkan bahan ajar dengan cerita menarik atau melaui fitur Mutiara Islam di halaman 51 dan 52
2. Kegiatan Inti
. Siswa menyebutkan enam Rukun Islam secara klasikal, kelompok dan individu
. Guru menjelaskan arti setiap Rukun Islam
. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya tentang arti setiap Rukun Islam
3. Kegiatan Penutup
. Guru menyebutkan kembali Rukun Islam dan mengumpulkan arti setiap Rukun Islam dengan ringkas

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks Rukun Islam di karton atau papan tulis
2. Teks lagu Rukun Islam (syair lagu balonku)
3. Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4. Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar

Penilaian:
1. Sebutkan Rukun Islam dengan benar!
2. Siapakah yang diwajibkan membayar zakat?
3. Kemana umat Islam pergi haji?


Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SD : _______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal Rukun Islam
Kompetensi Dasar : 5.2 Menghafal Rukun Islam
Indikator : 5.2.1 Menghafal Rukun Islam dengan lancar
5.2.2 Menunjukkan contoh pengalaman Rukun Islam
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menghafal Rukun Islam dengan lancar dan berurutan
2. Siswa dapat menunjukkan contoh pengalaman Rukun Islam
Materi Pembelajaran : Rukun Islam (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid I NTR Esis Bab 5)
Metode Pembelajaran : 1. Siswa menghafal Rukun Islam secara kelompok dan individu
2. Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh pengalaman Rukun Islam

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
. Siswa mengulang kembali penyebutan Rukun Islam secara klasikal dan kelompok
2. Kegiatan Inti
. Siswa menghafal Rukun Islam secara kelompok dan individu
. Siswa mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
. Siswa menunjukkan contoh-contoh pengalaman Rukun Islam
3. Kegiatan Penutup
. Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri (halaman54)
. Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru (halaman 55)
. Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman 56, 57, dan 58 serta menulisnya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1. Teks Rukun Islam di karton atau papan tulis
2. Teks lagu Rukun Islam (syair lagu “balonku”)
3. Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4. Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
















Penilaian:
1. Sebutkan Rukun Islam dengan berurutan!
2. Berikan contoh dari pengalaman Rukun Islam!
3. Urutkan Rukun Islam di bawah ini dengan benar:
a. membayar zakat
b. ibadah haji ke baitullah bagi yang mampu
c. mengucapkan dua kalimat syahadat
d. mendirikan SALAT
e. puasa di bulan ramadhan











Mengetahui,
Kepala SD ………………………





(__________________________) …….……..,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam





(_______________________)
Poskan Komentar